Advertising

Tuesday 26 February 2013

[wanita-muslimah] Presiden: Pancasila Jangan Disakralkan

 

 

Presiden: Pancasila Jangan Disakralkan
Rabu, 27 Februari 2013 | 6:12

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. [Antara] Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. [Antara]

[JAKARTA] Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, Pancasila sebagai ideologi negara jangan disakralkan dan menjadi dogma yang kaku.

Hal itu dikatakan oleh Presiden saat memberikan sambutan pada peresmian gedung Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi Mahkamah Konstitusi (MK) yang terletak di Cisarua, Bogor, Selasa (26/2).

"Pancasila tidak boleh kita sakralkan, kita dogmakan, mari kita tetap jaga sebagai open ideology (ideologi terbuka)," kata Presiden.

Presiden mengatakan, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara harus mampu tetap relevan seiring dengan perkembangan zaman.

Menurut Presiden, Pancasila merupakan jalan alternatif atas dua ideologi ekstrem yang saling berlawanan, Marxisme Komunisme dengan Kapitalisme Liberalisme.

Presiden mengatakan bahwa Marxisme Komunisme mengalami koreksi pascaperang dingin. Negara-negara Eropa Timur yang menerapkan ideologi ini mengalami perubahan fundamental.

Sementara itu, ideologi Kapitalisme Liberalisme juga mengalami koreksi seiring dengan krisis ekonomi dunia yang masih mendera saat ini.

"Saya mengatakan kedua ideologi itu telah mengalami koreksi sejarah. Indonesia selamat, kita memilih jalan berbeda, tidak masuk dalam kutub-kutub ideologi itu," kata Presiden.

Sementara itu, Ketua MK Mahfud Md. mengatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi yang terbuka merupakan fitrah bangsa Indonesia yang tidak bisa digantikan dengan ideologi lain.

Menurut dia, Pancasila digali dari keluhuran budaya bangsa yang sudah berakar dan dipraktikkan sejak lama oleh nenek moyang bangsa Indonesia.

Kendati demikian, Pancasila harus diletakkan dalam kerangka ideologi terbuka yang selalu bisa ditafsirkan berdasarkan perkembangan masyarakat di berbagai kearifan lokal. [Ant/L-8]

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment