Advertising

Thursday 13 September 2012

[wanita-muslimah] bom bali itu nuklir bukan sih ?

 

dari blognya mardigu wiewok p
 
biar jelas kalau bom di indonesia memang bisa dirakit dari bahan seadanya dan melulu nyalahin nuklir.
 
===
 
 
( cerita siang) Tuiiiiiiit..peluit panjang terdengar menggema di seluruh quarry kapur. Kami semua merapat ke safety area. Dalam hitungan detik, BOOOOM!! Terdengar ledakan besar di sertai serpihan batu kesana kemari, asap hitam mengepul tipis. Itu adalah kerjaan rutin di quary kapur calsindo setiap minggu 2 kali melakukan blasting.

Hal ini rupanya menarik perhatian pihak aparat keamanan.

Hingga s...
uatu hari ada 2 perwira muda polisi berpangkat kapten datang ke tambang kapur kami. Tujuan utama, bermaksud melakukan pelarangan dan penghentian tindakan blasting tersebut.

"Kami bermaksud mempertanyakan penggunaan blasting yang anda lakukan. Kami mendapat laporan dari warga bahwa serng terjadi peledakan di bukit kapur ini", Kata perwira yg lebih tinggi badannya.

Apakah dilarang pak?

Tidak, jika ada izin penggunaannya.

Ya kami punya lengkap pak..sambil saya memerintah staf legal mengambilnya. Kami bahkan sdh memiliki izin untuk hi explosive yang menggunakan TNT. Kedua polisi itu mencek seleuruh dokumen legal kami, lengkap!

Lalu saya menceritakan bahwa jenis batuan kapur hardness nya tidak sekeras batu split, dimana kalau di tambang batu banyak yg pakai TNT atau hi explosive lainnya maka kalau kapur di kasih TNT kapurnya bisa jadi debu, hancur dan tidak bisa di pakai. Kalau langsung di garuk pakai excavator terlalu keras, rusak scoop dari back hoe kami..saya menjelaskan kondisi lapangan mengapa calsindo memakai blasting teknik di kombinasi dengan back hoe dan tenaga masyarakat yang mengumpul batu serpihan.

Lalu bagai mana anda meracik low explosive? Kata polisi yang kecil yang banyak senyum

Ada 5 macam teknik mas saya menjelaskan ( saya memanggil mas stelah tahu usia saya hanya terpaut 3-5 tahun lebih muda)… saya menceritakan asal muasal bagaimana kami memiliki berbagai macam teknik pengeboman plus bahan dasarnya yg berbeda2..

Saya memiliki seorang ayah yang menjadi tentara di angkatan udara, dia merupakan alumni ITB dari jurusan perminyakan, lulus ITB tahun 1964. Mengabdi pada angkatan udara dengan pangkat kapten pensiunnya, dia mengajukan pension dini. Karirnya di militer sebagai kepala lab membuat sepanjng karir militernya adalah mengembangkan sumber2 untuk bahan bakar militer dan amunisi.

Karena ketrampilan kimia tersebut ayah kami untuk memenuhi kebutuhan harian rumah selalu membuat sabun sendiri, detergen sendiri, shampoo sendiri dan banyak hal yang ayah saya buat. Termasuk ketika lebaran. Yang namanya petasan, kembang api bahkan roket buat firework yang meledak diatas dan berwarna-warni kami buat sendiri. Di usia pensionnya pada tahun 1996 tersebut beliau saya perlukan tenaganya. Beliau kami pekerjakan untuk mengajari 3 anak pabrik untuk bisa mengerjakan blasting atau dibaut sbg ahli peledakan. Perlu di catat 70% pegawai pabrik calsindo adalah anak pesentren. Dan 3 pakar bom yg dididik ayah saya tidak terkecuali..inilah yang membuat saya di tahun 2000an terindikasi beraliran garis keras mendukung terorisme ( di terangkan di Tulisan lainnya) . Karena memahami bom dan menjadi kan anak-anak pabrik masuk daftar awas. Mereka adalah alimin, syamsuri dan budi handaya.

Salah satu legacy yang di ajarkan ayah saya almhm bpk Trisunu yaitu meracik bom dengan bahan dasarnya adalah pupuk tanaman biasa. Biasa terjual di pasaran seperti sodium nitrate, arang ( charcoal) dan sulfur atau di apotik disebut tepung sulfur.

Dengan takaran tertentu maka daya ledaknya sesuai dengan yg di butuhkan.

Yang membuat 2 teman di kepolisian heran adalah bahannya beragam pilihan. Misalnya tidak ada sodium nitrate maka di gunakan bahan lain yaitu potassium chlorite – bahan buat odol. Potassium chlorite ini bahkan lebih keras ledakannya di banding sodium nitrate. Dan ayah saya memberikan lebih dari 5 macam racikan, semua dari bahan umum, seperti garam industry dll. Ini membuat masalah di mata rekan polisi. Karena di tahun 1996 hal ini belum diatur dengan baik alias tidak ada aturannya. Kalau hi explosive seperti TNT, C4 , bomb plastic sdh ada aturanya dan harus terdaftar dan membelinya terbatas lewat pindad misalnya. Sedangkan low explosive seperti yg calsindo kerjakan saat itu masih di anggap mercon besar saja.

Baru sekarang ketika banyak bom teroris maka low explosive di tata aturannya karena fakta didapat dari lebih 30 bomb yg diledakan teroris sejak bom natal tahun 2000, bom bali I. bom bali II, bom marriot hingga bom pipanya group pepi tahun 2010, semua low explosive yang membedakan hanya dosisnya. Kalau kayak bom bali II di paddy's café itu hampir beratnya 500 kg. jelas saja efeknya kayak hi explosive!

Pokoknya anak2 bagian blaster bisa buat dari semua unsur kimia yang masuk kategori oksidator kuat. Seperti KClO3 potasium nitrate dll intinya oksigen murni bisa dilepas disambar percik api ..BOOM!

Ada lagi yg membuat sobat polisi bertanya-tanya, karena ignitionnya-pemicu residu, resin atau bisa pakai teknik apa aja, press & release atau electric. Yang tersering adalah sistem electric menggunakan batere accu. Lama mereka berdua di pabrik dan sejak saat itu mereka sering mampir bolak balik. Mereka sungguh sungguh terpesona dengan mainan bom calsindo. Sering kami demokan hal yang aneh2 pada saat blasting day .

Selain mempelajari mereka juga curhat. Salah satunya, polisi seakan warga negara kelas 2. Dulu AD dan ABRI lebih ber taring. Polisi anak bawang. Sehingga di tahun 1995/96 di masa mereka berdua kapten mereka hampir tidak ada kerjaan. Praktis membosankan dunia polisi kala itu, demikian curhatan mereka berdua.

Suatu hari saya menyarankan mereka untuk ambil sekolah lagi. Ambil master lanjutin sekolah lagi, dan saya sarankan jurusan Bomb, intelegen dan terrorism supaya di jajaran polisi ada Bomb squad. Minta Negara bayarin. Ternyata mereka mengajukan dan ternyata disetujui. Yang jangkung ke Australia dan Amerika. Yg pendekan dan berbadan kecil ke Inggris dan Amerika. Bahkan si badan kecil sampai doctoral S3. Sekolah Bomb dan terrorism plus keilmuan psikologi. Keduanya serius memanfaatkan masa belajar. Sekolah intelegen MI6, ke FBI, NSA di didik langsung oleh trainer Mossad dll. Dari 1996-1999 adalah periode kesana kemari belajar. Di tahun 1999-2000 salah satu berada di posisi konflik ambon poso. Yang satu selalu ada di TV jika ada bomb terjadi dimana sejak mereka kembali dan tahun 2000 aktifitas teroris terjadi. Karir mereka meroket naik. Secara kepangkatan, AKBP, Kombes semua jabatan strategis dengan cepat mereka lalui. Bahkan saat ini salah satu sdh jendral berbintang dan yang satu sijangkung akan berbintang pula. Masih kombes namun posisinya di Bareskrim sangat vital.

Kedua sahabat inilah sebenarnya yang mengajari saya ditahun 1996-2000 keilmuan intelegen, kursus paramiliter adalah rekomendasi mereka, beberapa kursus related kepada kriminal khususnya extra ordinary crime adalah keilmuan mereka. Data dari merekalah membuat saya seakan menjadi pakar teroris kawakan. Jujur saja, tadinya hanya hobby2an, belajar2an, diskusi literature, dan tidak disangka di tahun 2006-2011 saya malah aktif menjadi terlibat. Bahkan beberapa tempat TKP masih hangat kejadianya saya sdh disana. Sehingga sewaktu rekan-rekan media tanya, saya sdh dapat berita fakta dari tangan pertama.

Dari pertemuan tidak sengaja lebih dari 15 tahun yang lalu. Dari percakapan pertemanan, dari sharing ilmu dari diskusi dan data fakta jadilah sebuah rangkaian yang kami sendiri tidak pernah menyangka akan terjadi. Adanya jaringan teroris di Indonesia yang menggunakan bom sebagai episentrumnya. siapa yang menyangka, keilmuan yang tidak popular mendadak ada di baris depan dalam menangani teroris # peace be upon us

 

 
===
 

salam,
Ari
status : mahasiswa


__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment