Advertising

Friday 9 April 2010

[wanita-muslimah] 1004008 Bertaubat

 

100408

Bertaubat

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

Manusia berpeluang untuk tersalah langkah. Ini dapat karena salah menggunakan akalnya ataupun aakalnya terkalahnkan oleh godaan syaithan. Namun betapapun besarnya kesalahan ataupun dosa yang diperbuat oleh seseoirang, Allah SWT tidaklah langsung menghukumnya. Allah memberi kesempatan hambaNya untuk berbenah diri sebelum keburu mati; untuk menyadari kesalahannya, lalu berkehendak memperbaiki diri dengan kesungguhan, dengan pembuktiannya, bukan sekedar ngomong "Aku sudah tobat". Allah menuntut taubat yang bersungguh-sungguh, taubatan nashuha, untuk dimaafkan kesalahannya.

<SESUNGGUHNYA TAUBAT (YANG DITERIMA) DI SISI ALLAH HANYALAH TAUBAT ORANG-ORANG YANG MENGERJAKAN KEJAHATAN LANTARAN KEBODOHANNYA (PENDEK AKALNYA), YANG KEMUDIAN MEREKA BERTAUBAT DENGAN SEGERA; MAKA MEREKA ITULAH YANG DITERIMA ALLAH TAUBATNYA. ALLAH MAHA MENGETAHUI LAGI MAHA BIJAKSANA> (Qur'an Surat an-Nisa' [4]:17)

Kebodohan itu dapat karena memang kurang ilmunya, ataupun kurang penalarannya sehingga mudah tertipu oleh syaithan. Orang seperti ini jika tersadar akan kesalahannya, maka dia dengan segera bertaubat. Lain halnya dengan orang yang menyengaja melakukan pelanggaran, dengan berpura-pura tidak tahu (Allah tahu kesengajaannya dan kepura-puraannya itu semua!), lalu menunda-nunda pertaubatannya, maka proses pertaubatannya tidaklah sesederhana pertaubatan orang yang memang tersalah langkah karena kebodohannya itu. Lebih celaka lagi jika dia keburu mati sebelum sempat bertaubat dengan benar.

<DAN TIDAKLAH TAUBAT ITU DITERIMA ALLAH DARI ORANG-ORANG YANG MENGERJAKAN KEJAHATAN (YANG) HINGGA APABILA DATANG AJAL KEPADA SESEORANG DI ANTARA MEREKA ITU, (BARULAH) IA MENGATAKAN: "SESUNGGUHNYA SAYA BERTAUBAT SEKARANG". DAN TIDAK (PULA DITERIMA TAUBAT) ORANG-ORANG YANG MATI SEDANG MEREKA ITU DI DALAM KEKAFIRAN. BAGI ORANG-ORANG ITU TELAH KAMI SEDIAKAN SIKSA YANG PEDIH.> (Qur'an Surat an-Nisa' [4]:18)

Mari kita renung-renungkan apa yang sudah kita lakukan. Sudahkah selama ini kita selalu hanya melakukan yang benar menurut Allah, dan meninggalkan yang terlarang olehNya? Jika nyatanya kita merasa masih melakukan yang salah, mari kita segera "menghapus" kesalahan itu dengan berbagai kebaikan; Rasulullah SAW menyebutkan kebaikan itu berpeluang menghapus kesalahan yang lalu. Jika kesalahan itu terkait dengan hak orang, agar Allah mengampuni dosa kita maka kita dituntut untuk mengembalikan hak orang yang kita salahi itu, melepaskan diri kita dari apa-apa yang bukan hak kita.

Wa l-Lahu a'lamu bi sh-shawwab

SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

SWT. = subhanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

*** Kutipan ayat-ayat dapat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

========================================

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah.
Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

Wassalam,
dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF.
e-mail: tauhid@pwmjatim.com

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya INDONESIA 60292
Telp. (031)-841-7486, 081-652-7486

=====================
Dana aktivita/dakwah? Bergabunglah dalam http://www.asiakita.com/Pandu-HW
Untuk yang serius berbisnis, kunjungi http://www.esyariah.com/?id=tauhidhw.

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment