Advertising

Monday 24 September 2012

RE: [wanita-muslimah] Re: Beginilah Ritual Haji Nabi Ibrahim AS (1) + 2 + 3

 

Sdr. Ahmad Chojim

Terima kasih Sdr Ahmad Chojim. Saya tidak emosi kok. Cuma perlu mengingatkan anda  jangan terlalu PD aja. Saya kira kalau anda juga ingin mengenal saya. Silahkan browse di Google. Ada beberapa tulisan-tulisan saya. Saya dulu juga banyak kasi seminar kok dibeberapa Universitas. Saya juga mendirikan kelompok diskusi yang sering mengundang pembicara dari Jakarta antar lain: Seperti Pak Umar Kayam,Pak Mubyarto, Pak Amin Rais, Pak Mahmud MD, Komaruddin Hidayat, Arief Rahman, La Rose, Poppy Dharsono, Naek L.Tobing dan masih ada lagi saya lupa…... Kalau dulu anda sudah top pasti juga saya panggil. Semoga segera top yah.

Salam

Ridwan Fakih

From: wanita-muslimah@yahoogroups.com [mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com] On Behalf Of chodjim
Sent: Tuesday, September 25, 2012 3:31 AM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: Beginilah Ritual Haji Nabi Ibrahim AS (1) + 2 + 3

 

 



Sdr. Fakih,

 

Seandainya Anda tidak emosi, mungkin malah mengucapkan terima kasih atas nasehat yang saya berikan. Perhatikan kata-kata saya, "saya justru berharap Sdr. Fakih mengurungkan haji yang ke-3 ini. Gunakanlah dana untuk berhaji ini sebagai dana bagi amal kebajikan di tanah air."

 

Sedangkan istilah haji setan sudah saya sebutkan sumbernya, yaitu Prof. Ali Mustofa Ya'kub, imam besar masjid Istiqlal Jakarta. Kata "haji setan" adalah haji untuk yang kedua dan seterusnya, karena haji yang kesekian kali itu tidak disyariatkan oleh Islam. Sesuatu yang tidak disyariatkan, tapi kita lakukan berlebihan, itu yang namanya pekerjaan setan.

 

Pembaca di WM ini sudah cerdas koq, karena saya mengikuti WM sejak berdirinya. Jadi, tak akan timbul fitnah atas anjuran saya tersebut. Justru harapan saya itu untuk mengingatkan semua pembaca WM, dan bukan hanya untuk Sdr. Fakih.

 

Saya mengetahui bahwa Sdr. Fakih akan berhaji via Q8, dan fasilitas perusahaan pula. Namun, mengurungkan haji yang ketiga ini tetap lebih baik bagi Anda, karena fasilitas dari perusahaan itu bisa Anda manfaatkan untuk pulang ke Indonesia dan dana itu bisa sepenuhnya digunakan untuk amal kebajikan di Indonesia ini.

 

Tentang nama saya, itu asli, Achmad Chodjim, dan pensiunan dari Sumitomo Corp. pada Agustus 2006. Lalu, mengabdi dalam dunia tulis-menulis tentang spiritualitas, ceramah, dan nara sumber seminar.

 

Wassalam,

 

Chodjim

  

 

----- Original Message -----

Sent: Monday, September 24, 2012 6:29 PM

Subject: RE: [wanita-muslimah] Re: Beginilah Ritual Haji Nabi Ibrahim AS (1) + 2 + 3

 

 

Bung Chokjim (Nama Aslinya siapa sih)

Oh yah sebenarnya saya nggak terlalu istimewa, saya hanya sekedar manusia yang dalam masa pensiunpun dan sudah bercucu ini masih diberi kesempatan bekerja dan mendapatkan rexzeki di LN. Dan sampai saat ini tangan saya masih bisa selalu berusaha diatas tangan orang dan family-famili saya, . Alhamdulillah Istri saya sampai saat ini masih bisa menyekolahkan lebih dari 10 anak yatim dikampong, dan saat  ini sudah ada yang bisa menjadi pembantu Rektor. Maaf Ustad Chokjim terpaksa saya menyampaikan untuk menghindairi salah paham untuk menghindari fitnah dan dosa. Mungkin orang beramal tidak perlu orang mengetahui bukan. Astaghfirulloh. Apakah ini pantas dikatakan? Saya kira anda masih jauh lebih muda dari saya yang sudah bercucu ini.

Bahkan family saya menganjurkan saya untuk istirahat. Tetapi saya mengatakan saya tidak mau setelah pension pun saya masih bisa berbuat meletakkan tangan saya diatas, berbuat/membantu orang lain. Semoga saya nggak bersikap riya dengan tulisan ini.

Mungkin untuk menghindari kesalah pahaman, sebaiknya kalau menulis itu disertai juga informasi yang lebih lengkap supaya tidak menyesatkan. Sebaiknya Bung Chkjim menjelaskan apa Maksud "Haji Setan" menurut Prof Ali itu.

Karena disinia ad 2 kata yang saling bertentangan. Yang satu Haji (positip) yang sati Setan (negatip).

Nah itu baru menulis untuk lebih memcerdaskan pembacanya. Justru jangan  mengundang nada sinisme, negatip, suudon dan sebagainya. Sehingga kalau dibaca lebih menyejukkan hati, bukan memanaskan.

Salam

Ridwan Fakih

======

Wah, saya justru berharap Sdr. Fakih mengurungkan haji yang ke-3 ini. Gunakanlah dana untuk berhaji ini sebagai dana bagi amal kebajikan di tanah air. Sungguh, haji yang ke-2 dan seterusnya adalah hajinya setan. Kata "haji setan" saya petik dari buku yang ditulis oleh Prof Ali Ya'qub sebagai profesor ahli Hadis dan imam besar masjid Istiqlal, yang judul bukunya "Haji Setan". 

Wassalam,

chodjim

----- Original Message -----

Sent: Monday, September 24, 2012 11:06 AM

Subject: RE: [wanita-muslimah] Re: Beginilah Ritual Haji Nabi Ibrahim AS (1) + 2 + 3

 

Setuju dengan Bung Darwin, kebetulan saya akan menunaikan haji  tahun ini dari Q8 (Kuwait), semoga saya mendapatkan seperti yang diharapkan oleh seluruhUmat Islam untuk melengkapi perjalanan rahoni saya. Tahun ini kelihatannya suhu di Makkah mirip dengan suhu di Indonesia. Saya pernah berhaji disuhu paling panas (55 C – tahun 1992) dan paling dingin ( sekitar 0 C – di tahun 2006). Semoga menambah ketaqwaan kami. Bukan karena apa-apa, tetapi karena memenuhi panggilanNya. Allahu Akbar.

From: wanita-muslimah@yahoogroups.com [mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com] On Behalf Of Darwin
Sent: Monday, September 24, 2012 4:49 AM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: [wanita-muslimah] Re: Beginilah Ritual Haji Nabi Ibrahim AS (1) + 2 + 3

Ritual itu hanya prosedur, namun ibadah haji dan ibadah-ibadah lainnya hakekatnya adalah perjalanan rohani. Basisnya adalah iman, tujuannya adalah taqwa: hadirnya ALLAH dalam hati.
Wassalam,
Darwin

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Sunny" <ambon@...> wrote:
>
> http://www.jurnalhaji.com/beginilah-ritual-haji-nabi-ibrahim-as-1/
>
> Beginilah Ritual Haji Nabi Ibrahim AS (1)
> 23 September 2012 | Kategori: Rukun Haji
>
>
> Jamaah haji di seputar Ka’bah. Foto: WordPress.com.
>

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment