Advertising

Monday 11 February 2013

[wanita-muslimah] Giliran pengusaha ancam buruh

 

 
 
 
Giliran pengusaha ancam buruh
Ekonomi Bisnis | Rabu, 07 November 2012 | 10:40    Dibaca 234 kali    Komentar 0
Oleh : MN3, manadonews.com
demo buruh.
 
Ternyata ancaman perusahaan untuk hengkang dari Indonesia tidak hanya gertak sambal. Demo buruh yang terus menerus terjadi sudah di luar kemampuan perusahaan untuk tetap menjaga momentum produksi di Indonesia.

Demo buruh di Jakarta telah terjadi lebih dari tiga kali tahun ini. Demo buruh tersebut menuntut kenaikan upah minimum dan menolak jasa alih daya (outsourcing). Akhir Oktober lalu, Apindo telah mengantongi 10 perusahaan yang berencana hengkang ke Bangladesh karena banyaknya waktu yang terbuang akibat mogok kerja para buruh,

Kemarin, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Hariyadi Sukamdani mengatakan ke-10 perusahaan tersebut telah memutuskan untuk berhenti produksi. Kesepuluh perusahaan itu di antaranya adalah perusahaan pembuat sepatu terkenal di Tangerang, Panarub dan Samsung.

"Baru hari ini mereka akan confirm untuk stop produksi. Kemarin baru minta izin saja," ujar Hariyadi.Hariyadi menjelaskan, alasan perusahaan-perusahaan tersebut untuk menghentikan produksinya adalah manuver buruh yang telah di ambang batas. "Mereka sudah tidak tahan lagi," ujar Hariyadi.

Selain itu, perusahaan juga menilai upah buruh di Indonesia semakin memberatkan. Rencana pemerintah untuk menaikkan upah minimum provinsi (UMP) dianggap semakin memberatkan perusahaan. "Bayangkan saja, perusahaan harus menyediakan 34 persen dari total belanja perusahaan hanya untuk jaminan sosial karyawan dan uang pensiun," kata dia.

Di sisi lain, pemerintah juga dianggap angkat tangan dan meninggalkan persoalan buruh langsung kepada pengusaha. "Pemeritah sekarang dianggap populis. Mau nggak mau pemerintah harus turut campur akan nasib perusahaan dan buruh," kata dia.Secara terpisah, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengaku khawatir akan demo-demo buruh yang berlangsung. Dia berjanji akan menemukan jalan tengah antara perusahaan dengan buruh.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri melihat persoalan buruh ini sedikit banyak akan mempengaruhi investasi ke depannya. ""Komplain paling besar itu sweeping dan jaminan keamanan. Mereka bilang kalau aksinya anarkis ini bisa menimbulkan persoalan," ujar Chatib Selasa (6/11).

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment