Advertising

Thursday 6 May 2010

[wanita-muslimah] fw: The New Beginning Methaphor

 



Bayangkan,

Engkau telanjang. Disatu dipan. Engkau tidak bisa bergerak sama sekali. Engkau bisa melihat, engkau bisa mendengar tapi engkau tidak bisa bergerak sama sekali.Engkau berusaha meronta sekuat tenaga, untuk bangun dari dipan itu, tapi apa daya. Disekelilingmu. disekelilingmu ada beberapa orang. Sebagian dari mereka mungkin engkau mengenalnya dan sebagian dari mereka mungkin engkau tidak mengenalnya. Apa yang mereka lakukan? Mereka membasuhmu dengan air yang dicampur bidara. Menyekamu dan semerbak kapur barus mungkin tercium dari 2 lubang hidungmu. Engkau semakin ketakutan dan berkata " apa yang terjadi, lepaskan aku, mengapa aku tidak bisa bergerak sama sekali?". Engkau berusaha berteriak.tapi...orang-orang disekitarmu tidak mendengarnya. Tidak mendengar sama sekali jeritan dan teriakanmu. Apa yang terjadi? Tulikah mereka? Tapi engkau bisa melihat mereka bercakap dalam bisik satu sama lain. Mereka tidak tuli. Tapi mereka tidak bisa mendengarmu karena mereka hanya melihatmu terbaring dan terbujur.tanpa daya.

Lalu engkau ada di sebuah ruangan yang lain. Engkau terbaring di suatu dipan. Terbaring saja.Tidak bisa bergerak sama sekali.Terbujur.

engkau mendengar. Engkau mendengar ada isak tangis di samping mu. Mungkin itu istri mu. atau salah seorang dari kerabat dan keluargamu. Engkau hanya bisa mendengar dan melihat. Tapi engkau tidak bisa bergerak sama sekali. Dalam keadaan terbaring kaku, tanganmu bersedakep dan ditalikan. Hidungmu ada kapasnya. Saat itu engkau memang tidak bernapas (lagi). Engkau bisa mendengar bisik-bisik orang sedang bercakap.tapi engkau tidak bisa bergerak sama sekali. Dimana pakaiamu saat itu? Engkau tidak mengenakannya sama sekali. Engkau hanya berkainkan pakaian 3 helai dari kain yang sangat sederhana. Lalu engkau berusaha meronta sekuat tenaga. Tapi apa daya. Engkau hanya terbaring kaku. Engkau berusaha berteriak ` hey lepaskan aku". Tapi mereka tidak mendengarmu. Apa mereka tuli?. Tapi engkau melihat mereka saling bercakap dalam bisik satu sama lain. mereka tidak tuli. Mereka tidak bisa mendengar ucapanmu karena engkau bagi mereka hanya sosok yang terbaring. Hanya terbaring.

Lalu, beberapa laki-laki mengangkat dipanmu. Dan menutup dipanmu entah dengan apa.Dengan sesuatu berbentuk setengah silinder.engkau mungkin berteriak." Jangan tutup,jangan tutup" tapi mereka tidak mendengarmu.bukan mereka tuli.engkau hanyalah sosok yang terbaring. Terbaring dalam kaku, terbaring dalam diam dan dingin. Dan engkau sekarang dalam sebuah dipan yang tertutup. Betapa engapnya.

Lalu mereka menggotongmu. Ke suatu tempat

Selanjutnya adalah tergantung pada apa yang telah kau kerjakan. Bagaimana kalau engkau berteriak-teriak ketika mereka menggotongmu." Hey, aku mau dibawa kemana?, tolong.tolong,jangan, aku mau dibawa kemana" mereka tidak mendengarnya. Mereka tidak tuli. engkau hanya sosok terbujur yang dingin dan terpejam. Ketakutan semakin menjadi-jadi.seolah firasat buruk dan gelisah sudah menjadi sebuah kepastian. Engkau kerahkan seluruh tenagamu. Untuk berlari dan melepas diri. Tapi apa daya. Engkau tetap digotong menuju suatu tempat oleh orang-orang. Apa engkau meraung dan menjerit-jerit? Sewaktu mereka menggotongmu seolah tak acuh dengan nestapamu.

Lalu tiba di satu tempat. Di suatu padang mereka meletakannmu. Lalu tutup itu mereka buka dari dipan tempat engkau berbaring. Sekarang engkau cuma sosok dalam kain sederhana berlapis tiga. Dimana hartamu? Dimana kekuatan dan kekuasaanmu saat itu? Mungkin engkau teringat: betapa pernah berjayanya engkau. Betapa pernah larut dalam senang-senangnya engkau. Berapa pagar yang pernah engkau terjang?.berapa rambu yang pernah engkau acuhkan? Berapa seruan azan dan masjid engkau sia-siakan..engkau mungkin hanya teringat.tanpa bisa kembali.karena hari itu engkau hanya bisa melangkah ke depan..

Di suatu padang, mereka meletakkanmu. Didepan matamu engkau melihat ada sebuah liang. Liang yang engkau yakin sudah disiapkan untukmu. Dengan panjang dan lebar yang terukur dengan badanmu. Engkau melihat adakah dalamnya 2 meter? Hey lalu didalam liang itu koq ada ceruk? Ceruk yang pas dengan ukuran tubuhmu. Engkau ketakutan. Dan berkata " apa mereka akan memasukan aku ke dalam liang itu?" atau malah engkau melihat liang itu tiba-tiba menyala-nyala dengan penuh kobaran api. Tapi mengapa orang-orang disekelingmu hanya diam saja. Padahal di dalam liang itu banyak kobaran api yang sangat panas. Butakah mereka?. Mereka tidak buta. Karena bagi mereka itu adalah liang yang gelap semata. Tapi engkau melihat liang itu berkobar api atau liang yang siap menghimpitmu dalam gelap, sepi dan menjepit tulang-tulangmu.

Lalu, beberapa orang laki-laki meloncat dalam liang itu. Mungkin sekitar 4 orang. Sebagian lainnya diatas liang itu dan menggotongmu. Lalu orang-orang yang ada di dalam liang itu mengangkat tangan untuk menyambutmu. Secara perlahan mereka membawa sosok kaku mu masuk dalam liang itu.. engkau akan berteriak "jangan,jangan, aku mau diapakan, jangan masukan aku ke situ". Mereka tidak mendengarmu. Lalu ke 4 laki-laki yang ada dalam liang itu memasukanmu ke dalam ceruk itu. Menutupmu dengan beberapa lembar papan dan mulai menimbunmu dengan tanah. Sedikit demi sedikit, tanah mulai menutupi liang dimana sekarang engkau terbaring. Gelap kian lama kian pekat. Akankah engkau menjerit-jerit, "tolong, jangan tingalkan aku disini, jangan tinggalkan aku disini". Mereka tidak mendengarmu.mereka tidak tuli.

Sampai kegelapan sempurna menutupmu. Sekarang engkau dalam gelap yang pekat. Kanan-kiri, atas-bawahmu adalah tanah. Tidak ada seorangpun menemanimu, sepi dan sendiri . Engkau melihat dan engkau mendengar. Engkau mungkin teringat betapa pernah kemegahan menenggelamkanmu. Tapi sekarang kehimpitan dan kesempitan dalam pekat menenggelamkanmu.

Engkau mendengar seretan sendal orang-orang yang menggotongmu kian lama kian senyap. Kian menjauh . sampai pada titik engkau berada dalam sunyi, sepi dan sendiri yang mutlak. Engkau meringkuk.

Hey,apa engkau mendengar suara gemuruh? Siapa itu? Ada dua sosok menghampiri dirimu. Siapa itu? Makhluk apa itu? Dan apa yang ada ditangan mereka, bawa apa mereka? Gada? entah. Mereka menghampirimu dengan kebengisan yang tak pernah engkau bayangkan sebelumnya. Mereka menghampirimu untuk mengajukan beberapa pertanyaan........

*

æóÓóÇÑöÚõæٓÇú Åöáóìٰ ãóÛۡÝöÑóÉò۬ ãøöä ÑøóÈøöڪõãۡ æóÌóäøóÉò ÚóÑۡÖõåóÇ ٱáÓøóãóÜٰæóٲÊõ æóٱáۡÃóÑۡÖõ ÃõÚöÏøóÊۡ áöáۡãõÊøóÞöíäó

Dan bersegeralah kepada ampunan dari TuhanMu

Dan surga yang seluas langit dan bumi yang disiapkan bagi orang-orang yang bertaqwa (3:133)

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment