Advertising

Thursday 8 July 2010

[wanita-muslimah] 100708 Kejujuran dalam berdagang.

 

100708

Kejujuran dalam berdagang

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

Dengan jumlah ummat muslim yang besar insya Allah perekonomian ummat dapat dikembangkan asalkan dikelola dengan baik. Dalam sejarah dapat kita ketahui bahwa perputaran perekonomian perdagangan Khadijah dapat berkembang dengan baik di tangan Muhammad al-Amien, sebelum beliau menjadi Rasulullah. Kunci keberhasilannya adalah kejujuran. Sejalan dengan ini sampai-sampai di masa itu orang lebih suka membeli susu kepada pedagang muslim ketimbang kepada pedagang Yahudi; termasuk pembeli yang orang Yahudi. Seperti itu pulalah yang terjadi di masa awal Syarikat Dagang Islam.

Dengan kejujuran dan semangat seiman perekonomian ummat dapat dibina. Bayangkan jika masyarakat muslim hanya mau membeli barang untuk keperluannya dari pedagang atau toko muslim. Mereka membeli barang dari toko non-muslim hanya jika terpaksa. Apalagi jika mereka ini berbelanja seperti itu dengan niat membantu mengembangkan pedagang muslim; berangkat berbelanja saja sudah mendatangkan pahala. Di sisi lain para pedagang diingatkan akan pesan Allah SWT untuk berlaku jujur dalam hitungan maupun takaran. Tanpa melupakan keuntungan yang pantas, dengan berniat mengupayakan kemudahan dalam pemenuhan keperluan saudaranya sesama muslim, maka pahala dari Allah bagi mereka itu akan tercurah setiap kali keinginan baiknya itu muncul, apalagi jika itu dapat nyata-nyata dilaksanakannya.

Allah SWT beberapa kali mengingatkan pentingnya kejujuran sebagai manifestasi iman. Sayangnya tidak sedikit dari para pedagang melupakan hal ini, terutama ketika mereka berdagang dalam perhelatan acara besar (misalnya muktamar, jambore, seminar, jum'atan), yang pembelinya tidak akan menemuinya lagi untuk menuntut ketidakjujurannya. Banyak penjual barang yang memberi harga tinggi untuk memperoleh "keuntungan" secara berlebihan, semisal penjual cindera mata (sovenir), kaos, tas, kain, dan sebagainya. Bahkan ada yang sengja mengurangi isi kotak jualannya dengan jumlah yang kurang dari biasanya sehingga pembeli terkecoh, semisal penjual dodol. Mereka ini rupanya lupa bahwa meskipun pembeli dapat dikibuli, namun Allah Yang Maha Melihat itu mencatat langkah-langkah berdosanya itu, yang akan dibalas oleh Allah nantinya, di dunia ataupun juga dengan siksa akhirat. Seharusnyalah panitia yang menyediakan fasilitas penjualan lebih proaktif dengan meminta kesepakatan para pedagang untuk jujur, jika perlu dengan mengingatkan mereka pada firman Allah:

"...HAI KAUMKU, CUKUPLAH TAKARAN DAN TIMBANGAN DENGAN ADIL, DAN JANGANLAH KAMU MERUGIKAN MANUSIA TERHADAP HAK-HAK MEREKA. DAN JANGANLAH KAMU MEMBUAT KEJAHATAN DI MUKA BUMI DENGAN MEMBUAT KERUSAKAN." (Qur'an Surat Hud [11]: 85)

"...MAKA SEMPURNAKANLAH TAKARAN DAN TIMBANGAN JANGANLAH KAMU KURANGKAN BAGI MANUSIA BARANG-BARANG TAKARAN DAN TIMBANGANNYA, DAN JANGANLAH KAMU MEMBUAT KERUSAKAN DI MUKA BUMI SESUDAH TUHAN MEMPERBAIKINYA. YANG DEMIKIAN ITU LEBIH BAIK BAGIMU JIKA BETUL-BETUL KAMU ORANG-ORANG YANG BERIMAN". (Qur'an Surat al-A'raf [7]: 85)

Semoga ekonomi ummat Islam dapat tertingkatkan untuk dapat benar-benar menampakkan kelebihan agama Islam.

Wa l-Lahu a'lamu bi sh-shawwab

============
SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

SWT. = sub-hanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

*** Kutipan ayat-ayat dapat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

========================================

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung <JOIN> di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah ataupun dengan cara mengirim e-mail ke pelita-hikmah-subscribe@yahoogroups.com
Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

Wassalam,
dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF.
e-mail: tauhidhw@gmail.com

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya INDONESIA 60292
Telp. (031)-841-7486, 081-652-7486

=====================
Dana aktivita/dakwah? Bergabunglah dalam http://www.asiakita.com/Pandu-HW
Untuk yang serius berbisnis, kunjungi http://www.esyariah.com/?id=tauhidhw.

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment