Advertising

Sunday 16 May 2010

[wanita-muslimah] Rumah Bantuan 'Dikuasai'

 

http://www.rakyataceh.com/index.php?open=view&newsid=16998&tit=Berita%20Utama%20-%20%20Rumah%20Bantuan

Korban Tsunami Kesal
Sabtu, 15 Mei 2010 | 10:46

Rumah Bantuan 'Dikuasai'


----------------------------------------------------------

BANDA ACEH-Memasuki tahun ke enam musibah gempa bumi dan tsunami, ternyata masih banyak warga yang belum punya hunian. Seperti halnya dialami ratusan warga Desa Ulee Lheu, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.

Akhirnya, Jum'at (14/5), ratusan warga pun memberanikan diri menduduki paksa rumah bantuan yang dibangun The Saudi Charity Campaign (TSCC) di Desa Mireuk Lamreudep, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar.

"206 Kepala keluarga (KK) warga Dusun Tongkol, Kakap dan Tenggiri Gampoeng Ulee Lheu, hingga kini belum mendapatkan rumah. Kami ingin kepastian secepatnya dari pemerintah," kata Bakhtiar selaku koordinator korban tsunami dari Ulee Lheu, kepada Rakyat Aceh.

Kegusaran itu dipicu adanya rumor bahwa rumah bantuan TSCC merupakan bantuan terakhir dari rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pasca tsunami 2004 silam dan akan diperuntukkan bagi korban yang kini masih menghuni sejumlah barak di Kabupaten Aceh Besar.

"Hingga kini relokasi rumah yang dijanjikan belum kami dapati," tukasnya. Dengan kondisi yang dialami ratusan korban tsunami, maka mereka memberanikan diri bertahan di teras rumah bantuan TSCC sejak kemarin malam. "Tadi malam sejumlah warga bermalam di teras - teras rumah yang belum berpenghuni ini," sahut Bakhtiar.

Tak Ada Kejelasan
Menurut Bakhtiar, segala upaya untuk mendapatkan rumah bantuan telah lakukan. Mulai mendatangi Walikota Banda Aceh, DPRK, DPR Aceh bahkan sampai menggelar unjukrasa ke kantor Gubernur.

Sayangnya, lanjutnya, tidak ada kejelasan kemana mereka akan direlokasi yang mereka dapat. Bila usaha terakhir ini juga tidak membuahkan hasil dan tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, maka pihaknya akan menduduki rumah - rumah ini secara paksa.

Para korban tsunami tersebut menyatakan akan tetap bertahan di rumah yang belum berpenghuni tersebut, sampai semuanya mendapatkan kejelasan.

"Saat ini kami baru menempati teras rumah, mungkin besok kita akan membobol paksa kunci agar bisa masuk ke dalam," tuturnya.

Selama ini mereka mengaku tinggal di rumah sewa dan ada juga dirumah sanak famili mereka. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kesabaran dan kemampuan mereka juga tidak dapat dipertahankan, sehingga mereka menyatakan bahwa tidak ada pilihan lain selain menempati rumah bantuan tersebut, sampai semuanya mendapatkan kejelasan.

"Kami tidak punya uang lagi untuk menyewa rumah dan tidak mungkin pula untuk menumpang selamanya di rumah kerabat," ujarnya. Bila warga tidak mendapatkan jatah rumah di Desa Lam Reudep, mereka menyatakan akan kembali lagi ke kawasan Ulee Lheu, dan mengancam akan membangun tempat tinggal ala kadarnya di kawasan pantai yang saat ini telah ditetapkan Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai kawasan wisata. (slm)

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment