Advertising

Saturday 8 May 2010

[wanita-muslimah] abdul nescafe & abdul nicotine

 


majelis wm yang budiman,
sesekali mau nyumbang posting juga, bukan kelas berat seperti biasa didiskusikan di sini, hanya kesan setelah menonton sebuah acara televisi.

pada satu hari yang belum terlalu lama, saya melihat tayangan dokumenter EXTREME PILGRIM di kanal BBC yang dipandu, sekaligus dilakoni oleh, pendeta pete (peter) owen jones. pada seri ini pak jones biasanya keliling dunia, ke tempat-tempat suci banyak agama, bertemu banyak para pemuka agama setempat, dan mengikuti banyak ritual agama tertentu.

begitulah pada satu hari, pak jones sampai di mesir, dan mengikuti sebuah sekte kristen yang bukan mainstream. dari salah seorang pendeta di sekte itu, pak jones mendapat info bahwa ada seorang pendeta lain yang menjadi buah bibir selama ini karena hidup dan menjalankan ritualnya seorang diri di sebuah gunung berbatu-batu yang berada di sebuah gurun tandus di wilayah mesir.

sampai di sini, anggota majelis yang suka menonton tayangan dokumenter BBC, tentu sudah ingat lagi kelanjutan pencari pak jones terhadap pendeta lazarus, yang hidup seorang diri di gunung batu itu.

singkat cerita, jones akhirnya bertemu dengan pendeta lazarus, melihat-lihat tempat ibadatnya yang terdiri dari sebuah gua kecil. di samping gua itu, ada tempat yang lebih besar dengan pintu kayu. pendeta lazarus mengajak jones melihat isi di balik pintu kayu itu yang, di luar dugaan pendeta jones juga penonton, adalah sebuah lemari penuh kopi dengan berbagai merek dalam berbagai ukuran botol dan kemasan. menurut lazarus, semua kopi itu adalah kiriman orang lain yang bersimpati padanya.

"anda tahu pendeta jones," ujar pendeta lazarus sambil menulis sebuah nama di kertas putih di atas pangkuannya, "dari muda ayah saya memanggil saya sebagai abdul nestafe".

kamera close up ke tulisan ABDUL NESCAFE yang ditulis pendeta lazarus, yang terus menjelaskan, "ABDUL itu artinya hamba atau budak. saya memang sudah menjadi budak kopi sejak remaja," ujar pendeta lazarus sambil tersenyum lebar.

dalam sebuah bentuk kelakar yang unik dan tak pernah saya harapkan terjadi di sebuah tayangan "serius" seperti itu, dengan tak kalah kocak pendeta jones menjawab, "kalau begitu, jika bapa lazarus adalah abdul nescafe, maka seharusnya nama panggilan saya adalah ABDUL NICOTINE," katanya menyeringai, menunjukkan bekas nikotin yang sangat kuat membekap gigi geliginya.

tayangan ini saya lihat masih sering diputar ulang oleh BBC (atau BBC Knowledge di satu layanan televisi kabel), yang kalau disaksikan sendiri bagaimana dialog mereka dan bahasa tubuh kedua pendeta itu, jauh lebih lucu dari yang saya paparkan di atas.

selamat berakhir pekan,

salam,

akmal n. basral

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment