Advertising

Sunday 16 May 2010

[wanita-muslimah] Agama Kartini

 

"…..Tapi saya kira tak demikian. Jika kita baca surat yang memuat sajak itu (mungkin karya Kartini sendiri), kita akan tahu bahwa kata `terang' itu mengacu ke sesuatu yang sama sekali lain: `terang' adalah saat Kartini menemukan identitasnya sebagai seorang muslimah. Ia mendapatkan `terang' itu berkat bimbingan ibu kandungnya, yang datang dari keluarga santri, bukan seorang wanita berpendidikan Barat, tapi `seorang perempuan tua… dari mana aku memperoleh pelbagai kembang yang terbit dari hati'".

Pernyataan Goenawan Mohamad di atas, yang saya kutip dari Catatan Pinggir TEMPO Senin, 17 Mei 2010 [1] membuat saya "tercengang", karena yang tercitra selama ini, putri Bupati Jepara itu---meminjam trikotomi priayi-abangan-santri Geertz---termasuk golongan priyayi yang cenderung ke falsafah sinkretisme kejawen.

Simak misalnya pendapat Pramoedya Ananta Toer seperti dikutip Angku Asvi Warman Adam dalam Republika, Sabtu, 23 April 2005 [2]

"Bagi Kartini semua agama sama, sedangkan nilai manusia terletak pada amalnya pada sesamanya yaitu masyarakatnya." Kartini menemukan dan mengutamakan isi lebih daripada bentuk-bentuk dan syariat-syariat, yaitu kemuliaan manusia dengan amalnya pada sesama manusia seperti dibacanya dalam rumusan Multatuli "tugas manusia adalah menjadi Manusia, tidak menjadi dewa dan juga tidak menjadi setan". Menurut Kartini, "Tolong menolong dan tunjang menunjang, cintai mencintai, itulah nada dasar segala agama. Duh ,kalau saja pengertian ini dipahami dan dipenuhi, agama akan menguntungkan kemanusiaan, sebagaimana makna asal dan makna ilahiah daripadanya: karunia." (hlm 235). Sebelumnya Kartini telah menegaskan bahwa "agama yang sesungguhnya adalah kebatinan dan agama itu bisa dipeluk baik sebagai Nasrani maupun sebagai Islam dan lain-lain." (hlm 234)

Wassalam, Darwin

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment