Advertising

Wednesday 13 June 2012

Re: [wanita-muslimah] Re: Warga Tewas Diterkam Beruang

 

Pak Waluya,

Dari kecil saya denger Baduy Dalam di Kanekes Banten itu penuh black magic (bikin penasaran). Sesudah gede tercapai keinginan ke sana. Yang saya temukan adalah suasana yg menyenangkan, dan kunjungan saya dibalas dengan kunjungan ke rumah saya juga.

Kemudian saya berkegiatan di Teluk Dalam, Nias Selatan - yg katanya penuh black magic juga. Ternyata sangat menyenangkan di sana. Dan kemudian baru tau ada anggota keluarga yg orang Teluk Dalam!

Kemudian berkegiatan di Cianjur Selatan yg katanya keturunan menak penuh black magic juga. Ternyata ok2 saja di sana walaupun ketemu ular besar dan ular2 berbisa. Ternyata dimana saya berada penduduk kenal sepupu saya yang 10 tahun lalu dulu dokter intern di sana, dan masih cinta dan ngangeni daerah magis itu.

Saya nggak ngerti, kenapa orang sering bunuh ular. Kalo aku liat ular yang jelas kabur minta tolong. Di rumah saya termasuk sering kemasukan ular. Terakhir aku pulang kantor, buka pintu - ada ular di dalem kegilas pintu ku. Aku lari ke atas sofa jejeritan, ular lari ke pojok kesakitan. Lama banget dia di pojokan sampe akhirnya ke luar rumah. Di deket kolam berdiam ular hitam, mungkin di situ adem. aku berharap dia nggak keinjek ibuku yg suka cuci piring deket kolam...

Aku percaya cerita2 seperti itu "benar" adanya. Tapi tentu saja aku nggak memahaminya secara harafiah. Singkatnya kita mesti hidup harmonis dengan alam, kalau tidak kualat timbul malapetaka. Sayangnya, kita sering memahaminya secara sempit, jadinya maknanya hilang, cerita harafiahnya jalan terus dan dibumbu2in. Menarik juga bumbu dari pesantren Garut itu, pangeran2 dari Timur Tengah hahaha...

Salam
Mia

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

From: "Waluya" <waluya56@yahoo.com>
Sender: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Date: Wed, 13 Jun 2012 11:53:51 -0000
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
ReplyTo: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: [wanita-muslimah] Re: Warga Tewas Diterkam Beruang

 

> "L.Meilany" <wpamungk@...> wrote:
> Dulu kepercayaan masyarakat di desa kecil di Jateng gak boleh bunuh
> ular. Kalo ada satu ular dibunuh bakalan datang pasangannya
> membalas dendam; dan ini dipercayai.

Dulu, waktu masih di jaman kolonial belanda, di Pesantren Keresek Cibatu Garut, sehabis maghrib di Bulan Ramadahan, ada dua ekor ular hitam besar masuk ke pesantren yang mengagetkan para santri. Seperti umumnya manusia kalau ketemu ular, ular itu dibunuh, tapi hanya satu ekor, yang satu ekor lagi lolos. Semenjak itu di Pesantren itu mengalami kejadian yang aneh-aneh yang tidak masuk akal, sampai suatu hari Mama Ajengan sepuh (K.H. Busrol Karim) bermimpi, ternyata dua ekor ular hitam itu penjelmaan dari sepasang Pangeran dan putri Jin dari Kerajaan Jin Habsi di Timur Tengah. Mereka sedang honeymoon dan entah mengapa sampai di Pesantren Keresek sampai aihirnya sang Pangeran Jin, menemui nasibnya, tanpa sengaja dibunuh, akibat menjelma jadi ular. Betapa marahnya sang istri karena suaminya dibunuh, sang istri ini bikin perkara, mengganggu pesantren, terus menerus.

Cerita diatas, terkenal dengan cerita JIN KERESEK, muncul ke publik di Majalah berbahasa Sunda, Mangle di tahun 1960an, penulisnya tak lain putra Mama Ajengan sepuh, penerus pemimpin pesantren Keresek, yang saat itu masih masih mahasiswa IAIN Bandung, almarhum K.H. Hasan Basri (oleh santrinya beliau sering dipamggil Buya).

Banyak yang percaya Jin Keresek itu benar-benar kejadian. Saya pernah berkunjung ke pesantren tsb, karena pesantren itu jadi tempat kopdar millis berbahasa sunda, karena kebetulan menantu Buya, termasuk aktivis millis. Waktu itu Buya masih ada, rasanya ingin mengobrol dengan beliau, tentang cerita Jin Keresek, cuma waktunya terbatas, tidak bisa mengobrol panjang-panjang. Cuma dengar rumor saja, sang puteri Jin itu tetap menetap di Keresek, tidak pulang ke nagaranya. Benar atau tidaknya saya tidak tahu, yang jelas suasana Pesantren jauh dari suasana misteri seperti yang terbayangkan sebelumnya, disana sangat menyenangkan, khas di pedalaman Priangan.

Salam,
WALUYA

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment