Advertising

Tuesday 6 April 2010

Re: [wanita-muslimah] NU & Libidya akan Mengusir Pemahaman Wahabi_salafy dr Indonesia.

 

=============================================
Wahabi Bukan Sebuah Mazhab
oleh: Nadirsyah Hosen, dosen Fakultas Syariah
UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
=============================================

Wahabi didirikan oleh Muhammad bin Abdul Wahhab. Pendiri Wahabi ini merupakan murid Ibn Qayyimal Jauziyah. Ibn Qayyim sendiri merupakan murid Ibn Taimiyah. Ibn Taimiyah adalah pemuka mazhab Hanbali.

Dari silsilah seperti itu, kita tahu bahwa sebenarnya pendapat ataupun kalau boleh disebut ajaran Wahabi itu sebenarnya bersumber dari mazhab Hanbali. Imam Ahmad bin Hanbal terkenal sebagai Imam mazhab yang cukup ketat berpegang pada nash. Dari sisi penganut paham Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, Imam ahmad berjasa besar dalam mempertahankan aqidah islamiyah. Imam Ahmad dalam ilmu kalam dikelompokkan sebagai penganut paham salafiyah; sebuah paham yang sebenarnya banyak berbeda dengan paham Asy'ariyah (yang diikuti di Indonesia). Dari sini pula kita bisa mengerti mengapa Muhammadiyah dan NU terlihat sangat susah untuk "bertemu". NU mengambil paham Asy'ariyah sedangkan Muhammadiyah, yang terpengaruh Wahabi, lebih cenderung pada paham Salaf.

Dari sini kita bisa pula mengerti mengapa pesantren tradisional di Indonesia tidak mengajarkan kitab Ibn Taimiyah (pemuka mazhab Hanbali), bahkan banyak yang masih mengkafirkan Ibn Taimiyah di Indonesia. Kita bisa pula memahami, bahwa salah satu akar keberatan banyak ulama terhadap pemikiran Cak Nur adalah karena Cak Nur juga sangat sering (bahkan terlalu sering) mengutip Ibn Taimiyah dalam tulisannya.

Tapi, apakah Wahabi itu sebuah mazhab? Saya cenderung berpendapat bahwa Wahabi itu kedudukannya sama dengan Muhammadiyah atau NU, Persis.

Wahabi hanyalah kelompok (harakah, gerakan) biasa atau sebut saja semacam organisasi. Wahabi tak memiliki pendapat sendiri, karena ia sepenuhnya mengikuti mazhab Hanbali. Sama dengan NU yang tak bisa kita anggap sebagai mazhab tersendiri, karena NU merupakan organisasi yang pada hakekatnya banyak berpegang pada mazhab Syafi'i. Sayangnya, Wahabi juga memasuki wilayah politik sehingga perbedaan kelompok ini dengan para ulama lainnya cukup diwarnai "perseteruan politik". Kalimat terakhir ini merupakan alasan "kontroversial"-nya Wahabi.

----- Original Message -----
From: "abdul" <latifabdul777@yahoo.com>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, April 07, 2010 08:03
Subject: [wanita-muslimah] NU & Libidya akan Mengusir Pemahaman Wahabi_salafy dr Indonesia.

Bismilahirrahmanirrahiim
NUR CS akan menghadapi tantangan berat dari NU masa2 mendatang di Makasar....krn pemahaman yg dicontohkan oleh NUR cs adalah Kasar dan bengis kpd saudara Muslimnya yg berbeda...sama dgn ulama2 wahabi-salafy saudi.

Kita akan mengharapkan juga MUI yg Wahabi sudah sepantasnya du habiskan....karena gara gara MUI lah umat islam terpecah belah.
Anda yang Pro-Ahmadiyah (HAM)dan ada yg Kontra (FPI cs)

Kalau Islam Wahabi-salfy bisa di singkirkan dari kekuasaan,insya ALLAH persaudaraan islam akan dapat tercapai,saling hargai menghargai perbedaan2 Aqidah...atau berbeda menafsirkan ayat2 ALLAH.

Bagaimana respon dari NUR cs..Muiz, Ismalil dll.

Mari kita tunggu

salam=peace

PBNU-Kedubes Libya Bekerjasama Halau Wahabi
Selasa, 6 April 2010 19:02
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kedutaan Besar Libya di Indonesia akan bekerjasama menghalau pergerakan paham Wahabi di Indonesia yang diduga kuat mengembakan ajaran yang radikal.

Demikian dalam kunjungan Duta Besar Libya untuk Indonesia Salaheddin Muhammed Ibrahim al-Bisari ke kantor PBNU, Jakarta, Selasa (6/4). Salaheddin diterima Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj di kantor bidang hubungan internasional atau ICIS di lantai 5 gedung PBNU.

Kerjasama dilakukan di bidang pendidikan dan dakwah Islam. "Melalui sarana pendidikan dan dakwah kita akan mengembangkan ajaran Islam yang tasamuh, yang toleran, santun dan menghormati yang lain," kata juru bicara ICIS Ahmad Ridho usai pertemuan.

Ditambahkannya, kerjasama juga akan diwujudkan dengan kegiatan kunjungan dakwah ulama Libya ke Indonesia.

Said Aqil dalam kesempatan itu mengungkapkan ada 12 organisasi Wahabi yang mendanai kegiatan kelompok garis keras di Indonesia.

Kedatangan Duta Besar Lybya Salaheddin juga dalam rangka mengucapkan selamat atas terpilihnya KH Said Aqil Siradj sebagai ketua umum PBNU yang baru. Ia berharap berbagai program internasional NU, terutama berkaitan dengan Libya terus ditingkatkan.

Salaheddin dalam kesempatan itu bertanya, "Rekomendasi apa yang paling penting dalam muktamar NU di Makassar?". Said Aqil menjawab, ada beberapa hasil keputusan muktamar yang dibahas dalam enam komisi, yakni bahtsul masail diniyah waqiiyah, maudluiyah, qonuniyah dan komisi organisasi, program dan rekomendasi.

"Rekomendasi yang terpenting adalah bahwa NU akan menjauhkan diri dari politik praktis," kata Said Aqil.

Dalam kesempatan itu pihak Kedutaan besar Libya menyanggupi permintaan kunjungan pemimpin Libya Muammar Kadafi ke Indonesia. "Namun sebaiknya Presiden Indonesia dulu yang berkunjung ke Libya," kata Salaheddin.

NU diharapkan dapat memfasilitasi kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Libya terutama dalam soal minyak. Said Aqil dalam kesempatan itu menyanggupi akan mengkomunikaskan dengan pemerintah Indonesia.

Pada Kamis (8/4) besok akan diadakan pertemuan oleh Lembaga Persahabatan Indonesia-Libya di gedung YTKI Jakarta. Salah satu agenda pertemuan itu adalah ungkapan selamat dan harapan untuk kepengurusan PBNU yang baru. (nam)

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Do More for Dogs Group. Connect with other dog owners who do more.


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment