Advertising

Thursday 8 April 2010

[wanita-muslimah] Yusuf Nur, Bocah Kelainan Hati Butuh Uluran Dermawan

 

Yusuf Nur, Bocah Kelainan Hati Butuh Uluran Dermawan
Fatichatun Nadhiroh - detikSurabaya

Foto: Istimewa
Surabaya - Balita yang mengalami atresia billier, Yusuf Nur (8 bulan) asal Banyu Urip Wetan Gang IV Surabaya, hari ini akan menjalani pemeriksaan urine dan rontgen. Hal ini dilakukan untuk mengetahui detail kelainan yang dialami putra pertama pasangan Rudi Hartono (30) dan Khasidah (31).

Balita yang didiagnosa mengalami hernia, kelainan hati dan saluran kandung empedu ini diketahui sejak usia 3 bulan atau Desember 2009 lalu. Saat itu tubuh balita yang lahir prematur pada 18 Agustus 2009 lalu tubuhnya menguning dan perutnya membesar.

"Hari ini katanya akan menjalani tes urine dan rontgen. Karena kotorannya warna putih terus, apalagi nafasnya juga agak tersengal-sengal. Kata dokter kondisinya agak memprihatinkan," kata ibunda Yusuf, Khasidah kepada detiksurabaya.com, Jumat (9/4/2010).

Khasidah mengaku selama ini biaya anaknya mengandalkan upah ibunya, Rukmi yang bekerja sebagai penjaga kos-kosan di kawasan Jalan Kartini dan upah membantu membuat manik-manik baju di rumah tetangga.

"Hasilnya ya belum cukup membeli susu Yusuf atau pengobatan. Sementara suami yang bekerja sebagai kuli penghasilannya tak pasti. Hari ini saja suami akan berangkat ke Kalimantan untuk menjadi kuli bangunan di sana, dari pada tidak dapat kerja," tambah Khasidah panjang lebar.

Selama ini, kata Khasidah, diri dan ibunya mencari pinjaman ke para tetangga dan saudara untuk membiayai penyakitnya. Bahkan pengobatan alternatif di Jember pun dilakoni agar anaknya sembuh, namun bukan sembuh melainkan kondisi anaknya makin memburuk.

"Setelah pulang dari Jember untuk pengobatan alternatif, kondisi makin memburuk, tubuhnya lemas dan pucat. Bahkan nafasnya tersengal-sengal, akhirnya saya bawa ke rumah sakit karena saya khawatir terjadi apa-apa," kenangnya.

Kini Khasidah hanya bisa pasrah dengan komplikasi penyakit anaknya yang kini dirawat di Irna Anak RSU dr Soetomo Surabaya. Padahal dalam waktu dekat Yusuf harus menjalani operasi hernia yang dialami saat ini. "Saya tidak tahu lagi harus gimana. Kalau punya uang ya operasi, kalau tidak ya saya pasrah. Hernianya harus segera dioperasi, kelainan hati dan empedunya juga memburuk," tandasnya.

Bagi Anda ingin membantu meringankan beban orangtua Yusuf Nur, silakan bergabung di forum detiksurabaya atau melalui:

Bank BCA Cab. Sidoarjo Sun City
A/C 6155006599
a/n Achmad Lutfi
(fat/fat)

________________________________

 
Kamis, 01/04/2010 18:16 WIB
Eka Putra, Bocah Kelainan Hati Asal Malang Meninggal
Fatichatun Nadhiroh - detikSurabaya

Eka Putra sebelum kritis/Icha
Surabaya - Bocah kelainan saluran empedu atau atresia billier, Eka Putra Prasetya (20 bulan) yang dirawat di RSU dr Soetomo Surabaya meninggal dunia. Putra pasangan Sholihin (39) dan Sunarti (27) meninggal pukul 17.50 WIB, Kamis (1/4/2010).

"Baru saja Eka Putra meninggal dunia sekitar pukul 17.50 WIB," kata bapak Eka Putra, Sholihin kepada detiksurabaya.com saat dihubungi.

Kabar meninggalnya Eka Putra, kata Sholihin, tentu saja membuat shock dirinya, istri dan keluarganya. Suara tangis Sunarti dan nenek Eka Putra juga terdengar di area Irna Anak. Mereka tidak menyangka Eka Putra meninggal sangat cepat sebelum menjalani operasi.

"Doakan kami tabah mbak. Mungkin ini yang terbaik, karena kami sekeluarga sudah mengusahakan pengobatan selama ini. Apalagi banyak orang yang membantu kami," jelas Sholihin sesunggukan.

Sementara Ketua Tim Operasi Atresia Bilier RSU dr Soetomo Surabaya, dr Purwadi SpBA
membenarkan bila Eka Putra meninggal dunia. "Kondisinya memang sepsis atau infeksi di livernya sejak 6 hari lalu. Kelainan hati memang rawan terkena infeksi," jelasnya.

Rencananya, malam ini jenazah Eka Putra akan dibawa pulang ke asalnya, Jalan KH Agus Salim, Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Eka sebelumnya diketahui mengalami kelainan hati saat usia 3 bulan. Asupan makanan apapun tak bisa diterima dengan baik. Hal itu juga berakibat makanan yang diberikan melalui mulut akan meluber dan merusak bagian limpanya.

Eka Putra dirawat di RSU dr Soetomo sudah 37 hari, Rabu (24/2/2010). Sebelumnya Eka Putra dirawat di RSU Syaiful Anwar (RSSA) selama beberapa hari. Kondisi Eka Putra sempat membuat pembaca detiksurabaya.com dan detikers prihatin. Dan akhirnya dompet amal yang dibuka mampu memberikan sumbangan sebesar Rp 20 juta. (fat/fat)

__________________________________________________
Apakah Anda Yahoo!?
Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
http://id.mail.yahoo.com

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Do More for Dogs Group. Connect with other dog owners who do more.


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment