Advertising

Sunday 10 February 2013

[wanita-muslimah] Parpol Berbasis Agama Sulit Ikuti Demokrasi Liberal

 

Ref: Mudah saja untuk bisa ikut demokrasi liberal,  yaitu: (1) urusan negara dipisahkan dari urusan agama dan sebaliknya, (2) partai politik berbasis agama dibubarkan dan (3) kementrian agama  (Kemag) dipertiadakan.
 
 

Parpol Berbasis Agama Sulit Ikuti Demokrasi Liberal

Ketua DPP PKS Zulkeflimansyah (kedua kiri) bersama sejumlah pembicara (ANTARA/Reni Esnir)

Jakarta, GATRAnews
- Ketua DPP PKS, Zulkieflimansyah mengakui partai politik (Parpol) berbasis agama, termasuk Islam kesulitan mengikuti instrumen perkembangan demokrasi liberal. "Posisi Parpol Islam dalam demokrasi liberal tidak mudah, dalam demokrasi punya mekanisme yang akan memaksa semua Parpol berperilaku sama," kata Zulkieflimansyah dalam diskusi bertajuk "Quo Vadis Parpol Islam dalam Arus Demokrasi Liberal" di Jakarta Selatan, Minggu, (10/2).

 

Namun demikian, kata Zulkieflimansyah, saat ini Parpol berbasis keagamaan dipaksa untuk melakukan demokrasi liberal seperti Parpol yang basis nasionalis. Menurutnya, Parpol berideologi Islam maupun agama lain, karena harapan yang tinggi, kemudian harus berkonfrontasi dengan identitasnya yang tidaklah mudah.

 

"Karena dalam demokrasi sendiri, punya istrumen yang meminta semua berprilaku sama. Padahal, diharapkan dengan moralitas yang tinggi dan harus berperilaku berbeda dengan parpol lainnya," ujarnya. Wakil ketua Komisi XI DPR RI ini, menambahkan, rasa kesemaan istrumen itu terlihat dari bagaimana mencari sebuah logistik. Seperti halnya dalam sebuah penghitungan ekonomi demokrasi, di mana adanya proses yang sangat mahal.

 

"Proses dalam ekonomi memiliki proses yang sangat mahal untuk mendapatkan infomasi yang mendekatkan kebenaran," ujarnya. Lebih jauh dijelaskan, bahwa demokrasi di tengah keterbatasan keuangan, menjadi kendala. Kendati pihaknya merasa yakin jelang Pemilu 2014 mendatang masih ada waktu untuk meyakikan kembali kepada pemilih.(IS)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment