Advertising

Wednesday 5 May 2010

[wanita-muslimah] Presiden: Sri Mulyani Dapat Jembatani Indonesia-Bank Dunia

 

http://www.antaranews.com/berita/1273046362/presiden-sri-mulyani-dapat-jembatani-indonesia-bank-dunia

Presiden: Sri Mulyani Dapat Jembatani Indonesia-Bank Dunia
Rabu, 5 Mei 2010 14:59 WIB | Peristiwa | Umum |
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap kepadaSri Mulyani nantinya dapat menjadi jembatan antara Bank Dunia dan Indonesia sebagai salah satu mitra terpenting bagi Bank Dunia.

Dalam konferensi pers di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu, Presiden menyetujui pengangkatan Sri Mulyani sebagai Managing Director Bank Dunia dan telah menerima permohonan pengunduran diri Sri Mulyani dari jabatannya sebagai Menteri Keuangan.

"Saya berharap Ibu Sri Mulyani Indrawati bisa memperkuat Bank Dunia dan bisa menjadi jembatan antara Bank Dunia dan negara-negara berkembang dengan Asia, termasuk Bank Dunia dan Indonesia," tuturnya.

Presiden menyampaikan Indonesia kehilangan salah satu menteri terbaiknya yang telah bekerja keras mengembangkan kebijakan fiskal yang tepat dan gigih melakukan reformasi di bidang keuangan guna mendisiplinkan penggunaan anggaran termasuk akuntabilitas dan pertanggungjawaban keuangan yang diterima dari APBN.

Sri Mulyani yang dinilai telah berhasil mereformasi perpajakan dan bea cukai sehingga perolehan negara meningkat secara signifikan juga dianggap oleh Presiden telah menjadi ujung tombak dalam diplomasi tingkat internasional dalam forum G20 dan lainnya.

"Meski kita kehilangan salah satu menteri terbaik kita, tapi saya sadari bahwa peran dan tugas sebagai `managing director` di World Bank juga sangat penting apalagi pada posisi tinggi seperti itu," kata Presiden.

Presiden menjelaskan sejak bulan lalu ia telah mendapatkan permintaan dari Bank Dunia untuk mengangkat Sri Mulyani sebagai Managing Director.

"Bulan lalu Bank Dunia menyampaikan niatnya baik kepada Ibu Sri Mulyani maupun kepada saya selaku Presiden Republik Indonesia untuk mengangkat Ibu Sri Mulyani menjadi managing director di World Bank, jabatan nomor dua di organisasi tersebut," tutur Presiden.

Saat itu, Presiden menunggu surat resmi dari Presiden Bank Dunia Robert Zoellick yang baru diterima pada 30 April 2010 menjelaskan tugas dan tanggung jawab Sri Mulyani sebagai Managing Director yang membawahi tiga kawasan di dunia.

Setelah mempelajari surat tersebut, Presiden menilai posisi yang akan diemban Sri Mulyani adalah jabatan strategis, penting, dan terhormat.

"Respon saya adalah saya setujui setelah mendengarkan juga permohonan dari Ibu Sri Mulyani untuk menjabat sebagai managing director di Bank Dunia itu dengan catatan sebelum menempati posisi yang baru saya mengharapkan Ibu Sri Mulyani merampungkan tugas-tugas dan urusannya di dalam negeri," tuturnya.

Presiden mengatakan pengganti Sri Mulyani nantinya diharapkan dapat menjalankan kebijakan pemerintah dalam bidang makro ekonomi dan fiskal yang tepat serta meneruskan reformasi pajak dan bea cukai.

Menteri Keuangan yang baru, lanjut dia, juga diharapkan meneruskan peran Indonesia dalam forum internasional untuk kepentingan bangsa Indonesia.

Namun dalam konferensi pers, Presiden Yudhoyono tidak menyebutkan pengganti Sri Mulyani yang akan memulai tugas di Washington pada awal Juni 2010
Baca Juga
a.. Aprisindo Sayangkan Mundurnya Menkeu
b.. Mundurnya Sri Mulyani Jangka Pendek Berpengaruh Negatif
c.. Menkeu Sri Mulyani Batal Gelar Jumpa Pers
d.. Mundurnya Sri Mulyani Tak Signifikan Pengaruhi Ekonomi
e.. Sri Mulyani Bawahi Tiga Kawasan di Bank Dunia
f.. Transkrip Pernyataan Presiden Yudhoyono tentang Sri Mulyani

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment