Advertising

Monday 24 September 2012

[wanita-muslimah] Ancaman Mundur Abraham Samad Dinilai Prematur

 

 
Revisi UU KPK
 
Ancaman Mundur Abraham Samad Dinilai Prematur
Penulis : Hafizd Mukti
Selasa, 25 September 2012 01:48 WIB    
Ancaman Mundur Abraham Samad Dinilai Prematur
MI/Susanto/as
JAKARTA--MICOM: Komisi I DPR RI berencana melakukan revisi terhadap UU nomor 30 tahun 2002 yang mengatur tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satu rencana revisi yang akan diubah oleh komisi tiga adalah terkait dengan pasal penyadapan yang ada di Pasal 12 A UU KPK.

Rencana merevisi kewenangan penyadapan, berimplikasi pada ancaman mundur Ketua KPK Abraham Samad jika benar-benar kebijakan tersebut dilakukan. Namun, anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan, menilai ancaman Abraham terlalu prematur.

"Terlalu prematur Abraham bilang seperti itu. Rencana (revisi) itu masih jauh karena di Baleg saja masih sinkronisasi dan harmonisasi. Mungkin itu Abraham emosional," kata Trimedya, Senin (24/9).

Menurut Trimedya, dengan kewenangan yang luar biasa ada pandangan apa yang diperoleh KPK belum maksimal. Menurutnya, sampai saat ini belum ada kewengan KPK yang dipangkas, sehingga tidak ada alasan Abraham untuk mengeluarkan pernyataan seperti itu.

"Kita harus melihat, KPK yang seharusnya mengerjakan kasus besar memilih menurut penafsirannya, tapi apa yang ada sekarang KPK dianggap mendominasi kebenaran, itu kan tidak boleh, Tuhan bisa marah," katanya.

Lebih jauh, Trimedya menjelaskan, rencana ini sekaligus melakukan evaluasi terhadap KPK yang telah berusia 10 tahun. Terkait penyadapan, Trimedya dan Komisi III hanya mempertanyakan proses penyadapan berikut dengan mekanisme kontrolnya. Trimedya mengkhawatirkan adanya abuse (penyalahgunaan) dari kewenangan penyadapan ini.

"Anggap saja ini hanya evaluasi 10 tahun. Kalau senjata yang digunakan KPK beda dengan polisi dan jaksa jangan harap hasilnya sama. Tapi menurut saya (FPDIP) merasa belum perlu untuk itu," tutupnya. (Pit/OL-2)

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment