Advertising

Sunday 18 July 2010

Re: [wanita-muslimah] Seri 932. Dua Peristiwa di Bulan Rajab

= satu, hari pertama, Isnain/Senin = 2, hari kedua, tsalatsa/Selasa =3, hari ketiga, Arbaa/Rabu = 4, hari keempat, khamzah/Kamis =5 hari kelima, Jum'at = hari berkumpul untuk Shalat Jum'at, sab'a/Babtu =7 hari ketujuh
---

Diatas bukan sistem kalender jawa : sistem hari jawa Pon, Pahing, kliwon, legin Wage. Stelah Islam dan kebudayaan arab masuk ke jawa terjadi perpaduan antara Kalender Arab (Hijri) dan Kalender Jawa.

Tadinya cuma ada Pasar Kliwon, Pasar Wage dst. Setelah keb Arab/India masuk ada Pasar Senin, Pasar Rebo, Pasar Minggu, Pasar Jum'at, Pasar Kamis.

Pasar jaman dulu cuma sepasar sekali kemudian dipadu sepekan sekali (pekan bhs jawa artinya pasar). Pekan Raya Jakarta itu harusnya seminggu saja bukan sebulan.

Hitungan jumlah hari dari jumat kliwon ke jumat kliwon yad ada 36 hari, tapi orang sekarang biar gampang ngitung dijadikan 40 hari.

Pak HMNA disuap sendiri saja biar kekenyangan.

Semoga Bapak HMNA diberi Ampunan dan Petunjuk dari "Anna al-Haqq"

Wassalam



+6281288882828 (sms only) Powered by FuntooBerry®

-----Original Message-----
From: "H. M. Nur Abdurahman" <mnur.abdurrahman@yahoo.co.id>
Sender: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Date: Sun, 18 Jul 2010 19:38:45
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Reply-To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: [wanita-muslimah] Seri 932. Dua Peristiwa di Bulan Rajab

----- Original Message -----
From: "TJ-sTs" <x1123@gmx.com>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, July 18, 2010 10:22
Subject: Re: [wanita-muslimah] Seri 932. Dua Peristiwa di Bulan Rajab


Ustadz HMNA

Persoalannya adalah. Mengapa parameternya 5 dan 7. Padahal di dunia ini ada sistem kalender yang memiliki jumlah hari 5. Mengapa pake 7 kenapa tidak pake 365 jumlah hari dalam setahun atau 24 junlah jam dalam satu hari, atau pake 168 jumlah jam dalam satu minggu.
################################################################################
HMNA:
Coba baca baik-baik saya copas dari Seri 932:
Susunan jumlah raka'at tersebut: 24434. Dilakukan istinbath pada angka 24434, dengan pakai parameter angka 5 (jumlah waktu shalat wajib) dan 7 (jumlah hari dalam sepekan), serta 17 (jumlah Raka'at dalam sehari semalam).. Apa mesti disuapi, bahwa angka-angka 5, 7 dan 17 termasuk dalam sistem Shalat ? Tidak ada hubungannya sistem kalender apa itu sistem Gregorius(*), atau sistem Kejawen tidak ada hari nyepi setiap Paing misalnya. Ada 7 hari, karena setiap 7 hari ada upacara shalat berjama'ah. Ahad = satu, hari pertama, Isnain/Senin = 2, hari kedua, tsalatsa/Selasa =3, hari ketiga, Arbaa/Rabu = 4, hari keempat, khamzah/Kamis =5 hari kelima, Jum'at = hari berkumpul untuk Shalat Jum'at, sab'a/Babtu =7 hari ketujuh
--------------------------
(*)
Pada tahun 1582 M. atas inisiatif Paus Gregorius XIII diadakanlah revisi penanggalan Masehi. Hasilnya ialah tanggal 5 Oktober 1582 M. harus dianggap 15 Oktober 1582 M. Artinya tanggal 6,7,8,9,10,11,12,13 dan 14 Oktober 1582 M. (9 hari) itu dianggap tidak pernah ada. Penanggalan Masehi yang sudah direvisi ini disebut Penanggalan Gregorius (Gregorian Calendar). Kalau penaggalan Julius dengan segera diterima di seluruh kerajaan Romawi, maka penanggalan Gregorius itu, yang diadopsi dari penaggalan Julius (Julian Calendar) kurang beruntung nasibnya. Mengapa? Karena revisi ini dilakukan setelah reformasi. Maka kerajaan-kerajaan beragama Protestant tidak mau mengikutinya. Juga di kerajaan-kerajaan mantan Romawi Timur yang bergama Katholik Yunani (Russian Orthodox Church) tidak mengikutinya, bahkan hingga dewasa ini, tetap tidak mempergunakan Gregorian Calendar. Tidak sama halnya dengan kerajaan-kerajaan Protestan yang akhirnya menerima Gregorian Calendar ini. Skotlandia mulai menerima dalam tahun 1600 M., Jerman tahun 1700 M., Inggeris tahun 1751 M. dan Rusia baru pada tahun 1918, tidak termasuk Russian Orthodox Church (ROC). Itulah sebabnya perayaan Natal dan Tahun baru ROC hingga dewasa ini mundur 9 hari, karena ROC menganggap yang 9 hari tidak pernah hilang. Artinya 25 Desember bagi ROC itu 3 Januari internasional dan 1 Januari bagi RCT itu 10 Januari internasional. Jadi kalau dalam kalangan ummat Islam hanya sekali-sekali terjadi perbedaan 1 hari antara ahlu ru"yah dengan ahlu hisab, maka setiap tahun dalam kalangan ummat Nashrani setiap tahun terjadi perbedaan 9 hari antara ROC dengan yang lainnya.
#############################################################################################


Itu yg dimaksud OOG. Beda dengan dalil Phytagoras sebesar apapun bentuknya a2+b2=c2 angka dua dibaca pangkat dua/kuadrat. Rumus ini TAAT AZAS.

Saya tidak tahu berapa jumlah hari Standard dalam satu pekan pada Kaelender Hijriah yg Qamariah. Jumlah hari 7 dalam satu Pekan adalah standard Gregorian
########################################################################
HMNA:
7 dalam satu Pekan adalah standard Gregorian? Itu Paus Gregorius XIII, yang sebelum menjabat Paus disebut Kardinal Hildebrand hidup dalam abad ke-16 ((1572 - 1585)). Ummat Islam Shalat Jum'at sekali dalam 7 hari. Lalu bagaimana bisa jadi 7 hari sepekan itu standard Gregorian?
##########################################################################

Kalo HMNA pake patokan Kalender Gregorian, hasilnya pasti dogol juga.

Semoga HMNA diberikan petunjuk.

Salam
./STS

[Non-text portions of this message have been removed]


[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
wanita-muslimah-digest@yahoogroups.com
wanita-muslimah-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

0 comments:

Post a Comment