Advertising

Tuesday 20 July 2010

Re: [wanita-muslimah] Allah Tidak Tidur

 

Dear Ferona,

sejauh ini saya baik-baik saja, walaupun sering henk :D

Kayaknya ada yang sedikit pandangan tentang kawan anda, dia sangat religius, kini tidak beragama. Kupikir sangat mungkin seseorang TIDAK BERAGAMA Tapi RELIGIUS. Diluar definisi umum Religi = Agama, Religius = Beragama. Bagiku sangat mungkin seseorang religius tanpa meyakini satu agama-pun, sebagaimana pernah disinyalir oleh ibnu Sinna dalam kitab "al Isyarah ..." Secara Pribadi saya sendiri pernah mengalami sebuah periode ini, dimana enggan melakukan ritual Agama, tapi sama sekali tidak kehilangan Keyakinan Terhadap Gusti Allah, diskusi dengan Gusti Allah (kelihatannya seperti Ngomel wong Gusti Allah gak menjawab secara verbal) dikala duduk diatas klothok (perahu tradisional khas banjarmasin, barang yang sama di samarinda namanya ketinting). dikala berdiri diatas Tumpukan batu bara di jaman bergaul dengan dunia hitam itu: (Quit dari dunia batu bara karena dilarang Istri).

IMHO, tidak ada hubungan antara Religius dan beragama. Agama adalah sebuah Jalan, sebuah Petunjuk, sebuah Guidance. Dalam dunia Ibarat, banyak manusia bisa memahami arah tanpa kompas, mengerti jurusan tanpa peta. Masyarakat Jawa sebelum Islam masuk, sudah mengenal Sang Hyang Tunggal, Sang Hyang Widhi, artinya masyarakat Jawa sudah Tauwhid sebelum Islam masuk, sehingga tidak mengeharankan bila Islam sebagai Agama Tawhid dengan cepat diterima masyarakat Jawa. Dan sangat banyak masyarakat lain di permukaan bumi ini sudah ber-Tauwhid sebelum "agama" sampai pada mereka.

Tidak sedikit gejala, masyarakat beragama MenuHankan agama itu sendiri sehingga "seakan-akan" Tuhan= Agama. CMIIW, kaum Krsitiani menyatakan : Tidak akan sampai pada "Bapa" tanpa melalui "Anak. Kaum Muslim juga memiliki Aroma ini, Tidak akan sampai pada Tujuan yang benar Tanpa "syahadat". Dalam Pikiran Nakal saya, sering terpikir, aroma ini menyempitkan "Kebesaran Tuhan". Gusti Allah jauh lebih besar dari sekedar Agama, Tuhan Lebih Agung dibanding segala jenis ritual.

Dalam skala pemikiran manusia, tidak pantaskah seorang Mahatma Gandhi menikmati Surga (?)

"..." ana al-Haq

wassalam
./STS

----- Original Message -----
From: Ferona Y. Faizal
Sent: 07/20/10 05:35 PM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: [wanita-muslimah] Allah Tidak Tidur

Dear Pak Sabri,

Rasanya sudah lama sekali saya tidak menyapa pak Sabri di milis ya .. apa
kabar pak?

Menyambung email pak Sabri di bawah ini. Memang pengalaman hidup manusia
berbeda-beda. Alhamdulillah saya seringkali diberi pengalaman "pembalasan
instan" oleh Allah. Mungkin itu caranya Allah mengajari saya yang memang
ndableg dari dulu sampai sekarang :)

Karena seringkali pengalaman spritual manusia berbeda-beda, membuat saya
rasanya tak lagi sekedar mendefinisikan Allah Tidak Tidur. Allah ada di
sini, di dekat hati saya dan tak pernah meninggalkan saya. Seringkali apa
yang saya tangiskan, dalam lima menit ke depan "dibalas" Allah dengan
segera, sehingga ketika airmata belum sempat kering di pipi namun hati yang
tadi lara berubah seketika menjadi bahagia. Saya akhirnya selalu percaya,
kesedihan memang tiada artinya ketika hati telah pasrah kepadaNya. Hati yang
selalu berbaik-sangka pada Allah, ringan menjalani setiap cerita hidup yang
tak selalu berisi tawa, namun juga lara dan nestapa.

Karena itu saya tertegun sekali mendengar pengakuan seorang kawan yang
dulunya sangat religius kini mengaku tak beragama dan tak lagi bisa
merasakan kehadiran Tuhan dalam kehidupannya. Betapa hati manusia memang
mudah terbolak-balik. Saya tidak mengatakan kawan saya salah -mungkin itu
adalah bagian dari perjalanan hidupnya, tetapi saya bersyukur saya tetap
merasakan cinta Allah pada saya dan di usia saya, saya bisa menemukan
ketenangan dan kehadiran Allah dalam hidup saya.

Ketika umur semakin lanjut dan jiwa yang gelisah menemukan labuhannya,
apalagi yang dicari selain menikmati setiap zarrah nikmat Allah dengan
membaginya kepada mereka yang membutuhkan.

Salam Manis,
F e r o n a
http://www.goldoven.com

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment