Advertising

Sunday 23 September 2012

[wanita-muslimah] KPK di Tengah Pusaran Century

 

Ref: Siapa saja yang adalah pemegang kunci rahasia bail out Bank Century dan apakak kasusnya dapat diselesaikan sebagaimana mestinya? Disamping kasus Bank Century ada juga kasus  lebih besar lagi yaitu hasil panen korupsi alm Soeharto selama bertugas baik sebagai jenderala TNI dan kemudian 32 tahun presiden NKRI. Menurut daftar UN StAR, harta panennya ini disembunyikan di berbagai pelosok dunia. UN StAR  bersedia membantu untuk mengusut harta alm Soeharto, tetapi pihak rezim NKRI selama ini seperti pasien berpenyakit pilon, tahu tetapi tidak ingat.
 
 
KPK di Tengah Pusaran Century
Sabtu, 22 September 2012 00:00 WIB    
 
 
 
DUA tahun sudah skandal pengucuran dana talangan Rp6,7 triliun ke Bank Century mengendap di laci Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK mengaku sudah memeriksa banyak saksi guna menenun konstruksi hukum kasus itu, tetapi belum jua sampai ke tujuan.

Sejujurnya, DPR telah berjasa menuntun KPK untuk membuka tabir Century. Rekomendasi Pansus Bank Century DPR pada 2010 jelas menyebut sejumlah nama yang mesti bertanggung jawab dalam bailout Century yang sarat aroma tak sedap itu.

Ada nama mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Boediono yang kini wakil presiden. Ada pula nama Sri Mulyani, mantan menteri keuangan yang kini menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia. Akan tetapi, hukum mempunyai postulat sendiri. Bagi KPK, rekomendasi Pansus Century bukanlah alat bukti yang bisa menjadi pijakan untuk melangkah. Rekomendasi itu adalah karya politik yang penuh dengan kepentingan. DPR geregetan melihat kinerja KPK yang berjalan bagai keong, amat pelan.

Tim Pengawas Century DPR mencari celah mendorong lagi KPK. Kali ini timwas mengundang mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang diduga mengetahui banyak hal di sekitar bailout Century itu.

Keterangan Kalla di depan Timwas Century DPR pada Rabu (19/9) sungguh mengejutkan. Mengejutkan karena Kalla sebagai penjabat presiden--saat itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sedang ke luar negeri--mengaku tidak diberi tahu mengenai pengucuran dana talangan ke Bank Century. Kalla menilai bailout Century merupakan operasi senyap. Bahkan Sri Mulyani pun, kata Kalla, mengaku ditipu oleh Bank Indonesia.

Bagi kita, keterangan Kalla mestinya menjadi amunisi bagi KPK untuk menguak tuntas misteri Century. Tetapi sejujurnya kita pesimistis, bahkan sangat pesimistis. Keraguan itu karena KPK mengeluh kekurangan tenaga penyidik. Polri menarik 20 penyidiknya dari KPK dan bakal disusul penarikan puluhan penyidik Polri lainnya.

Kita ingatkan, jika bernafsu menangani semua kasus korupsi tanpa berniat membaginya dengan kepolisian dan kejaksaan, KPK akan terus defisit tenaga penyidik. Mestinya, KPK menyerahkan sebagian kasus korupsi kepada kepolisian atau kejaksaan kemudian melakukan supervisi. Dengan cara itu KPK membangun kepercayaan publik kepada kepolisian dan kejaksaan.

Kasus-kasus korupsi yang melibatkan kepala daerah dan anggota DPRD, misalnya, perlu dipercayakan kepada kepolisian dan kejaksaan. Meski menangkap tangan pelakunya, KPK tidak perlu memonopoli perkara itu. Namun, kasus Century harus tetap ditangani KPK. Perkara itu kental diselimuti aroma kekuasaan dan tekanan politik. Bahkan kasus Century mesti menjadi barometer keberhasilan KPK.

Karena itu, kita heran dengan sikap Ketua KPK Abraham Samad yang berharap kasus Century tidak dijadikan barometer menakar keberhasilan lembaga antikorupsi itu. Apakah KPK sudah berubah? Jangan-jangan KPK lamban menangani kasus Century karena menghadapi tekanan politik lalu tunduk pada tekanan itu

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment