Advertising

Tuesday 13 April 2010

[wanita-muslimah] Susno Khawatir "Di-Nasruddin-kan"

 

Rfleksi : Mungkin juga bisa di-Munir-kan.

http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=250756

PERANG BINTANG
Susno Khawatir "Di-Nasruddin-kan"

SUSNO USAI DIPERIKSA - Mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji memasuki mobil seusai menjalani pemeriksaan di Pusat Pengamanan Internal Divisi Propam Polri, Jakarta, Senin (12/4) malam. Susno sebelumnya ditangkap di Bandara Soekarno Hatta saat akan menuju Singapura untuk berobat. (Ant/Rosa Panggabean)
Selasa, 13 April 2010

JAKARTA (Suara Karya): Mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji mengaku khawatir "di-Nasruddin-kan" oleh pihak tertentu. Kekhawatiran ini tumbuh karena orang-orang tidak dikenal sejak Senin lalu terus membuntuti.

Kekhawatiran itu diungkapkan Susno Duadji didampingi kuasa hukumnya, Henry Yosodiningrat, di kediamannya di Cinere, Depok, Jabar, semalam, setelah dilepaskan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri.

Nasruddin sendiri adalah Direktur PT Putra Rajawali Banjaran yang ditembak pada 14 Maret 2009 di dalam mobilnya setelah pulang main golf di ModernLand, Tangerang, Banten. Sebelum dibunuh, pria kelahiran Makassar, 12 Desember 1968, itu dikuntit pengendara sepeda motor, lalu dihadang mobil, kemudian ditembak di bagian kepala.

Susno kemarin sore ditangkap petugas Divisi Propam di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, untuk selanjutnya dibawa dan diperiksa di Mabes Polri, Jakarta. Susno ditangkap karena dia tidak meminta izin kepada pimpinan Polri untuk bepergian ke luar negeri, sehingga dia sekali lagi dinilai melanggar disiplin dan etika kepolisian.

Insiden penangkapan Susno ini kian mengentalkan kesan tentang "perang bintang" di tubuh Polri. Menurut Henry, penangkapan Susno merupakan tindakan salah pihak kepolisian.

"Pak Susno kan tidak diduga melakukan tindak pidana. Mengapa harus harus ditangkap?" katanya.

Henry menyebutkan, Susno tidak mungkin melarikan diri untuk menghindari pemeriksaan Polri. "Istri dan anak-anak Pak Susno semua ada di sini (Indonesia), tidak ikut ke Singapura," ujarnya. Susno berniat pergi ke Singapura, kemarin, untuk memeriksakan kesehatan.

Penangkapan Susno oleh Mabes Polri ini mendapat reaksi keras berbagai kalangan, termasuk Sekretaris Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Denny Indrayana serta Ketua Mahkamah Konsitusi Mahfud MD.

Susno tiba di Mabes Polri pukul 19.30 WIB dan langsung menjalani pemeriksaan petugas Divisi Propam. Sekitar pukul 21.00 WIB, semalam, akhirnya Susno dibebaskan.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Edward Aritonang beralasan, Susno ditangkap terkait pelanggaran kode etik kepolisian karena rencana pergi ke Singapura tanpa mengantungi izin pimpinan Polri. "Yang bersangkutan tertangkap tangan melanggar kode etik. kami segera menggelar sidang disiplin terkait kode etik ini," katanya, semalam.

Menurut Aritonang, apa pun alasannya, Susno harus meminta izin pimpinan Polri sebelum bepergian ke luar negeri.

Susno, kata Aritonang lagi, telah melakukan pelanggaran disiplin sepuluh kali, antara lain hadir dalam sidang pengadilan kasus pembunuhan dengan terdakwa mantan Ketua KPK Antasari Azhar, tidak masuk kantor, memberi keterangan kepada pers, dan lain-lain.

Sedianya, Senin sore kemarin, Susno berangkat berobat ke Singapura menggunakan penerbangan pesawat SQ-961. Namun, kepergian Susno ini dibuntuti pasukan baret biru yang dikenal sebagai petugas Divisi Propam Mabes Polri.

Beberapa saat sebelum berangkat, di ruang tunggu Terminal II D pintu D1 Bandara Soekarno-Hatta, Susno ke toilet. Ketika itulah Susno dicegah kembali ke ruang tunggu oleh beberapa anggota Divisi Propam. Susno yang mengenakan jaket cokelat dan bertopi sempat bersikukuh kembali ke ruang tunggu, tapi tetap dicegah secara paksa. Sampai akhirnya sekitar pukul 17.00 WIB, Susno digiring ke Polres Bandara Soekarno-Hatta, dan kemudian digelandang ke Mabes Polri.

Penangkapan Susno serta-merta mengundang reaksi berbagai kalangan. Mereka menyesalkan tindakan Polri terhadap Susno itu karena merupakan demoralisasi institusi Polri.

Dua pengacara Susno, yakni Husni Maderi dan Evran Fahmi, memprotes penangkapan itu karena tanpa surat perintah. Di samping itu, Susno juga diperiksa tanpa boleh didampingi pengacara. Bahkan, pengacara Susno tak diizinkan memenuhi permintaan Susno dibawakan minuman -- karena dia menolak minuman yang disediakan Polri.

Husni dan Evran pun sempat terlibat adu mulut dengan petugas Provost Polri. Mereka mengaku heran tak diperbolehkan menemui kliennya, sementara Provost beralasan bahwa itu sudah sesuai aturan yang berlaku. Husni dan Evran lantas meminta jaminan keselamatan Susno sekaligus mengancam mengajukan tuntutan hukum jika terjadi sesuatu atas diri Susno karena Susno dalam kondisi tidak sehat.

Sementara itu, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyatakan terkejut atas penangkapan Susno ini. "Tidak boleh ada penangkapan, kecuali memang karena alasan tindak pidana. Kalau alasan (tidak) disiplin, tidak boleh ditangkap," katanya.
Menurut Mahfud, rencana Susno berpergian ke Singapura tanpa izin Kapolri bukan tindak pidana, melainkan indisipliner. Namun, Mahfud menduga mungkin saja ada alasan pidana yang yang dikenakan Kadiv Propam Polri terhadap Susno guna meredam gejolak di tengah masyarakat.

Jika tindakan semacam terhadap Susno dilakukan lagi, Mahfud khawatir masyarakat semakin kurang percaya terhadap penegakan hukum oleh institusi Polri.

Di lain pihak, Ketua Komisi III Benny K Harman mengaku kaget mendengar kabar penangkapan Susno. Dia menilai, penangkapan itu memberi kesan polisi panik, bahkan Polri seperti ingin membuat Susno tutup mulut agar praktik makelar kasus (markus) di lingkungan Polri tidak terus dibeberkan Susno.

Karena itu, kata Benny, Polri harus menjelaskan kepada publik soal penangkapan itu. Dia berpendapat, Polri tidak bisa melakukan penangkapan paksa atas dugaan pelanggaran kode etik.
Sementara anggota DPR Fraksi PDIP Tjahyo Kumolo menilai penangkapan Susno merupakan tindakan penzaliman. Itu, ujarnya, menunjukkan posisi institusi Polri sudah pada tahap membahayakan. "Sudah terjadi demoralisasi institusi Polri," katanya.

Menurut Tjahjo, Polri perlu menjelaskan ihwal penangkapan Susno kepada publik. "Apakah posisi Komjen Susno sudah membahayakan?" ujarnya.
Penangkapan Susno juga mengundang Wakil Ketua DPR Pramono Anung. Dia berjanji terus memberi dukungan moral kepada Susno untuk mengungkap markus di tubuh Polri. Pramono menilai, Susno memiliki kredibilitas tinggi dalam membuka markus di institusi Polri.

Sekretaris Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Denny Indrayana meminta pimpinan Polri menjelaskan ihwal penahanan Susno. Dia menjelaskan, penangkapan itu terjadi beberapa jam setelah Susno memberi keterangan lagi kepada Satgas. Justru itu, dia khawatir penangkapan itu menumbuhkan kesan bahwa orang yang memberi keterangan kepada Satgas berisiko diciduk polisi seperti dialami Susno. "Kesan ini tidak boleh terjadi," ujarnya. (Hanif/Kardeni/Wilmar)

Jejak Langkah Komjen Pol Susno Duadji

* 30 November 2009 dicopot sebagai Kabareskrim Mabes Polri.
* 7 Januari 2010 bersaksi di sidang pengadilan kasus pembunuhan dengan
terdakwa mantan Ketua KPK Antasari Azhar tanpa seizin Kapolri.
* 20 Januari 2010 memberi keterangan kepada Pansus DPR tentang Angket
Bank Century seputar aliran dana dari bank yang di-bailout pemerin
tah itu.
* 18 Maret 2010 memberi keterangan kepada Satgas Pemberantasan mafia
Hukum ihwal penanganan rekening mencurigakan milik Gayus Tambunan
oleh penyidik Mabes Polri.
* 26 Maret 2010 menolak diperiksa Divisi Propam Mabes Polri seputar
dugaan pelanggaran kode etik kepolisian, dengan alasan aturan
tentang itu belum diundangkan.
* 8 April 2010 memberi keterangan kepada Komisi III DPR seputar prak
tik dan aktor mafia kasus di lingkungan Mabes Polri.
* 12 April 2010 ditangkap petugas Divisi Propam Mabes Polri di Bandara
Soekarno-Hatta ketika hendak berangkat ke Singapura atas dasar pe
langgaran kode etik kepolisian. Setelah diperiksa di Mabes Polri
selama sekitar enam jam, Susno dibebaskan.

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment