Advertising

Friday 9 July 2010

Re: [wanita-muslimah] Suicide bomb kills 48

 

"sunny" wrote:
1. Apakah mereka yang menjadi pembom bunuh diri yang mati adalah mati syahid?
2. Bagiamana dengan para korbannya yang mati?
######################################################################
HMNA:
1. Tergantung niat pelakunya, apa tujuannya, dalam situasi bagaimana dan terhadap siapa dilakukan.
Fatwa Asy-Syaikh Hamud Bin Uqla Asy-Syu'aibi Tentang Bom Syahid:

Pertanyaan:
Mujahidin di Palestina, Chechnya dan selain keduanya di negeri-negeri Muslim melaksanakan Jihad demi mengalahkan musuh-musuh mereka dengan satu methode yang disebut Istisyhadiyah. Operasi Istisyhadiyah ini dilakukan dengan cara mengikatkan bahan peledak pada tubuh mereka, atau diletakkan dalam kantongnya atau alat-alat yang ada pada dirinya atau juga dalam mobilnya yang dipenuhi dengan explosive kemudian meledakkan dirinya ditengah sekumpulan musuh atau tempat-tempat musuh dan yang semisalnya, atau dengan berpura-pura menyerah kepada musuh kemudian dia meledakkan dirinya dengan tujuan memperoleh kesyahidan dan memerangi musuh serta menimbulkan kerugian pada mereka.
Bagaimanakah hukum operasi seperti itu? Dan apakah hal tersebut termasuk perbuatan bunuh diri ? Apapula perbedaan antara bunuh diri dan operasi Istisyhadiyah ?.Jazaakumullahu Khair, dan semoga Allah memberikan ampunan-Nya kepada anda.

Jawab :
Segala puji bagi Allah, Rabb (Tuhan) semesta alam,shalawat dan Salam atas semulia-mulia Nabi dan Rasul, nabi kita Muhammad SAW, juga atas keluarganya dan sahabatnya,seluruhnya. Selanjutnya:
Sebelum menjawab pertanyaan ini, seyogyanya anda mengetahui bahwa operasi yang disebut ini, merupakan masalah semasa (kontemporer) yang dimasa lalu methode seperti ini tidak didapati. Dan memang setiap zaman memiliki karakteristik permasalahan tersendiri yang timbul di zaman itu. Karena itu para ulama berijtihad dengan memperhatikan nash-nash dan keumumannya, serta perbincangan mengenai hal tersebut dan fakta-fakta yang menyerupainya juga, bagaimana fatwa Ulama Salaf mengenai hal berkenaan.

Firman Allah:
"Tiadalah Kami alpakan sesuatupun di dalam Al Kitab" (Al-An'am : 3)

Dan Rasulullah SAW bersabda tentang Al-Qur'an:
"Di dalamnya terdapat keputusan terhadap urusan di antara kalian"

Amaliyah (operasi) Istisyhadiyah yang tersebut di atas adalah amalan Masyru' (disyari'atkan dalam Islam) dan merupakan bagian dari Jihad Fie Sabilillah jika pelakunya memiliki niat yang ikhlas. Operasi inipun termasuk methode yang paling berhasil dalam Jihad Fie Sabilillah melawan musuh-musuh Islam dan kaum Muslimin, karena dengan wasilah seperti terjadilah kerugian dan kerusakan pada musuh-musuh Islam dan kaum Muslimin, baik berupa terbunuhnya atau terlukanya musuh-musuh Islam dan Muslimin, sekaligus menimbulkan kengerian dan ketakutan pada mereka. Juga, dalam operasi istisyhad ini nyata, terlihatlah keberanian dan kekuatan hati kaum Muslimin dalam menghadapi musuh-musuh Islam dan Muslimin, dan merontokkan hati mereka, sekaligus menghinakan mereka dan mengakibatkan kedongkolan dalam jiwa-jiwa mereka, dan hal-hal lainnya yang merupakan kemaslahatan bagi kaum Muslimin, yang semuanya itu merupakan maslahat-maslahat Jihadiyah.
Masyru'iyat operasi-operasi tersebut dibuktikan dengan adanya dalil-dalil dari Al-Qur'an dan As-Sunnah, dan Ijma' juga dengan adanya beberapa fakta yang terjadi di dalamnya serta fatwa Salafush Sholeh mengenai hal ini.

Pertama : Dalil-dalil Qur'an
Firman Allah:
"Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya." (Al-Baqarah : 207)

Sesungguhnya sahabat RA menerapkan ayat ini ketika seorang Muslim seorang diri berjibaku menerjang musuh dengan bilangan yang banyak yang dengan itu nyawanya dalam kondisi berbahaya, sebagaimana Umar bin Khaththab dan Abu Ayub Al-Anshari juga Abu Hurairah radhiyallahu 'Anhum sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-Tirmidizy dan Ibnu Hibban serta Al-Hakim menshahihkannya ( Tafsir Al-Qurthubi 2/361)

Firman Allah :
"Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu'min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Qur'an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar." ( At-Taubah 111 )Ibnu Katsir -semoga Allah merahmatinya- berkata: Kebanyakan (Ulama/Mufassir) berpendapat bahwa ayat tersebut berkenaan dengan setiap Mujahid Fie Sabilillah.

Firman Allah :
"Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat(*) untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)." (Al-Anfal : 60)
-------------------
(*)
Kemajuan teknologi bisa saja mensubstitusi kuda dengan tank, pesawat tempur, pesawat pembom, kapal induk, fregat dlsb.

Allah berfirman terhadap mereka yang merusak perjanjian :
"Jika kamu menemui mereka dalam peperangan, maka cerai beraikanlah orang-orang yang di belakang mereka dengan (menumpas) mereka, supaya mereka mengambil pelajaran" (Al-Anfal:57).

Wallahu a'lamu bi al-shawab.

2. Tak ayal lagi gempa tektonik 150 kilometer sebelah Barat Daya Aceh yang menyebabkan timbulnya tsunami yang menyapu Aceh sebagai front terdepan adalah isyarat Allah SWT yang perlu kita tepekur merenungkan makna isyarat itu. Maha Rahman menjilat Aceh dari lautan, Maha Rahim mengisap Aceh dari bawah bumi. Manusia yang mulia dan paling beruntung adalah yang segera dipisahkan oleh Tuhan dari dunia. Demikian gaya budayawan Emha Ainun Nadjib (EAN) mengekspresikan "mati syahid" bagi mereka yang meninggal dalam musibah gempa bumi dan tsunami di Aceh itu. Mereka yang "mati syahid" itu adalah mereka yang beriman dan tidak sedang dalam melakukan maksiat.
http://waii-hmna.blogspot.com/2005/01/657-gempa-diikuti-tsunami-isyarat-allah.html

Maka demikian pula para para korbannya yang mati oleh bom itu, apabila mereka beriman dan tidak sedang dalam melakukan maksiat.

Salam

----- Original Message -----
From: "sunny" <ambon@tele2.se>
To: <Undisclosed-Recipient:;>
Sent: Saturday, July 10, 2010 00:58
Subject: [wanita-muslimah] Suicide bomb kills 48

Refleksi : Apakah mereka yang menjadi pembom bunuh diri yang mati adalah mati syahid? Bagiamana dengan para korbannya yang mati?

http://www.theage.com.au/world/suicide-bomb-kills-48-20100709-1043b.html

Suicide bomb kills 48
PESHAWAR
July 10, 2010
A SUICIDE bomber ripped through a crowd of Pakistanis queueing for government wheelchairs in a busy market in the lawless north-west yesterday, killing 48 people and wounding another 80.

Witnesses said a huge explosion damaged the administration office, shops, a jail and other buildings in the small town not far from the border with Afghanistan, where 140,000 US-led foreign troops are fighting the Taliban.

Some 70 to 80 shops in the area were damaged or destroyed by the powerful blast.

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Get real-time World Cup coverage on the Yahoo! Toolbar. Download now to win a signed team jersey!

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment