Advertising

Wednesday 12 September 2012

[wanita-muslimah] Panen Ubur-ubur di Pantai Selatan Jateng

 

 
 
 

Panen Ubur-ubur di Pantai Selatan Jateng

EVIYANTI/
EVIYANTI/"PRLM"
NELAYAN di pesisir selatan barat Jawa Tengah , Cilacap , Kebumen hingga Purworejo panen ubur-ubur, Rabu (12/9/12).*

CILACAP, (PRLM).- Nelayan sepanjang pesisir selatan barat Jawa Tengah , Cilacap , Kebumen hingga Purworejo panen ubur-ubur. Binatang bertentakel tersebut bakal diekspor ke sejumlah negara di Asia, Jepang, China dan Korea sebagai bahan baku kosmetik.

Ubur-ubur mulai menepi ke pantai untuk mencari wilayah perairan yang lebih hangat dengan berkoloni. Ubur-ubur mulai kelihatan sejak tiga hari terakhir ini,

"Di sekitar pantai Gombong hingga Kebumen atau sekitar 3 jam perjalanan dari pantai Cilacap banyak ditemukan kelompok-kelompok ubur-ubur," kata Slamet, nelayan yang biasa mangkal di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC), Rabu (12/9/12).

Kini ratusan nelayan terkonsentrasi di wilayah tersebut mengingat tangkapan ikan mulai sepi, serta belum masuk masa panen ikan.

Menurut dia, harga jual ubur-ubur berkisar antara Rp 700/kg – Rp 800 per kg. Memang harganya tidak terlampau mahal, namun biaya untuk proses pengeringan ubur-ubur bisa melebihi harga jualnya.

Sejumlah nelayan mengungkapkan pasar ubur-ubur cukup terbuka luas. Karena selama ini berapa pun hasil tangkapan nelayan selalu dibeli. Biasanya satu perahu fibreglass bisa memperoleh ubur-ubur sebanyak satu ton sedangkan perahu compreng sekitar 5 ton.

Di Cilacap ada beberapa perusahan yang menampung ubur-ubur hasil tangkapan nelayan yakni PT Suisan Jaya CV Mahera, dan CV Wijaya Kusuma. PT Suisan Jaya mempu menyerap 80 ton per hari setoran nelayan.

Sementara Ketua KUD Mino Saroyo Untung Wijayanto mengakui, KUD tidak melakukan impor langsung tapi ditangani oleh sejumlah perusahaan ekspor-impor berada di di Cilacap. (A-99/A-88)**

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment