Advertising

Monday 17 May 2010

[wanita-muslimah] Sultan Kotawaringin XV Dinobatkan

 

http://www.kaltengpos.web.id/?menu=detail_atas&idm=296

Senin, 17 Mei 2010 20:47:13 WIB

Sultan Kotawaringin XV Dinobatkan

PANGKALAN BUN - Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah dinobatkan sebagai Sultan XV Kesultanan Kotawaringin. Penobatan dilaksanakan di Istana Kuning, Minggu (16/5). Alidin merupakan putra tertua dari Sultan XIV Kotawaringin Pangeran Ratu Alamsyah.

Penobatan ini dihadiri oleh kerabat kesultanan, Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang, Bupati Kotawaringin Barat H Ujang Iskandar, unsur Muspida, masyarakat lokal dan para tamu manca negara.

Acara penobatan sultan kotawaringin terakhir sebelum acara penobatan kemarin terjadi sekitar 70 tahun lalu atau pada tahun 1940. Sejak Sultan XIV wafat 35 tahun silam roda kesultanan dilaksanakan oleh Pangeran Muasjidin Syah sebagai pelaksana harian. Muasjidin Syah merupakan adik dari dari Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah yang kemarin dinobatkan.

Sultan yang baru dinobatkan oleh juriat/kerabat kerajaan berdasarkan musyawarah juriat Kesultanan Kotawaringin. Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah didaulat untuk menjadi Sultan Kotawaringin berdasarkan banyak pertimbangan, salahsatunya karena ia merupakan putra pertama Sultan Kotawaringin XIV.

"Acara ini merupakan momentum perwujudan untuk menunjukkan kepada kalangan kerabat maupun masyarakat Kobar bahwa inilah sosok penerus Sultan Kotawaringin yang wafat 35 tahun lalu," jelas Sultan Alidin saat menyampaikan sambutannya usai dinobatkan.

Bupati Kobar Ujang Iskandar mengapresiasi dengan dinobatkannya sultan yang baru pada tahun ini."Kesultanan Kotawaringin sebagai salah satu aset bangsa yaitu sebagai simbol budaya memang harus dilestarikan. Kita patut berbangga bahwa kesultanan ini merupakan satu-satunya kesultanan yang berada di Kalteng," jelasnya.

Gubernur yang hadir saat acara tersebut sangat bangga dengan momen ini. Ia berjanji untuk lebih dan mengangkat khazanah budaya Kalteng ini. "Ini merupakan salah satu kebanggaan dan soko guru pemersatu rakyat Kalteng. Maka dari itu, rencananya akan dianggarkan APBD khusus untuk Kesultanan Kotawaringin ini," ujar Teras yang disambut dengan tepuk tangan meriah hadirin.

Sebelum memberikan sambutannya Teras dianugerahkan sebagai anggota kehormatan Kesultanan Kotawaringin. Acara tersebut memang surprise dari kerabat kesultanan."Ini merupakan surprise yang membanggakan saya. Padahal protokoler tadi tidak memberitahukan bahwa ada acara ini. Jadi kerabat kesultanan dan protokoler saya sudah saling bekerjasama untuk memberikan surprise ini," seloroh Teras yang disambut dengan tawa panjang hadirin yang hadir.

Acara ditutup dengan ramah tamah sembari menikmati hiburan tari dari sanggar tari beberapa sekolah di Pangkalan Bun. Tarian yang ditampilkan membuat hadirin terhanyut dalam suasana suka cita. Bahkan beberapa tamu mancanegara tampak serius menikmati tarian.

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment