Advertising

Saturday 8 September 2012

RE: [wanita-muslimah] REAKSI ABDUL MUIZ - ANTARA QURAISH SHIHAB DAN ABDUL LATIF

 

Mas Ismail, wa'alikum salam

Masalah Agama sangat sensitive. Saya manusia biasa yang tak mampu "mengkafirkan'' muslim lainnya. "Men-justify" amalam muslim/muslimat yang lain (yang belum berjilbab) saya nggak berani.

Boro-boro menilai muslim yang lain…saya sendiri sebagai muslim amalan saya belum tentu diterima oleh AllahSWT.Saya hanya sekedar memberikan tambahan alasan berjilbab bukan "hadist" seperti yang anda tulis tetapi salah satunya Surat Al Ahzab ayat 59 secara lengkap. Terus terang saya nggak punya kapasitas berdebat tentang masalah Agama, Saya takut justru kita berdebat agama kita masah bisa terputus silaturahimnya sesame muslim, kecuali kalau saya diminta saran.Yang selalu saya ingat Agama Islam harus tetapmemberi Rohmatan Lil Alamin untu manusia didunia ini. ITU saja.

 

Salam

Ridwan Fakih

 

 

Mas Ridwan Faqih, assalaamu'alaikum Wr Wb

 

Ada satu hal yang vital dalam menyikapi kewajiban berjilbab wanita seperti kalimat dibawah ini :

 

Tapi bagi yang belum berjilbab kalau berlaku lebih baik dan lebih sopan, saya kira Allah masih bisa mengampuni dan menyayangi dan Allah mengetahui semuanya. Biarlah proses spirituall keagamaan berproses semakin baik dan semakin Taqwa.

 

Saya kira mengartikan ayat Al Quran harus juga mendalami Asbāb al-Nuzūl –nya. Saya kira dalam beragama Ahlakul kharimah lebih penting drpd sekedar ber Jilbab.

 

JAWABANNYA ADALAH

 

Berahlaq baik kalau tidak berjilbab, sama saja

 

 

BERHATI2LAH DENGAN KALIMAT DIATAS ... "      

 

Beramal baik, tapi2 sia2 karena amal2nya akan terhapus dosa2 buka aurat .. yang setiap saat dan terang2an dihadapan Allah SWT dan dihadapan umum ..

 

Contoh yang paling fatal adalah ketika ban yak sekali peremehan kaum muslimah berpuasa di bulan Ramadhan kemarin, amal ibadah puasanyanya sia2, Karena buka aurat dihadapan umum, meski dia mampu menahan lapar dan haus ..meski tidak berbohong, tidak bergibah dlsb .. shalat tarawih, ngaji pula ..

 

Menutup aurat itu merupakan bentuk ketaqwaan awal bagi seorang muslimah yang telah aqil baligh, tidak mungkin bisa ditawar2 lagi ..

 

 

WALLAHU A'LAM / ISMAIL

 

 

From: wanita-muslimah@yahoogroups.com [mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com] On Behalf Of ISMAIL IBRAHIM
Sent: Thursday, September 06, 2012 6:29 AM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: [wanita-muslimah] REAKSI ABDUL MUIZ - ANTARA QURAISH SHIHAB DAN ABDUL LATIF

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim, As Salaamu'alaikum Wr Wb.
Begini penjelasannya mas Muiz,
Asma binti Abu Bakar berpakaian tipis ( transparan kalau menurut zaman sekarang ) itu, maksud Nabi kita SAW .... " meski pakaiannya sudah menutupi tubuhnya, tapi bayangan tubuh kelihatan, sama saja tubuhnya telanjang, sama artinya auratnya terbuka ...."

Maka karena itu Nabi berpaling tidak mau melihat dia, karena dosa bagi orang yang melihat aurat.

(BUKAN INI)


Makanya keluarlah salah satu hadits tentang berjilbab ini, tentang batas2 aurat, pakailah jilbab yang Nabi katakan : tutuplah tubuhmu kecuali wajah dan telapak tangan ..kalau seandainya hanya wajah dan telapak tangan pakai penutup tipis ( transparan ) yaa tidak apa2 karena wajah dan telapak tangan bukan aurat ( bagian yang tidak boleh dilihat mata ) lagi ..

 

TAPI YANG INI: Komentar /tambahan Saya (RF)

Yang lebih Afdol : Quran Surat Al Ahzab ayat 59:

Al Ahzab : 59

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al Ahzab : 59)

Apa Arti  penutup surat AlAhzab-59 Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ini. Mungkin bisa berarti Yang belum bisa berjilbab masih diampuni dan masih disayang. Silahkan Pembaca renungkan. (RF).

Tambahan: 

Dan firman Alloh :

Dan perempuan-perempuan tua yang telah terhenti (dari haid dan mengandung) yang tiada ingin kawin (lagi), mereka tidak berdosa jika menanggalkan pakaian mereka dengan tidak (bermaksud) menampakkan perhiasan. Namun begitu, berlaku sopan itu lebih baik bagi mereka. Dan Alloh Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. an-Nur [24]: 60)

Secara pribadi, berjilbab lebih baik, makanya istri dan anak saya juga berjilbab. Tapi bagi yang belum berjilbab kalau berlaku lebih baik dan lebih sopan, saya kira Allah masih bisa mengampuni dan menyayangi dan Allah mengetahui semuanya. Biarlah proses spirituall keagamaan berproses semakin baik dan semakin Taqwa.

Saya kira mengartikan ayat Al Quran harus juga mendalami Asbāb al-Nuzūl –nya. Saya kira dalam beragama Ahlakul kharimah lebih penting drpd sekedar ber Jilbab.

Salam - RF

==============

Jilbab itu asal katanya hijab ( penutup ) ...maka wanita yang berjilbab itu maksudnya wanita yang sudah " menutup auratnya ".

Semoga menjadi jelas yaa ..'

Wallahu a'lam bishawwaab / ISMAIL

2012/9/6 Abdul Mu'iz <muizof@yahoo.com>

 

Mbok yo mikir ? Tentu saja manusia bisa salah, terus uraian Anda tentang pakaian tipis ditegur rasulullah sama sekali tidak membantah opini pak Quraish Shihab tentang jilbab.

Anda itu mbokyo jangan suka ganti tread (judul postingan sebut nama) seenaknya gitu lho, kan sudah pernah ditegur moderator ? Belum kapok ?

Wassalam
Abdul Mu'iz

Powered by Telkomsel BlackBerry®


From: ISMAIL IBRAHIM <manmandirimy@gmail.com>

Date: Thu, 6 Sep 2012 09:26:36 +0700

Subject: [wanita-muslimah] REAKSI ABDUL MUIZ - ANTARA QURAISH SHIHAB DAN ABDUL LATIF

 

 

Masalah Pak Dul Latif dan Quraisy Shihab.

 

 

Bukan membodoh2kan Pak Quraisy Shihab, tetapi  bodohnya yang membenarkan 100% apa saja karangan2 beliau, ya mbok mikir seribu kali, beliau juga manusia, bisa khilaf. Dari ratusan tafsirnya, ada saja satu dua yang boleh jadi salah.

 

Dan memang kalau sudah ada perselisihan pendapat umat, apalagi tentang aurat wanita, maka pendapat Qurasy Shihab harus diteliti dan dikaji dari Ulama2 Besar peringkas Qur'an dan Hadits, Jadi pilih2 dulu apa2 yang ditulis beliau kalau ada yang kontroversi dengan ratusan tahun aqidah penting Umat islam ini, mau diobok2 Pak Dul Latif itu.

 

Jelasnya bertentangan jika dibandingkan tulisan Qur'an-Hadits ratusan ribu ulama besar yang " mengharamkan wanita buka aurat karena tak berjilbab diluar rumah atau dihadapan laki2 non Muhrimnya .."



Jadi maksud kami, tidak sekali2 Quraisy Shihab yang bodoh, tetapi kita2 ini bodoh atau ada orang2 yang mau membodohi umat ..  dengan mengatakan  " wanita tanpa jilbab diluar rumah, sah2 saja .. "



PERHATIKAN BAIK2 BUNYI SUNNAH RASUL INI :

 

 

Hadis riwayat Sayyidatul Aisyah R.A,

 

" bahwasanya Asma binti Abu Bakar masuk menjumpai Rasulullah dengan pakaian yang tipis, lantas Rasulullah berpaling darinya dan berkata, " Hai Asma, sesungguhnya jika seorang wanita sudah mencapai usia haid  ( akil balig ) maka tidak ada yang layak terlihat ( AURAT ) kecuali ini," sambil beliau menunjuk WAJAH DAN TELAPAK TANGAN ".

 

(  HR : ABU DAWUD R.A DAN BAIHAQI R.A ).

 

 

PERHATIKAN BAIK2 AYAT PERIHAL AURAT DALAM AL QUR'AN INI :

 

 

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاساً يُوَارِي سَوْءَاتِكُمْ وَرِيشاً وَلِبَاسُ التَّقْوَىَ ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آيَاتِ اللّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ   

YAA BANII AADAMA, QAD ANZALNAA 'ALAIKUM LIBAASAY YUWAARII SAU AATIKUM WA RITSAA. WA LIBAASUT TAQWAA. DZAALIKA KHAIIR. DZAALIKA MIN AAYAATILLAHI LA'ALAKUM YADZ DZAKKARUUN.

 

7.26. Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup 'auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda2 kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.                                                                                                       

(  QS  07 AL A'RAAF  AYAT 26  )

 

 

 

KATA2 " YAA BANI ADAM " KENAPA BUKAN " YAA AYYUHAL LADZIINA 'AAMANUU ", MEMBUKTIKAN, BAHWA BUKAN HANYA ORANG2 MUSLIM YANG WAJIB MENUTUP AURAT DENGAN BENAR, TETAPI JUSTRU SELURUH MANUSIA - MANUSIA ITU BANI ADAM ( ANAK CUCU ADAM ) SEMUA BUNG !!

 

SEDANGKAN SUNNAH RASUL ITU TADI, UCAPAN NABI MUHAMMAD SAW, NABI-RASUL YANG DIWAJIBKAN TUHAN MANUSIA UNTUK KITA SEMUA MANUSIA MENGIKUTI AJARAN2 BELIAU.

 

KARENA NABI MUHAMMAD SAW ADALAH NABI-RASUL PENUTUP SAMPAI AKHIR ZAMAN, TIDAK ADA LAGI NABI-RASUL SESUDAH BELIAU, SEHINGGA BELIAU DIHADIRKAN ALLAH SWT UNTUK DIIKUTI SELURUH MANUSIA, SEBAGAIMANA ISLAM DAN AL QUR'AN WAJIB DIIKUTI OLEH SELURUH MANUSIA ...

 

Hanya saja karena KE-JAHILIYAAH-AN MODERN, membuat orang2 non Muslim enggan masuk Islam ..

 

 

Wallahu a'laam. Semoga pak Dul Latif menjadi cerah dan tidak menyesatkan generasi muda kita ..

 

Wassallam / ISMAIL

 

 

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment