Advertising

Sunday 2 December 2012

[wanita-muslimah] Menkes: HIV Meluas, Baru Ngomong Kondom Sudah Didemo

 

Ref: Baru  mau bicara belum action sudah pasang kondom, itu artinya sedia payung sebelum hujan. hehehehehe
 
 
 

Menkes: HIV Meluas, Baru Ngomong Kondom Sudah Didemo


 

Sabtu, 01 Desember 2012

Hidayatullah.com--Kasus HIV AIDS di Indonesia secara kumulatif mencapai 120.000 orang sejak 1997 sampai September 2012 dan penyebrannya semakin meluas di 33 provinsi dan 341 kabupaten/kota, lapor BBC Indonesia (1/12/2012)

Jumlah perempuan yang terinfeksi HIV sekitar 35 persen, dan cenderung mengalami peningkatan. "Dari perempuan yang dilaporkan HIV positif lebih banyak ibu rumah tangga dibandingkan PSK (Pekerja Seks Komersial), ini mereka korban karena mereka tidak perilaku berisiko, dan menggunakan narkoba tapi tertular dari suaminya," jelas Nafsiah kepada BBC Indonesia.

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan peningkatan terjadi karena kurangnya pemakaian kondom di kelompok yang berisiko seperti pekerja seks PSK.

"Prevalensi pada PSK perempuan, laki-laki, waria itu meningkat, ini mengkhawatirkan, dan salah satu penyebabnya karena penggunaan kondom yang kurang," kata Nafsiah kepada BBC Indonesia.

Kementerian kesehatan menyebutkan jika pencegahan tidak dilakukan diperkirakan kasus baru HIV bisa mencapai 76.000 per tahun.

Jumlah orang dengan AIDS sampai September 2012 mencapai 3.541 orang, turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 6.187 orang. Sementara jumlah pengidap HIV turun dari 21.031 orang menjadi 9.883 orang.

Menteri Kesehatan menyebutkan sekitar 10 persen pekerja seks perempuan sudah terinfeksi, dan karena mereka tak bisa memaksa pelanggan untuk menggunakan kondom.

"Tidak seperti Thailand no kondom no sex, Indonesia belum bisa memaksakan penggunaan kondom, saya baru ngomong kondom saja sudah didemo, tetapi ini harus dilakukan untuk melindungi kaum perempuan," kata Nafsiah.

"Laki-laki dia pergi beli seks dan penyakitnya tidak pusing, lalu dia menularkan kepada perempuan lain, bahkan kepada istrinya sendiri," imbuhnya.

Kampanye penggunaan kondom sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran HIV AIDS di Indonesia menjadi perdebatan tajam, terutama kampanye penggunaan kondom yang dianggap sebagai sebagai bentuk dukungan terhadap seks bebas dan melegalkan lokalisasi.

Ketua MUI Amidhan mengatakan kampanye penggunaan kondom dikhawatirkan akan disalahgunakan untuk perzinahan.

"Dikhawatirkan digunakan tidak sebagaimana mestinya kan untuk kontrasepsi dan jika ada kampanye seperti ini nanti akan digunakan bukan untuk suami istri dan menyuburkan pelacuran," kata Amidhan kepada BBC Indonesia, Sabtu (1/12/2012).

Amidhan mengatakan pencegahan penularan Aids dapat dilakukan dengan pendekatan agama dan moral. "Kita supaya mencegah dari motivasi dirinya, sebab kalau dengan cara kampanye kondom artinya orang boleh terus melakukan tindakan yang mendekatkan ke penyakit HIV," tambah Amidhan.

Menurut Amidhan masih ada alternatif lain untuk pencegahan penularan HIV AIDS selain kampanye penggunaan kondom.

Sementara, menteri kesehatan menyatakan kampanye penggunaan kondom hanya dilakukan terhadap kelompok yang berisiko dan tidak untuk seluruh kalangan masyarakat.

"Kalau agama diyakini semua orang ya tidak akan ada pelacuran atau narkoba, tetapi jika sudah tertular, petugas kesehatan berkewajiban untuk pengobatan dan mepromosikan kondom."

"'Kalau kembali ke agama alhamdulillah, kalau tidak yang harus pake kondom, tak bisa bertentangan satu dengan yang lain, karena masing-masing memiliki peranan yang penting," jelas Nafsiah.

Untuk pencegahan penularan kepada pasangan , para ODHA (orang dengan HIV/AIDS) juga dapat memperoleh kondom secara gratis di Puskesmas.

Penyediaan layanan untuk pencegahan penularan HIV di Puskesmas diharapkan dapat menurunkan tingkat penyebaran HIV. Sampai 2012, baru 30 persen Puskesmas yang memiliki layanan pencegahan penularan HIV.

Menteri kesehatan Nafsiah Mboi menargetkan seluruh puskesmas yang ada di Indonesia memiliki layanan pencegahan dan penyediaan obat untuk Orang dengan HIV AIDS ODHA, pada tahun 2014 nanti.*

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment