Advertising

Wednesday 13 June 2012

[wanita-muslimah] Warga Tewas Diterkam Beruang

 

Ref: Kalau lingkungan hutan tempat berburu bagi beruang, makin sempit dan makanan makin susah diperoleh, maka manusia pun akan menjadi sasaran santapan untuk mengisi perut nan lapar.
 
 
 
Warga Tewas Diterkam Beruang
RIAU
 
 
Tiga ekor beruang diduga menerkam seorang warga di Desa Lubuk Salak, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Riau. Akibatnya, seorang warga bernama Idris tewas. "Bapak dikeroyok tiga beruang dan badannya semua tercabik-cabik. Bapak meninggal di perjalanan sewaktu hendak kami bawa ke rumah sakit," ujar Arisman, anak korban, kemarin.

Arisman menyebutkan, kejadian nahas itu terjadi pada Sabtu siang lalu. Saat itu, korban tengah menakik (memanen) karet di kebunnya yang berjarak sekitar 500 meter dari pinggiran desa.
Arisman yang siang itu juga hendak menuju kebun tibatiba mendengar jeritan minta tolong ayahnya.

"Saat saya sampai, tiga ekor beruang itu langsung kabur. Saya melihat ayah sudah terkulai penuh darah.
Badannya luka semua lantaran cakaran, " kata Arisman, "Sampai sekarang, kami semua ketakutan karena beberapa ekor beruang masih tampak berkeliaran di pinggir kampung."

Belum diketahui pasti sejak kapan dan jumlah kawanan beruang itu berada di sekitar Desa Lubuk Salak. Namun, menurut aktivis hutan Riau, Herijal Jalil, sejak awal Juni lalu pihaknya sudah mendapat informasi tentang keberadaan beruang di sekitar kawasan hutan dan kebun Kerumutan.

"Sejak awal Juni kami sudah mendapat informasi adanya kawanan beruang di sekitar Kerumutan. Kami malah sudah meneruskannya kepada pihak BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) dan sejumlah rekan LSM (lembaga swadaya masyarakat) lainnya," ujar Direktur LSM Tropika Riau tersebut.

Sementara itu, pihak World Wildlife Fund Riau mengatakan sudah mendapatkan informasi adanya korban manusia akibat serangan beruang itu. Menurut juru bicara WWF Riau, Syamsidar, kendati tidak fokus terhadap beruang, pihaknya tengah mengupayakan solusi atas situasi yang dialami warga, khususnya di sekitar Kerumutan Pelalawan itu.

"Kita berharap kepada pihak BKSDA, kepolisian, dan pihak-pihak lain, secara bersama-sama dapat mengatasi masalah ini," ujar Syamsidar, " Di samping menyelamatkan manusia, tentunya beruang yang masuk kategori dilindungi itu juga dapat terselamatkan."

JUPERNALIS SAMOSIR

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment