Advertising

Saturday 17 July 2010

[wanita-muslimah] Menag Suryadharma Ali : Waspadai Gerakan Kebebasan

 

http://id.voi.co.id/berita-indonesia/kesejahteraan-sosial/5018-menag-suryadharma-ali--waspadai-gerakan-kebebasan.html

Menag Suryadharma Ali : Waspadai Gerakan Kebebasan

Sabtu, 17 Juli 2010 14:59

Serang - Menteri Agama Suryadharma Ali mengingatkan agar umat Muslim mewaspadai adanya gerakan menuhankan kebebasan. Ada sekelompok warga menuntut agar masyarakat hrs diberikan kebebasan, kata Menag ketika membuka Muktamar Mathhlaul Anwar ke-18 di Serang, Banten. Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Ketua Umum DPP Partai Hanura, Wiranto dan sejumlah pejabat lainnya.

Ia mengatakan, karena kebebasan yang dituhankan, maka kebebasan di tengah masyarakat harus mutlak. Padahal Allah mengajarkan kebebasan harus menghormati kebebasan orang lain. Itu bermakna bahwa kebebasan ada pembatasan, yaitu undang-undang. Di dalam agama juga ada pembatasan, tak ada kebebasan mutlak. Tak ada kebebasan orang untuk memaki orang dengan sebebasnya pula. Bahkan bebas bakar ban bebas di jalanpun, yang menyebabkan terganggunya lalu lintas harus dihindari, kata Menag.

Kebebasan yang baik adalah yang menghormati orang lain, tak langgar kepentingan orang banyak. Membuat onar yang menyebabkan kemacetan lalu lintas, ia menjelaskan. Mathlaul Anwar harus ikut bertanggung jawab dalam hal ini dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. Anggaran pendidikan demikian besar, lebih dari Rp26 triliun. Dana sebesar itu harus dimanfaatkan sebesar-besarnya. "Mari berlomba meningkatkan kualitas pendidikan. Jutaan anak perlu pendidikan," ia mengingatkan.

Kader Mathlaul Anwar harus mampu mengangkat kualitas anak didik, katanya lagi. Ia mengatakan, langkah yang diambil para ulama terdahulu amat tepat dalam memajukan anak didik. Hal itu terbukti banyak lembaga pendidikan Islam, seperti pondok pesantren diadopsi lembaga pendidikan nonmuslim. Untuk itu ia minta agar para pengajar dan siswa untuk tidak membedakan pendidikan agama dan ilmu lainnya. Sebab, semua itu adalah ilmu Allah. Jika semua dalam pengajaran ilmu ada pembedaan agama dan lainnya, akan menyebabkan dikotomi sehingga menjadi malas untuk mempelajari ilmu tertentu.

Ia pun mengingatkan pentingnya wakaf, karena rumuskan wakaf kini sudah berbeda. Wakaf bukan cuma benda tak bergerak seperti tanah, tapi juga dalam bentuk uang. Wakaf penting untuk mengentaskan kemiskinan, katanya. Hal lain yang harus dikembangkan adalah ekonomi syariah yang sekarang berkembang pesat, bukan hanya di negara muslim tapi di negara nonmuslim, demikian Menag Suryadharma Ali. Antara mazpri VOI News

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment