Advertising

Sunday 16 May 2010

[wanita-muslimah] Belajar ke Cina

 

http://www.riaupos.com/new/artikel.php?act=full&id=17&kat=7

M Nazir Fahmi, Wakil Pemimpin Redaksi

Belajar ke Cina
16 Mai 2010
M Nazir Fahmi

KANTOR Badan Operasi Bersama (BOB) dipindahkan Pertamina ke Jakarta. Sangat wajar tokoh-tokoh Riau bereaksi keras atas keputusan ini. Bumi Riau dikuras, hasilnya dibawa terbang ke pusat kekuasaan di Jakarta. Kalau sebelumnya kantor BOB ada di Pekanbaru, belakangan kantornya pun dibawa terbang ke Jakarta.

Saya tidaklah akan mengungkapkan kemarahan atas kepindahan kantor BOB tersebut ke Jakarta. Saya berprasangka baik saja. Mungkin Pertamina lagi efisiensi dan menggabungkan semua kantornya ke Jakarta. Berhemat, mungkin itu ceritanya.

Hanya saja, Jakarta ini yang kini jadi persoalan. Sebagai pusat pemerintahan, kita sudah tahu Jakarta sudah sangat padat. Arus urbanisasi seakan tidak terkendali, migrasi dari berbagai tempat di nusantara ini. Tujuannya Jakarta lagi.

Nah, Pertamina pun menambah parah Jakarta dengan memindahkan kantor BOB. Otomatis karyawan yang ada di Riau boyongan ke Jakarta. Wah, bertambah padat tuh Jakarta. Terlihat di sini Pertamina kurang peduli dengan dampak negatif urbanisasi. Padahal, dengan kantor BOB di Pekanbaru, cukup membantu mengurangi dampak urbanisasi ke Jakarta.

Kita di Indonesia ini kurang belajar dengan cara Cina mengurangi dampak negatif urbanisasi di kota-kota besar utamanya. Padahal, rata-rata orang Indonesia bergaul dengan orang Cina, walaupun itu sebatas keturunan. Malah, Rasulullah SAW pun memerintahkan kita untuk belajar walau ke negeri Cina. Cina adalah negara yang paling berhasil menekan arus urbanisasi.

Untuk menghidupkan seluruh kota dan desa, Cina membuat kebijakan yang ketat soal tanah. Kalau di kota, semua tanah adalah milik negara. Mau berusaha atau bangun rumah, harus menyewa kepada pemerintah. Lain hal di desa, tanah dijual murah dan bisa jadi hak milik. Makanya, banyak investor dari kota berlomba-lomba ke desa. Alhasil, kota dan desa sama-sama maju.

Untuk mendukung semua ini, pemerintah Cina menyelesaikan semua infrastruktur jalan. Hingga ke desa-desa jalannya mulus dan dibuat dengan sistem highway. Jadi jangan heran, di Cina, tol-tolnya sampai ke desa-desa. Perekonomian desa pun bergairah. Industri tumbuh di mana-mana. 2/3 perusahaan harus bangun usaha dan kantornya di kota kecil. Jadi wajar saja kalau saat ini pasar dunia dikuasai oleh Cina. Kalau kita kan terbalik. Semuanya harus diselesaikan di Jakarta. Semuanya dibangun tak jauh dari tugu Monas. Kantor-kantor perusahaan yang mengeruk minyak di tepi Sungai Mandau pun menjulang tinggi di jalan utama Kota Jakarta. Tambah pusinglah Fauzi Bowo, Gubernur DKI menyikapi semua ini. Jakarta tambah semrawut. Daerah-daerah hanya bisa gigit jari dan kian sulit.***

mnazirfahmi@riaupos.com

www.mhd-nazir-fahmi.blogspot.com

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment