Advertising

Wednesday 13 June 2012

[wanita-muslimah] Re: Warga Tewas Diterkam Beruang

 

> "L.Meilany" <wpamungk@...> wrote:
> Dulu kepercayaan masyarakat di desa kecil di Jateng gak boleh bunuh
> ular. Kalo ada satu ular dibunuh bakalan datang pasangannya
> membalas dendam; dan ini dipercayai.

Dulu, waktu masih di jaman kolonial belanda, di Pesantren Keresek Cibatu Garut, sehabis maghrib di Bulan Ramadahan, ada dua ekor ular hitam besar masuk ke pesantren yang mengagetkan para santri. Seperti umumnya manusia kalau ketemu ular, ular itu dibunuh, tapi hanya satu ekor, yang satu ekor lagi lolos. Semenjak itu di Pesantren itu mengalami kejadian yang aneh-aneh yang tidak masuk akal, sampai suatu hari Mama Ajengan sepuh (K.H. Busrol Karim) bermimpi, ternyata dua ekor ular hitam itu penjelmaan dari sepasang Pangeran dan putri Jin dari Kerajaan Jin Habsi di Timur Tengah. Mereka sedang honeymoon dan entah mengapa sampai di Pesantren Keresek sampai aihirnya sang Pangeran Jin, menemui nasibnya, tanpa sengaja dibunuh, akibat menjelma jadi ular. Betapa marahnya sang istri karena suaminya dibunuh, sang istri ini bikin perkara, mengganggu pesantren, terus menerus.

Cerita diatas, terkenal dengan cerita JIN KERESEK, muncul ke publik di Majalah berbahasa Sunda, Mangle di tahun 1960an, penulisnya tak lain putra Mama Ajengan sepuh, penerus pemimpin pesantren Keresek, yang saat itu masih masih mahasiswa IAIN Bandung, almarhum K.H. Hasan Basri (oleh santrinya beliau sering dipamggil Buya).

Banyak yang percaya Jin Keresek itu benar-benar kejadian. Saya pernah berkunjung ke pesantren tsb, karena pesantren itu jadi tempat kopdar millis berbahasa sunda, karena kebetulan menantu Buya, termasuk aktivis millis. Waktu itu Buya masih ada, rasanya ingin mengobrol dengan beliau, tentang cerita Jin Keresek, cuma waktunya terbatas, tidak bisa mengobrol panjang-panjang. Cuma dengar rumor saja, sang puteri Jin itu tetap menetap di Keresek, tidak pulang ke nagaranya. Benar atau tidaknya saya tidak tahu, yang jelas suasana Pesantren jauh dari suasana misteri seperti yang terbayangkan sebelumnya, disana sangat menyenangkan, khas di pedalaman Priangan.

Salam,
WALUYA

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment