Advertising

Thursday 9 June 2011

[wanita-muslimah] Kultwit : Menyikapi Pancasila

 



Menyikapi Pancasila

Akmal Sjafril @malakmalakmal

01. Di awal bulan Juni, beberapa tahun terakhir ini selalu didengungkan
masalah 'kelahiran Pancasila'. #MenyikapiPancasila
02. Belum lama ini jg muncul isu tentang 'merevitalisasi Pancasila'.
#MenyikapiPancasila
03. Para pemimpin bangsa bahkan sempat berkumpul bersama Presiden SBY
utk mendiskusikan masalah ini. #MenyikapiPancasila
04. Muncul pula diskusi tentang pentingnya memasukkan kembali pendidikan
Pancasila ke dlm kurikulum sekolah. #MenyikapiPancasila
05. Meski demikian, tdk sedikit pihak yg mengatakan bahwa Pancasila tak
pernah hilang dr kurikulum. #MenyikapiPancasila
06. Sebagian lainnya memperingatkan agar Pancasila tdk lagi diajarkan
secara indoktrinatif spt jaman Orba. #MenyikapiPancasila
07. Ada jg yg bersikap sepenuhnya menolak Pancasila dan menganggapnya
sbg produk kemusyrikan. #MenyikapiPancasila
08. Sebagian mengatakan bhw Pancasila lahir pd tgl 1 Juni 1945 dr buah
pikiran Soekarno. #MenyikapiPancasila
09. Dlm forum BPUPK saat itu, Soekarno mengusulkan 5 sila.
#MenyikapiPancasila
10. (1) Kebangsaan Indonesia, (2) Internasionalisme atau
Perikemanusiaan, (3) Mufakat atau demokrasi #MenyikapiPancasila
11. (4) Kesejahteraan Sosial, (5) Ketuhanan. #MenyikapiPancasila
12. Namun sebenarnya, 3 hari sebelumnya, M. Yamin sudah mengusulkan lima
sila sbg dasar negara. #MenyikapiPancasila
13. Lima sila usulan M. Yamin itu adalah: (1) perikebangsaan, (2)
perikemanusiaan, (3) peri-Ketuhanan #MenyikapiPancasila
14. (4) perikerakyatan, (5) kesejahteraan rakyat. #MenyikapiPancasila
15. Rumusan Soekarno dan M. Yamin bisa dibilang memberikan poin2 yg sama
dgn Pancasila yg kita kenal skrg. #MenyikapiPancasila
16 minutes ago Favorite Retweet Reply
16. Keduanya pun sama2 menaruh aspek Ketuhanan TIDAK pada poin pertama.
#MenyikapiPancasila
17. M. Yamin meletakkannya di posisi ketiga, sedangkan Soekarno
memberinya posisi terakhir. #MenyikapiPancasila
18. Dr. Adian Husaini mencatat bahwa ihwal rapat BPUPKI ini memang
sangat kontroversial. http://bit.ly/maKCwW #MenyikapiPancasila
19. Dlm buku M. Yamin, "Pembahasan Undang-undang Dasar", hanya ada 3
pidato yg didokumentasikan. #MenyikapiPancasila
20. Pdhl, dlm rapat tsb, sekitar 30 orang menyampaikan orasinya.
#MenyikapiPancasila
21. Notulen rapat disimpan oleh RP Suroso, lalu dipinjam Adinegoro,
kemudian dipinjam M. Yamin. #MenyikapiPancasila
22. Konon, notulen tsb dipinjam utk diedit sehingga bisa diterbitkan.
Nyatanya sampai kini tdk ditemukan. #MenyikapiPancasila
23. Pancasila bukanlah hasil rumusan Soekarno seorang. Banyak tokoh2
Islam di BPUPKI. #MenyikapiPancasila
24. Di antara tokoh2 Islam tsb adalah KH Wahid Hasyim dan H Agus Salim.
#MenyikapiPancasila
25. Mr. Moh. Roem pernah memperingatkan bahaya kultus pribadi dlm
menafsirkan Pancasila. #MenyikapiPancasila
26. Di masa Orde Lama, misalnya, tafsiran Soekarno dianggap sbg tafsir
tunggal Pancasila. #MenyikapiPancasila
27. Suatu ketika, Soekarno berkata bahwa Pancasila bisa 'diperas'.
#MenyikapiPancasila
28. Setelah 'diperas', Pancasila bisa dirumuskan dlm dua kata: "Gotong
Royong". #MenyikapiPancasila
29. PKI juga punya penafsiran sendiri. 'Ketuhanan Yang Maha Esa'
diartikan 'kebebasan beragama'. #MenyikapiPancasila
30. Dan 'kebebasan beragama' dimaknai sbg 'kebebasan utk beragama atau
tidak beragama'. #MenyikapiPancasila
31. Dlm hal ini, penafsiran PKI thd kebebasan beragama sejalan dgn JIL.
Coincidence? #MenyikapiPancasila
32. Yg perlu kita pahami kini adalah bhw Pancasila sejak awal hny
didesain sbg dasar negara, bkn asas tunggal. #MenyikapiPancasila
33. Pancasila adalah dasar dari kehidupan bernegara, bukan prinsip yg
bisa mendominasi agama. #MenyikapiPancasila
34. Singkatnya, Pancasila adalah kerangka kerja bersama, bukan alat utk
menindas. #MenyikapiPancasila
35. Buya Hamka mengkritik keras sikap Soekarno yg 'memeras' Pancasila
jadi "Gotong Royong". #MenyikapiPancasila
36. Menurut Buya Hamka, akar tunggang Pancasila adalah sila pertamanya.
#MenyikapiPancasila
37. Karena Ketuhanan itulah muncul konsep2 kemanusiaan, persatuan,
musyawarah dan keadilan sosial. #MenyikapiPancasila
38. Ketuhanan Yang Maha Esa jelas keliru bila ditafsirkan sbg 'kebebasan
utk tdk beragama'. #MenyikapiPancasila
39. Justru, sila pertama menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah
bangsa yg religius. #MenyikapiPancasila
40. Penghayatan akan keberadaan dan kekuasaan Tuhan itulah yg melahirkan
konsep2 berikutnya. #MenyikapiPancasila
41. Kemanusiaan yg dipahami dlm Pancasila haruslah kemanusiaan yg
mengakui Ketuhanan. #MenyikapiPancasila
42. Artinya, kemanusiaan yg dimaksud bukanlah yg membebaskan manusia dr
segala aturan. #MenyikapiPancasila
43. Persatuan yg dimaksud dlm Pancasila adalah persatuan yg mengakui
Ketuhanan, bukan fasisme. #MenyikapiPancasila
44. Musyawarah utk mufakat juga tdk terlepas dari konsep Ketuhanan.
#MenyikapiPancasila
45. Karena itu, tak ada musyawarah utk memaksa Muslimah melepas jilbab,
misalnya. #MenyikapiPancasila
46. Tak ada pula musyawarah dalam membakar rumah ibadah. Itu adalah
musyawarah yg tak berketuhanan. #MenyikapiPancasila
47. Keadilan sosial harus dipahami dlm kerangka Ketuhanan. Tdk ikut
kapitalisme, tdk juga komunisme. #MenyikapiPancasila
48. Oleh karena itu, para ulama besar seperti Buya Hamka dan Moh. Natsir
tdk menolak Pancasila. #MenyikapiPancasila
49. Yang menimbulkan tirani di masa lalu adalah penafsiran sekuler thd
Pancasila. #MenyikapiPancasila
50. Dari sini, patut kita camkan pendapat Buya Hamka ttg sila pertama
dan hubungannya dgn umat Islam. #MenyikapiPancasila
51. Retorika beliau: "Umat mana lagi yg lbh paham sila pertama ini drpd
umat yg ber-Tauhid?" #MenyikapiPancasila
52. Oleh karena itu, kata beliau, jangan kuliahi umat Islam dgn
Pancasila, karena kitalah yg paling paham. #MenyikapiPancasila
53. Kata2 tajam Buya Hamka itu beliau ucapkan krn Orla dan Orba selalu
menindas umat Islam dgn alasan Pancasila. #MenyikapiPancasila
54. Dengan 'pisau bedah' sekularisme, Pancasila bisa ditafsirkan
semaunya. #MenyikapiPancasila
55. Misalnya, sekali lagi, sila pertama ditafsirkan sbg kebebasan utk
tidak beragama. #MenyikapiPancasila
56. Sila kedua ditafsirkan sbg humanisme yang antroposentris (menjadikan
manusia sbg ukuran kebenaran). #MenyikapiPancasila
57. Sila ketiga ditafsirkan sbg nasionalisme buta; right or wrong it's
my country. #MenyikapiPancasila
58. Sila keempat ditafsirkan sbg pembenaran bhw semua bisa dibikin
kesepakatan, termasuk soal agama. #MenyikapiPancasila
59. Sila kelima ditafsirkan sbg kebebasan utk berkompetisi dlm konsep
kapitalis, atau pemerataan dlm konsep komunis. #MenyikapiPancasila
60. Semua penafsiran menyimpang tsb bisa muncul justru karena Pancasila
tdk memiliki worldview yg kokoh. #MenyikapiPancasila
61. Bagaimana jika kita gunakan Islam utk menafsirkan Pancasila? Lain
lagi ceritanya. #MenyikapiPancasila
62. Karena Islam adalah worldview yg kokoh, maka ia memiliki perangkat
yg cocok utk menafsirkan Pancasila. #MenyikapiPancasila
63. Sebagaimana kata Buya Hamka tadi, kita tak perlu diajari lg makna
sila pertama. Sudah paham semua. #MenyikapiPancasila
64. Kemanusiaan pada sila kedua kita pahami sbg kemanusiaan yg sesuai
dgn ajaran Islam. #MenyikapiPancasila
65. Artinya, kita memandang manusia sbg makhluk yg berhak akan
kemuliaan, namun jg bertanggung jawab. #MenyikapiPancasila
66. Manusia bukan Tuhan, bukan pula hewan atau mesin. (Lihat kultwit
#PsikologiIslam). #MenyikapiPancasila
67. Persatuan pada sila ketiga dpt kita pahami sbg rasa kebangsaan yg
merupakan fitrah manusia. #MenyikapiPancasila
68. Kebangsaan tsb tdk membuat kita cuek dgn kondisi di luar negeri,
misalnya. #MenyikapiPancasila
69. Rasa kebangsaan jg tdk membuat kita merasa tidak bersaudara dgn
bangsa2 lainnya. #MenyikapiPancasila
70. Jika kita ikuti worldview Islam, maka keragaman bangsa dimaksudkan
utk saling mengenal (QS.49:13). #MenyikapiPancasila
71. Musyawarah jg kita pahami dlm kerangka ajaran Islam. Ada hal2 yg
bisa dimusyawarahkan, ada yg tdk. #MenyikapiPancasila
72. Utk musyawarah pun ada adab. Harus dgn alasan yg logis, bukan
sekedar hawa nafsu. #MenyikapiPancasila
73. Keadilan sosial kita pandang dlm kerangka ajaran Islam, baik
kebebasan maupun pemerataannya. #MenyikapiPancasila
74. Kita dapat melihat dgn jelas betapa Islam mampu menafsirkan
Pancasila dgn sangat baik. #MenyikapiPancasila
75. Oleh karena itu, masalahnya bukanlah Pancasila itu sendiri,
melainkan penafsirannya. #MenyikapiPancasila
76. Kenapa penafsiran sekuler selalu mendominasi? Itulah yg harus kita
timbang baik2. #MenyikapiPancasila
77. Seperti kata Moh. Natsir, Pancasila justru mendapatkan 'nyawa' jika
ditafsirkan oleh Islam. #MenyikapiPancasila
78. Sebaliknya, tanpa worldview Islam, Pancasila menjadi hambar, hilang
arah, bahkan terombang-ambing. #MenyikapiPancasila
79. Semoga kultwit singkat ini bisa menambah wawasan kita seputar
perdebatan umat Islam ttg #MenyikapiPancasila.
80. Semoga kultwit ini menambah keyakinan kita akan kesempurnaan ajaran
Islam. #MenyikapiPancasila
81. Dan semoga umat Islam negeri ini tdk lagi merasa takut utk
menyatakan keyakinannya. Aamiin.. #MenyikapiPancasila

From: wanita-muslimah@yahoogroups.com
[mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com] On Behalf Of Lestyaningsih, Tri
Budi (Ning)
Sent: Friday, June 10, 2011 8:24 AM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: [wanita-muslimah] Klub Taat Suami

http://female.kompas.com/read/2011/06/08/22364341/gina-puspita-tak-banya
k-yang-memahami-ketaatan

Gina Puspita: Tak Banyak yang Memahami Ketaatan

KOMPAS.com - Suami dan istri perlu berlomba-lomba untuk taat. Suami yang
taat menjadi imam bagi istri. Dengan suami yang taat, istri perlu taat
pada suami. Istri boleh saja aktif dalam berbagai kegiatan dan pekerjaan
di ranah publik, berbuat hal berguna untuk masyarakat. Namun, jangan
sampai tugas utama sebagai istri terabaikan. Inilah beberapa gagasan
yang mendasari Dr Gina Puspita Phd mendirikan Klub Taat Suami (KTS) di
Indonesia.

Dalam perbincangan singkat melalui hubungan telepon, lebih lanjut Gina
memaparkan kepada Kompas Female, "Islam mengajarkan suami yang dituntut
bertanggung jawab, dan istri untuk taat. Dalam keadaan keduanya taat
pada ajaran Islam, suami dan istri bisa saling mencintai tanpa
dipaksakan. Konsep ketaatan istri terkait dengan ketaatan suami terhadap
Allah, dan istri sebagai makmum. Kunci ketaatan istri di antaranya suami
taat kepada Allah, suami yang tidak melanggar aturan Allah. Dengan
begitu, rumah tangga akan dirahmati. Ini bukan sekadar klub, melainkan
klub yang dibentuk karena perjalanan panjang sebuah perjuangan untuk
mendidik orang mengenai Islam yang lebih lengkap," jelas Gina, yang
sejak dua tahun terakhir menjabat sebagai direktur bagian perempuan di
organisasi Global Ikhwan.

Gina menyebutkan, KTS digagas pertama kali di Malaysia oleh Hatijah Aam,
istri kedua pendiri Global Ikhwan, Abuya Syeikh Imam Ashaari Attamimi.
Gina meluruskan, klub yang dibuatnya bernama Klub Taat Suami bukan
Ikatan Istri Taat Suami atau Klub Istri Taat Suami. Ia juga
mengklarifikasi, peresmian KTS Indonesia akan digelar di Jakarta, 18
Juni 2011. KTS ke depan akan menjadi klub yang memberikan konseling
pernikahan, termasuk pendidikan seks kepada kaum perempuan. KTS sendiri
tak menetap, konsultasi bisa dilakukan di Jakarta atau Bogor.

"Belum juga diresmikan banyak perempuan yang berkonsultasi, kebanyakan
mengenai masalah rumah tangga, dan kebanyakan adalah anggota Global
Ikhwan. Di klub ini istri juga mendapatkan pendidikan seks menurut
Islam, apa yang boleh dan tidak. Namun, tak hanya itu, istri juga bisa
belajar taat menurut Islam itu bagaimana," jelas perempuan kelahiran
Bogor, 8 September 1963, itu.

Menurut Gina, banyak orang yang tidak mengetahui konsep taat menurut
Islam. Taat dipahami sebagai sesuatu yang menakutkan dan merendahkan
perempuan. Edukasi mengenai ketaatan inilah yang ingin disampaikan Gina
melalui KTS. Diakuinya, KTS dibentuk melalui perjalanan panjang dan
bukan hasil pemikiran atau kegagagalan pribadi.

Lahirnya KTS juga dinilai Gina bisa menjadi wadah bagi perempuan untuk
memahami lebih mendalam mengenai ketaatan. "Sudah terlalu banyak
perempuan yang tidak memahami ketaatan," tutur Gina, yang bergabung di
Global Ikhwan sejak 2004 silam.

Dalam pandangan Gina, ketaatan penting dihadirkan dalam rumah tangga.
Rumah tangga yang kokoh akan menguatkan sebuah keluarga. Dan, keluarga
merupakan elemen penting di masyarakat yang menguatkan suatu negara
bahkan dunia. "Agar rumah tangga kokoh, pelayanan kepada suami harus
ditingkatkan. Selain juga pembinaan terhadap laki-laki agar bertanggung
jawab dan taat kepada Allah," katanya.

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment