Advertising

Saturday 10 July 2010

Re: [wanita-muslimah] Masalah permainan semantik dan Sebab2 runtuhnya Khilafah Islamiyah

kalo runtuhnya majapahit dan sriwijaya ? kok begitu mereka runtuh lantas
digantiin kerajaan kerajaan islam yah ?


salam,
papabonbon.wordpress.com


2010/7/11 H. M. Nur Abdurahman <mnur.abdurrahman@yahoo.co.id>

>
>
> KM wrote:
> Ditambah lagi dengan Sayidin Panatagama, Sayid Penata Agama. Lengkap sudah
> untuk dijadikan khalifah. Marilah pak HMNA dan mas Yudi berbaiat ke Khalifah
> yang sudah ada, Sultan Yogya.
>
> Wikan wrote:
> di Mataram malah sudah bikin kekhalifahan sendiri bahkan khalifahnya
> sendiri bergelar Panembahan Senopati Ing Alaga Khalifatullah Tanah Jawa
> sampai sekarang raja2 Yogyakarta juga merupakan khalifah tanah Jawa, bukan
> bagian dari kekhalifahan Turki
>
> lha nusantara kan gak cuman aceh saja pak, tapi juga jawa, kalimantan,
> sulawesi, maluku, irian dari sekian banyak pulau nusantara yang muslim
> kenapa cuman aceh saja yang diselematkan? padahal di jawa ada kerajaan
> islam, di sulawesi ada kerajaan islam, di maluku juga ada kerajaan islam
> kenapa hanya aceh yang diselamatkan, kalau memang benar turki mau
> menyelamatkan aceh? lha pak nur sendiri di makasar, apa juga dibantu sama
> turki waktu makasar dijajah belanda?
>
> Mia wrote:
> hubungan turki dengan aceh terbatas aceh sbg vassal, yaitu kerajaan
> subordinasi dari turki. Btw negara vassal bukan bagian dari negara dominan,
> tapi biasanya menyatakan kesetiaan dan bayar upeti..
>
> #######################################################
>
> HMNA:
> Tsumma takuwnu khilaafah 'alaa minhaaj an-nubuwwah (HR Ahmad), artinya:
> Selanjutnya akan datang kembali Khilafah berdasarkan metode Kenabian.
>
> Raja-raja Jawa walaupun pake gelar Khalifah, itu cuma permainan semantik.
> Kerajaan tanah Jawa tidak menyebut wilayah kerajaannya dengan Dar al-Islam
> (dibaca Darul Islam) atau Dar al-Salam (dibaca Darussalam).
> Raja-raja Jawa walaupun pake gelar Khalifah, itu cuma permainan semantik.
> Mereka tidak menterapkan minhaaj an-nubuwwah (metode Kenabian), tidak
> menterapkan Syari'at Islam dalam sistem Pemerintahan, melainkan metode
> Kejawen.
>
> Kenapa cuman aceh saja yang diselematkan, itu karena Aceh saja yang
> menterapkan minhaaj an-nubuwwah sebagai bagian dari Kesatuan Khilafah, yang
> sama sekali tidak mengenal itu yang disebut bayar upeti . Walaupun sekarang
> Khilafah sudah tidak ada lagi(*), namun Provinsi Aceh, Nanggroe Aceh
> Darussalam (NAD) tetap menterapkan minhaaj an-nubuwwah. Dan inilah latar
> belakangnya GAM bersedia bergabung lagi.
>
> Yang disebut Kerajaan-Kerajaan "Islam" di Nusantara, ini juga masalah
> semantik. Karena Kerajaan-Kerajaan "Islam" tersebt tidak menterapkan minhaaj
> an-nubuwwah (metode Kenabian), tidak menterapkan Syari'at Islam dalam sistem
> Pemerintahan, hanya penduduknya yang mayoritas beragama Islam, menjalankan
> ibadah mahdhah (ritual), maka istilah tepat adalah Kerajaan-Kerajaan Ummat
> Islam atau dengan singkat Kerajaan-Kerajaan Muslimin.
>
> Kerajaan-Kerajaan Muslimin itu bukanlah bagian dari Kesatuan Khilafah jadi
> tidak dibantu oleh Khilafah 'Utsmaniyah seperti halnya dengan Aceh.
>
> Banyak orang-orang yang ingkar sunnah, tidak percaya kepada Hadits terhadap
> yang berkeyakinan akan datang nanti Khilafah, sebagaimana Hadits yang
> diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang dikutip di atas itu. Mereka itu bahkan
> dengan sinis mengejek dengan mengatakan, kok bermimpi mau kembali mundur ke
> belakang.
>
> Saya tutup jawaban saya ini dengan ayat S. An-Nuwr, 24:55, dan sesudah ini
> saya tidak akan melayani lagi segala tetek bengek yang bernuansa mengejek
> Khilafah. Saya sudah sampaikan, terlepaslah saya dari dosa tidak
> menyampaikan. Terserah mau terima atau tidak, kita bisa akan lihat nanti
> insya Allah siapa yang benar dan siapa yang batil di Hari Pengadilan kelak.
>
> Inilah arti ayat S. An-Nuwr, 24:55 yang menjadi penutup da'wah saya:
>
> Allah menjanjikan orang-orang yang beriman dan beramal soleh dari kalangan
> kamu (Wahai umat Muhammad) Bahawa ia akan menjadikan mereka
> khalifah-khalifah Yang memegang Kuasa pemerintahan di bumi, sebagaimana ia
> telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka: khalifah-khalifah Yang
> berkuasa; dan ia akan menguatkan dan mengembangkan ugama mereka (ugama
> Islam) Yang telah diredhaiNya untuk mereka; dan ia juga akan menggantikan
> bagi mereka keamanan setelah mereka mengalami ketakutan (dari ancaman
> musuh). mereka terus beribadat kepadaKu dengan tidak mempersekutukan sesuatu
> Yang lain denganKu. dan (ingatlah) sesiapa yang kufur ingkar sesudah itu,
> maka mereka itulah orang-orang yang durhaka.
>
> Allah has promised, to those among you who believe and work righteous
> deeds, that He will, of a surety, grant them In the land, inheritance (of
> power), As He granted it to those before them; that He will establish In
> authority their Religion - the one which He has chosen for them; and that He
> will change (Their state), after the fear In which They (lived), to one of
> security and peace: 'They will worship me (alone) and not associate aught
> with Me. 'If any do reject Faith after this, They are rebellious and wicked.
> WaLlahu a'lamu bisshawab.
>
> *****************************************************
>
> http://www.eramuslim.com
>
> Sebab2 runtuhnya dan Urutan Khilafah Islamiyah
> Assalamualaikum wr. wb.
>
> 1. Pak Ustadz,ana minta dijelaskan sebab-sebab runtuhnya khilafah Islam
> yang terakhir di Turki tahun 1924.
> 2. Pak Ustadz, ana juga mohon summary urutan Khilafah Islamiyah pertama
> sampai khilafah terakhir 1924 di Tuki, termasuk tahunnya.
> 3. Adakah dalil al-Quran/Hadist, yang menjelaskan akan munculnya khilafah
> Islamiyah kembali, setelah berakhirnya khilafah terakhir di Turki?
>
> Atas jawaban Pak Ustadz, ana ucapkan terima kasih.
> Wassalamu'alaikum w.w.
> Nono Taryono
>
> Jawaban
>
> Ada begitu banyak analisa para pemikir dan pengamat tentang sebab-sebab
> jatuhnya khilafah Turki Utsmani pada tahun 1924. Baik yang bersifat lebih
> teknis maupun sebab-sebab yang bersifat lebih umum.
>
> Sebab-sebab secara teknis kita serahkan kepada para ahli sejarah, terutama
> sejarah Turki sendiri. Sedangkan yang akan kita bahas di sini adalah
> sebab-sebab secara umumnya saja.
>
> A. Sebab Ekternal
>
> Sudah kita ketahui bersama bahwa Khilafah Turki Utsmani kalah pada perang
> dunia pertama. Sebagai negara yang kalah perang, maka negeri itu dengan
> mudah ditindas, dirampok dan juga diperebutkan wilyahnya oleh para pemangsa
> dan lawan-lawannya.
>
> Sampai terjadi penghinaan yang begitu besar, di mana bangsa Turki yang
> secara geografis memang penduduk Eropa dilecehkan dengan ungkapan "The
> Sickman in Europe." Bahkan kata "turkey" dalam ungkapan mereka merupakan
> pelecehan, yang artinya ayam kalkun.
>
> Pahlawan dan tokoh muslim Turki pun tidak luput dari penghinaan. Salah
> satunya adalah Barbarossa si Janggut Merah. Di dalam cerita Asterik, tokoh
> Barbarosssa muncul sebagai bajak laut yang bodoh. Padahal beliau adalah
> pahlawan Islam di masanya dan pelaut kafir Eropa sangat takut dengan
> angkatan perangnya.
>
> B. Sebab Internal
>
> Penjajahan barat terhadap Turki semakin menusuk tatkala mereka berhasil
> meraih generasi muda Turki dengan pendidikan ala barat. Tentu saja semua itu
> untuk mendapatkan satu tujuan, yaitu sekulerisasi selapis generasi. Maka
> lahirlah kemudian generasi baru yang anti Islam, Islamo-phobia, sekuler,
> liberal dan berotak barat.
>
> Mereka inilah yang kemudian didukung oleh Eropa untuk menumbangkan lembaga
> khilafah Islamiyah. Tercatat tokohnya adalah Mustafa Kemal Ataturk yang
> terlaknat. Sosok ini telah berhasil menumbangkan khilafah pada tahun 1924
> lewat gerakan Turki Muda.
>
> Sayangnya, hujaman belati mematikan ini justru masuk ke dalam pelajaran
> sejarah di negeri kita sebagai kebangkitan, bukan sebagai kejahatan.
> Rupanya, jaring-jaring kerja bangsa-bangsa kafir itu sedemikian luas,
> sehingga sosok Kemal Ataturk yang zhalim itu, justru muncul dalam buku
> sejarah kita sebagai pahlawan.
>
> Padahal Kemal telah melakukan dosa yang bahkan Iblis pun tidak pernah
> melakukannya. Yaitu menumbangkan satu rangkaian khilafah Islamiyah yang
> terakhir. Padahal belum pernah sebelumnya umat Islam di dunia hidup tanpa
> naungan khilafah.
>
> Sebab khilafah sudah ada sejak zaman Rasululullah SAW hidup, yakni sejak 15
> abad yang lalu. Selama itu, umat Islam belum pernah hidup tanpa ada
> khilafah. Iblis dan para jin tidak pernah mampu menumbangkannya. Tiba-tiba
> seorang sekuleris yang nota bene agamanya masih Islam(?), malah
> menumbangkannya. Walhasil, sejak jatuhnya khilafah Turki, umat Islam masuk
> dalam bid'ah kubro. Sebuah bid'ah teramat besar yang melebihi semua jenis
> bid'ah yang pernah ada. Dan tentunya sangat dibenci dan dimurkai. Sebuah
> bid'ah berupa umat Islam hidup tanpa naungan khilafah.
>
> Urutan Khilafah Sepanjang Sejarah Islam
>
> Dengan wafatnya Rasulullah SAW pada tahun 623 M, umat Islam segera membaiat
> Abu Bakar ra sebagai pengganti beliau. Istilah pengganti ini dalam bahasa
> Arab adalah khalifah. Lengkapnya, khalifatu rasulillah atau pengganti
> Rasulullah. Maksudnya bukan menggantikan posisi kenabian Muhammad SAW,
> melainkan posisi beliau SAW sebagai pemimpin tertinggi umat Islam. Sebab
> nabi kita itu selain sebagi nabi, juga berperan sebagai pemimpin tertinggi
> umat Islam.
>
> Selain itu, ada juga sebutan lain buat posisi tertinggi umat Islam sedunia,
> yaitu istilah Amirul Mukminin. Artinya adalah pemimpin umat Islam.
>
> 1. Khilafah Rasyidah
>
> Khilafah Rasidah berdiri tepat di hari wafatnya Rasululllah SAW. Terdiri
> dari 4 orang atau 5 orang shahabat nabi yang menjadi khalifah secara
> bergantian. Mereka adalah:
>
> Abu Bakar ash-Shiddiq ra (tahun 11-13 H/632-634 M)
> 'Umar bin Khaththab ra (tahun 13-23 H/634-644 M)
> 'Utsman bin 'Affan ra (tahun 23-35 H/644-656 M)
> 'Ali bin Abi Thalib ra (tahun 35-40 H/656-661 M) dan
> Al-Hasan bin 'Ali ra (tahun 40 H/661 M)
>
> Masa berlakunya selama kurang lebih 30 tahun. Disebut juga sebagai khilafah
> rasyidah karena posisi mereka sebagai shahabat nabi yang mendapat petunjuk.
> Dan memang ada pesan dari nabi untuk mentaati para khalifah rasyidah ini.
>
> 2. Khilafah Bani Umayyah
>
> Khilafah ini berpusat di Syiria, tepatnya di kota Damaskus. Berdiri untuk
> masa waktu sekitar 90 tahun atau tepatnya 89 tahun, setelah era Khilafah
> Rasyidah selesai. Khalifah pertama adalah Mu'awiyyah. Sedangkan khalifah
> terakhir adalah Marwan bin Muhammad bin Marwan bin Hakam. Adapun masa
> kekuasaan mereka sebagai berikut:
>
> Mu'awiyyah bin Abi Sufyan (tahun 40-64 H/661-680 M)
> Yazid bin Mu'awiyah (tahun 61-64 H/680-683 M)
> Mu'awiyah bin Yazid (tahun 64-65 H/683-684 M)
> Marwan bin Hakam (tahun 65-66 H/684-685 M)
> Abdul Malik bin Marwan (tahun 66-86 H/685-705 M)
> Walid bin 'Abdul Malik (tahun 86-97 H/705-715 M)
> Sulaiman bin 'Abdul Malik (tahun 97-99 H/715-717 M)
> 'Umar bin 'Abdul 'Aziz (tahun 99-102 H/717-720 M)
> Yazid bin 'Abdul Malik (tahun 102-106 H/720-724M)
> Hisyam bin Abdul Malik (tahun 106-126 H/724-743 M)
> Walid bin Yazid (tahun 126 H/744 M)
> Yazid bin Walid (tahun 127 H/744 M)
> Ibrahim bin Walid (tahun 127 H/744 M)
> Marwan bin Muhammad (tahun 127-133 H/744-750 M)
>
> 3. Khilfah Bani Abbasiyah
>
> Kemudian kekhilafahan beralih ke tangan Bani 'Abasiyah yang berpusat di
> Baghdad. Total masa berlaku khilafah ini sekitar 446 tahun. Khalifah pertama
> adalah Abu al-'Abbas al-Safaah. Sedangkan khalifah terakhirnya Al-Mutawakil
> 'Ala al-Allah.
>
> Secara rinci masa kekuasaan mereka sebagai berikut:
>
> Abul 'Abbas al-Safaah (tahun 133-137 H/750-754 M)
> Abu Ja'far al-Manshur (tahun 137-159 H/754-775 M)
> Al-Mahdi (tahun 159-169 H/775-785 M)
> Al-Hadi (tahun 169-170 H/785-786 M)
> Harun al-Rasyid (tahun 170-194 H/786-809 M)
> Al-Amiin (tahun 194-198 H/809-813 M)
> Al-Ma'mun (tahun 198-217 H/813-833 M)
> Al-Mu'tashim Billah (tahun 618-228 H/833-842M)
> Al-Watsiq Billah (tahun 228-232 H/842-847 M)
> Al-Mutawakil 'Ala al-Allah (tahun 232-247 H/847-861 M)
> Al-Muntashir Billah (tahun 247-248 H/861-862 M)
> Al-Musta'in Billah (tahun 248-252 H/862-866 M)
> Al-Mu'taz Billah (tahun 252-256 H/866-869 M)
> Al-Muhtadi Billah (tahun 256-257 H/869-870 M)
> Al-Mu'tamad 'Ala al-Allah (tahun 257-279 H/870-892 M)
> Al-Mu'tadla Billah (tahun 279-290 H/892-902 M)
> Al-Muktafi Billah (tahun 290-296 H/902-908 M)
> Al-Muqtadir Billah (tahun 296-320 H/908-932 M)
> Al-Qahir Billah (tahun 320-323 H/932-934 M)
> Al-Radli Billah (tahun 323-329 H/934-940 M)
> Al-Muttaqi Lillah (tahun 329-333 H/940-944 M)
> Al-Musaktafi al-Allah (tahun 333-335 H/944-946 M)
> Al-Muthi' Lillah (tahun 335-364 H/946-974 M)
> Al-Tha`i' Lillah (tahun 364-381 H/974-991 M)
> Al-Qadir Billah (tahun 381-423 H/991-1031 M)
> Al-Qa`im Bi Amrillah (tahun 423-468 H/1031-1075 M)
> Al-Mu'tadi Bi Amrillah (tahun 468-487 H/1075-1094 M)
> Al-Mustadhhir Billah (tahun 487-512 H/1094-1118 M)
> Al-Mustarsyid Billah (tahun 512-530 H/1118-1135 M)
> Al-Rasyid Billah (tahun 530-531 H/1135-1136 M)
> Al-Muqtafi Liamrillah (tahun 531-555 H/1136-1160 M)
> Al-Mustanjid Billah (tahun 555-566 H/1160-1170 M)
> Al-Mustadli`u Biamrillah (tahun 566-576 H/1170-1180 M)
> Al-Naashir Lidinillah (tahun 576-622 H/1180-1225 M)
> Al-Dhahir Biamrillah (tahun 622-623 H/1225-1226 M)
> Al-Mustanshir Billah (tahun 623-640 H/1226-1242 M)
> Al-Musta'shim Billah (tahun 640-656 H/1242-1258 M)
> Al-Mustanshir Billah II (tahun 660-661 H/1261-1262 M)
> Al-Haakim Biamrillah I (tahun 661-701 H/1262-1302 M)
> Al-Mustakfi Billah I (tahun 701-732 H/1302-1334 M)
> Al-Watsiq Billah I (tahun 732-742 H/1334-1343 M)
> Al-Haakim Biamrillah II (tahun 742-753 H/1343-1354 M)
> Al-Mu'tadlid Billah I (753-763 H/1354-1364 M)
> Al-Mutawakil 'Ala al-Allah I (th. 763-785 H/1364-1386 M)
> Al-Watsir Billah II (tahun 785-788 H/1386-1389 M)
> Al-Musta'shim (tahun 788-791 H/1389-1392 M)
> Al-Mutawakil 'Ala al-Allah II (th. 791-808 H/1392-1409 M)
> Al-Musta'in Billah (tahun 808-815 H/1409-1416 M)
> Al-Mu'tadlid Billah II (tahun 815-845 H/1416- 1446 M)
> Al-Mustakfi Billah II (tahun 845-854 H/1446-1455 M)
> Al-Qa`im Biamrillah (tahun 754-859 H/1455-1460 M)
> Al-Mustanjid Billah (tahun 859-884 H/1460-1485 M)
> Al-Mutawakil 'Ala al-Allah III (th 884-893 H/1485-1494 M)
> Al-Mutamasik Billah (tahun 893-914 H/1494-1515 M)
> Al-Mutawakil 'Ala al-Allah IV (th 914-918 H/1515-1517 M)
>
> Khilafah Bani Abbasiyah dihancurkan oleh pasukan Tartar (Mongol), sehingga
> umat Islam sempat hidup selama 3,5 tahun tanpa adanya khalifah. Namun kurun
> waktnya hanya terpaut 3 tahun setengah saja dan segera berdiri khilafah
> Utsmaniyah.
>
> 4. Khilafah Bani Utsmaniyyah
>
> Khilafah Bani Utsmaniyyah tercatat memiliki 30 orang khalifah, yang
> berlangsung mulai dari abad 10 Hijriyah atau abad ke enam belas Masehi.
> Nama-nama mereka sebagai berikut:
>
> Salim I (tahun 918-926 H/1517-1520 M)
> Sulaiman al-Qanuni (tahun 926-974 H/1520-1566 M)
> Salim II (tahun 974-982 H/1566-1574 M)
> Murad III (tahun 982-1003 H/1574-1595 M)
> Muhammad III (tahun 1003-1012 H/1595-1603 M)
> Ahmad I (tahun 1012-1026 H/1603-1617 M)
> Mushthafa I (tahun 1026-1027 H/1617-1618 M)
> 'Utsman II (tahun 1027-1031 H/1618-1622 M)
> Mushthafa I (tahun 1031-1032 H/1622-1623 M)
> Murad IV (tahun 1032-1049 H/1623-1640 M)
> Ibrahim I (tahun 1049-1058 H/1640-1648 M)
> Muhammad IV (tahun 1058-1099 H/1648-1687 M)
> Sulaiman II (tahun 1099-1102 H/1687-1691 M)
> Ahmad II (tahun 1102-1106 H/1691-1695 M)
> Mushthafa II (tahun 1106-1115 H/1695-1703 M)
> Ahmad III (tahun 1115-1143 H/1703-1730 M)
> Mahmud I (tahun 1143-1168 H/1730-1754 M)
> 'Utsman III (tahun 1168-1171 H/1754-1757 M)
> Musthafa III (tahun 1171-1187 H/1757-1774 M)
> 'Abdul Hamid I (tahun 1187-1203 H/1774-1789 M)
> Salim III (tahun 1203-1222 H/1789-1807 M)
> Musthafa IV (tahun 1222-1223 H/1807-1808 M)
> Mahmud II (tahun 1223-1255 H/1808-1839 M)
> 'Abdul Majid I (tahun 1255 H-1277 H/1839-1861 M)
> 'Abdul 'Aziz I (tahun 1277-1293 H/1861-1876 M)
> Murad V (tahun 1293-1293 H/1876-1876 M)
> 'Abdul Hamid II (tahun 1293-1328 H/1876-1909 M)
> Muhammad Risyad V (tahun 1328-1338 H/1909-1918 M)
> Muhammad Wahiddin (II) (th. 1338-1340 H/1918-1922 M)
> 'Abdul Majid II (tahun 1340-1342 H/1922-1924 M).
>
> Khalifah terakhir umat Islam sedunia adalah 'Abdul Majid II. Semenjak
> tumbangnya khilafah terakhir ini, berarti umat Islam telah hidup lebih dari
> selama (2010-1924= 86 tahun) tanpa keberadaan lembaga yang menyatukan.
>
> Kepastian Kembalinya Khilafah
>
> Lepas dari realitas di lapangan yang kurang menggembirakan, di mana umat
> Islam saat in menjadi budak barat, kekayaan alam mereka dijarah, ekonomi
> mereka terpuruk, nilai mata uang mereka sangat rendah, hutang luar negeri
> mereka bertumpuk tak terbayar, pemuda mereka dirusak, wanita mereka menjadi
> hamba syahwat, bahkan masih ditambah lagi dengan rombongan Islam liberal dan
> sebagainya, namun masih ada harapan.
>
> Kita masih menemukan satu hadits dari Rasulullah SAW yang cukup melegakan,
> yaitu kabar gembira dari beliau bahwa suatu saat, khilafah ini akan kembali
> terbentuk, bahkan dengan kualitasnya yang rasyidah itu.
>
> Sabda Rasulullah saw, "Kemudian akan tegak Khilafah Rasyidah yang sesuai
> dengan manhaj Nabi".
>
> Namun tentunya khilafah ini tidak akan terbentuk begitu saja, bila hanya
> dengan doa dan diam saja. Atau hanya dengan bicara dan demonstrasi saja.
> Setiap umat Islam meski bersinergi untuk saling menguatkan dan saling
> menyokong semua upaya untuk kembali kepada khilafah Islamiyah.
>
> Sebab setiap elemen umat punya potensi yang mungkin tidak dimiliki oleh
> saudaranya. Maka seruan untuk kembali kepada khilafah seharusnya bukan
> sekedar lips service, namun harus diiringi dengan kerja nyata, pembinaan dan
> pengkaderan 1,5 milyar umat, pendirian lembaga pendidikan dan sekian banyak
> pos-pos penting umat. Lantas diiringi juga dengan kebesaran hati,
> keterbukaan sikap serta jiwa kepemimpinan dunia Islam yang mumpuni.
>
> Semoga Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat menyaksikan
> beridirnya khilafah Islamiyah semasa kita hidup. Sungguh sebuah kepuasan
> yang dimpikan oleh dunia Islam selama ini. Amien.
>
> Wallahu a'lam bishshawab wassalamu 'alaikum warahmatullahi warabaraktuh.
>
> Ahmad Sarwat, Lc. (seorang ulama bukan Hizbut Tahrir -HMNA-)
>
> ***************************************************
>
> Inilah sosok Mustafa Kemal Ataturk
>
> After a while, Mustafa Kemal started, slowly, his anti-Islamic reforms..
> The man who had been saying that "The Qur'an was the Constitution" was now
> saying "We do not receive our laws from the sky" referring to the Qur'anic
> revelations... In order to achieve his anti-Islamic reforms, he did not
> hesitate to use force, terror, gallows, torture, prison, etc...
>
> TIME, July 2, 1928, p. 17
>
> Awful Desecration
>
> Enough to set hairs a-standing on pious Mohammedans heads would be a
> proposal to cover the broad, flat floors of mosques with hateful, heathen
> pews.
>
> Pews would prevent squatting in the traditional attitude of prayer. Pews
> would obstruct reverent foreheads from bending down to touch the floor of
> the House of Allah. Pews would be an awful desecration -as awful as though
> heathen Christians should not don slippers before entering a mosque, and
> thus pollute the floor.
>
> However, since the present ruling class of Young Turks are not pious
> Mohammedans, it was natural, last week, that the Commission on Religious
> Reform, recently appointed by President Mustafa Kemal Pasha should
> recommend:
>
> 1) Pews to cover the floor of every mosque;
> 2) abolition of the mosque slipper and prayer rug;
> 3) installation of organs, choirs.
>
> Observers of the Young Turks' successful occidentalization of Turkey
> marveled, once more, at the docility of the Turkish masses, which have
> abandoned the fez, ceased to contract polygamous marriages, and now seem
> prepared to alter the fundamental rites of their religion - all this within
> ten years.
>
> The Emergence of Modern Turkey, Bernard Lewis, 1965, p. 408
>
> The recommendations of the committee, for the achievement of this purpose,
> was grouped under four headings. The first, 'the form of worship', speaks of
> the need for clean and orderly mosques, with pews and cloakrooms. 'People
> must be urged to enter into them with clean shoes.' The second, on 'the
> language of worship', insists that this must be Turkish, and that all
> prayers and sermons should not be in Arabic but in the national language.
> The third, on 'the character of worship', seeks to make worship beautiful,
> inspiring, and spiritual. For this the mosque needs trained musicians and
> also musical instruments. 'The need is urgent for modern and sacred
> instrumental music.' The fourth, and last, deals with 'the thought side of
> worship'. Printed, set sermons must be replaced by real religious guidance,
> which only preachers with the necessary philosophic training would be
> competent to give.
>
> ---------------------------------
>
> TIME, January 9, 1933, p. 64
>
> Squinting skyward last week, Turks looked for the new moon. When they
> should see it Ramadan would begin. Ramadan the mystic month in which the
> Koran was revealed to Prophet Mohammed. This year the first glint of the new
> moon had a special, dread significance. Turks had been ordered by their
> stern dictator, Mustafa Kemal Pasha who made them drop the veil and the fez
> (TIME, Feb. 15, 1926 et seq.), that beginning with Ramadan they must no
> longer call their god by his Arabic name, Allah.
>
> No godly man, Dictator Kemal considers that there is no reason why Turks
> should not call Allah by his Turkish name Tanri. There is no reason except
> centuries of tradition, no reason except that Turkish imams (priests) all
> know the Koran by heart in Arabic while few if any have memorized it in
> Turkish. Strict to the point of cruelty last week was Dictator Kemal's
> decree that muezzins, calling the faithful to prayer from the top of
> Turkey's minarets, must shout not the hallowed "Allah Akbar!" (Arabic for
> "God is Great!") but the unfamiliar words "Tanri Uludur!" which mean the
> same thing in Turkish.
>
> When imams threatened to suspend services in the mosques and hide the
> prayer rugs, the Government announced that it was holding 400 brand-new
> prayer rugs in reserve, threatened to produce "newly trained muezzins who
> know the Koran in Turkish and are ready to jump into the breach."
>
> Nearer & nearer crept the moon to crescent. Ramadan was almost upon Turkey
> when officials of the Department of Culture (which includes religion)
> screwed up their courage and told Dictator Kemal that he simply could not
> change the name of Turkey's god - at least not last week. Already several
> muezzins had been thrown into jail for announcing that they would continue
> to shout "Allah Akbar!" The populace was getting ugly, obviously sympathized
> with the Allah-shouters.
>
> Abruptly Dictator Kemal yielded "Let them pray as they please, temporarily"
> he growled. Beaming, his Minister rushed off to proclaim the glad respite
> only a few hours before the new moon appeared. "On account of the general
> unpreparedness of muezzins and imams," they suavely declared, "prayers may
> be offered and the Koran recited in Arabic during the present month of
> Ramadan, but discourse by the imams must be in Turkish."
>
> During Ramadan all Moslems are especially irritable because they eat
> nothing during the hours of daylight. After the fasting is over Turks will
> be more tractable, may accept from their Dictator a new name for their God.
>
> ---------------------------------
>
> TIME, February 20, 1933, p. 18
>
> Word for God
>
> A hard father to his people, Mustafa Kemal told his Turks last December
> that they must forget God in the Arabic language (Allah), learn Him in
> Turkish (Tanri). Admitting the delicacy of renaming a 1300-year-old god,
> Kemal gave the muezzins a time allowance to learn the Koran in Turkish. Last
> week in pious Brusa, the "green city," a muezzin halloed "Tanri Uludur" from
> one of the minarets whence Brusans had heard "Allah Akbar" since the 14th
> Century. Raging at Kemal Pasha's god, they mobbed the muezzin, mobbed the
> police who came to save him.
>
> Quick to defend his new word for God, quicker to show new Turkey the fate
> of the old-fashioned, Kemal the Ghazi, "the Victorious One," pounced on
> Brusa, had 60 of the faithful arrested, ousted the Mufti (ecclesiastical
> judge) of the Ouglubjami mosque and decreed that henceforth God was Tanri.
>
> --------------------------------
>
> TIME, February 15, 1926, pp. 15-16
>
> "Turkey presents today the most promising and challenging field on the face
> of the earth for missionary service." Thus wrote James L. Barton, missionary
> executive, in last week's issue of 'Christian Work.' But first he summarized
> the revolutionary changes in Turkey since 1923. The changes:
>
> For a hundred years Christian missionaries have struggled hopelessly to
> capture the hearts of the Calif-awed Turks. They had come, said Mr. Barton,
> to suspect that "the Moslem was outside the sphere of the operation of
> divine grace."
>
> ---------------------------------
>
> Turkey, Emil Lengyel, 1941, pp. 140-141
>
> During the early days of Kemal's career, many of his followers were under
> the impression that he was a champion of Islam and that they were fighting
> the Christians. "Ghazi, Destroyer of Christians" was the name they gave him.
> Had they been aware of his real intentions, they would have called him
> "Ghazi, Destroyer of Islam."
>
> ---------------------------------
>
> Grey Wolf, Mustafa Kemal, An Intimate Study of a Dictator, H.C. Armstrong,
> 1934
>
> He was drinking heavily. The drink stimulated him, gave him energy, but
> increased his irritability. Both in private and public he was sarcastic,
> brutal and abrupt. He flared up at the least criticism. He cut short all
> attempts to reason with him. He flew into a passion at the least opposition.
> He would neither confide in nor co-operate with anyone. When one politician
> gave him some harmless advice, he roughly told him to get out. When a
> venerable member of the Cabinet suggested that it was unseemly for Turkish
> ladies to dance in public, he threw a Koran at him and chased him out of his
> office with a stick.
>
> p. 241:
>
> "For five hundred years these rules and theories of an Arab sheik," he
> said, "and the interpretations of generations of lazy, good-for-nothing
> priests have decided the civil and the criminal law of Turkey."
>
> "They had decided the form of the constitution, the details of the lives of
> each Turk, his food, his hours of rising and sleeping, the shape of his
> clothes, the routine of the midwife who produced his children, what he
> learnt in his schools, his customs, his thoughts, even his most intimate
> habits."
>
> "Islam, this theology of an immoral Arab, is a dead thing." Possibly it
> might have suited tribes of nomads in the desert. It was no good for a
> modern progressive State.
>
> "God's revelation!" There was no God. That was one of the chains by which
> the priests and bad rulers bound the people down.
>
> "A ruler who needs religion to help him rule is a weakling. No weakling
> should rule.."
>
> And the priests! How he hated them. The lazy, unproductive priests who ate
> up the sustenance of the people. He would chase them out of their mosques
> and monasteries to work like men.
>
> Religion! He would tear religion from Turkey as one might tear the
> throttling ivy away to save a young tree.
>
> p. 243
>
> Further, it was public knowledge that he was irreligious, broke all the
> rules of decency, and scoffed at sacred things. He had chased the
> Sheik-ul-Islam, the High Priest of Islam, out of his office and thrown the
> Koran after him. He had forced the women in Angora to unveil. He had
> encouraged them to dance body close to body with accursed foreign men and
> Christians.
>
> ---------------------------------
>
> Turkey, Emil Lengyel, 1941, p. 134
>
> Kemal cared nothing about Allah; he was interested in himself and in
> Turkey. He hated Allah and made him responsible for Turkey's misfortune. It
> was Allah's tyrannical rule that paralyzed the hands of the Turk. But he
> knew that Allah was real to the Turkish peasant, while nationalism meant
> nothing to him. He decided, therefore, to draft Allah into his service as
> the publicity director of his national cause. Through Allah's aid his people
> must cease to be Mohammedans and become Turks. Then, after Allah had served
> Kemal's purpose, he could discard him.
>
> ---------------------------------
>
> Ataturk, The Rebirth of a Nation, Lord Kinross, 1965, p. 437
>
> For Kemal, Islam and civilization were a contradiction in terms. "If only,"
> he once said of the Turks, with a flash of cynical insight, "we could make
> them Christians!" His was not to be the reformed Islamic state for which the
> Faithful were waiting: it was to be a strictly lay state, with a centralized
> Government as strong as the Sultan's, backed by the army and run by his own
> intellectual bureaucracy.
>
> p. 470:
>
> The cleavage in his musical tastes emerged in Istanbul, where he once had
> two orchestras, one Turkish and one European, brought to the Park Hotel. He
> listened with constant interruptions, commanding one to stop and the other
> to play in turn. Finally, as the raki took effect, he lost patience and rose
> to leave the restaurant, saying, "Now if you like you can both play
> together." Another evening, incensed by the sound of the muezzin from a
> mosque opposite, which clashed with the dance-band, he ordered its minaret
> to be felled - one of those orders which was countermanded next morning.
>
> ---------------------------------
>
> Ataturk, The Rebirth of a Nation, Lord Kinross, 1965, p. 365
>
> Some confusion as to his identity persisted, however, for some years to
> come. Inspecting some soldiers in Anatolia, Kemal once asked, "Who is God
> and where does He live?"
> The soldier, anxious to please, replied, "God is Mustafa Kemal Pasha. He
> lives in Angora."
> "And where is Angora?" Kemal asked.
> "Angora is in Istanbul," was the reply.
> Farther down the line he asked another soldier, "Who is Mustafa Kemal?"
> The reply was, "Our Sultan."
>
> -Irfan Orga: Phoenix Ascendant.
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>


[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
wanita-muslimah-digest@yahoogroups.com
wanita-muslimah-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

0 comments:

Post a Comment