Advertising

Friday 20 December 2013

[wanita-muslimah] Lebih menhargai ibu

 

31221

 

 

Menghargai peran ibu.

 

 

Bismi 'l-lahi 'r-rahmani 'r-rahiem.

 

 

Jika kita perhatikan betapa perjuangan seorang ibu yang hamil dengan berbagai macam tantangan dan kesulitannya, memang pantas kalaulah nyatanya Rasulullah Muhammad saw menyatakan bahwa ketaatan kepada ibu lebih diutamakan ketimbang kepada ayah; ayah di urutan ke empat, sedangkan ibu di urutan pertama, kedua, dan ketiga. Betapa pentingnya peran ibu-bapak dihargai Allah SwT dengan menyebut keduanya dalam urutan perterimakasihan segera sesudah Allah.

 

DAN KAMI PERINTAHKAN KEPADA MANUSIA(BERBUAT BAIK) KEPADA DUA ORANG IBU BAPAKNYA; IBUNYA TELAH MENGANDUNGNYA DALAM KEADAAN KELEMAHA YANG BERTAMBAH-TAMBAH,(LALU MENYUSUINYA), DAN MENYAPIHNYA DALAM DUA TAHUN. BERTERIMAKASIHLAH KEPADAKU DAN KEPADA KEDUA IBU-BAPAKMU; HANYA KEPADAKULAH KEMBALIMU (UNTUK MEMPERTANGGUNGJAWABKAN TINDAKANMU). (Surah Luqman [31] ayat 14)

 

Dalam kerangka penghormatan ini sampai-sampai walau orang tua belum mengakui ketuhanan Allah yang Esa dan kerasulan Muhammad (baca: belum muslim) harus tetap dihormati kalaupun keduanya memaksa-maksa si anak untuk musyrik.

 

DAN JIKA KEDUANYA MEMAKSAMU UNTUK MEMPERSEKUTUKAN DENGAN AKU SESUATU YANG TIDAK ADA PENGETAHUANMU TENTANG ITU MAKA JANGANLAH KAMU IKUTI KEDUANYA; PERGAULILAH KEDUANYA DI DUNIA DENGAN BAIK. IKUTILAH JALAN ORANG-ORANG YANG KEMBALI KEPADAKU (BERTAUBAT); KEMUDIAN HANYA KEPADAKULAH KEMBALIMU, UNTUK KUBERITAHUKAN APA YANG TELAH KAMU KERJAKAN. (Surah Luqman [31] ayat 15)

 

Sikap kasih sayang seorang anak kepada orang tuanya harus ditunjukkan dan dijiwai sepenuh hati. Selain sikapnya yang tampak sehari-hari, seorang anak dituntut untuk membalas kasih sayang orang tua dengan permohonan kebaikan-kebaikan kepada Allah Yang Maha Kuasa dengan doa-doanya.  

 

DAN RENDAHKANLAH DIRIMU TERHADAP MEREKA BERDUA DENGAN PENUH KESAYANGAN, DAN BERDOALAH: "WAHAI TUHANKU, KASIHILAH MEREKA KEDUANYA, SEBAGAIMANA MEREKA BERDUA TELAH MERAWAT DAN MENDIDIK AKU SEWAKTU KECIL". (Surah al-Isra' [17] ayat 24)

 

Sikap terhadap orang tua itu harus dijiwai sepenuh hati! Oleh karena itulah Allah secara tegas memberi peringatan keras dengan menyebutkan bahwa Allah Maha Tahu.

  

TUHANMU LEBIH MENGETAHUI APA YANG ADA DALAM HATIMU; JIKA KAMU ORANG YANG BAIK-BAIK, MAKA SESUNGGUHNYA DIA MAHA PENGAMPUN BAGI ORANG-ORANG YANG BERTAUBAT.                                       (Surah al-Isra' [17] ayat 25)

 

Namun demikian di ahir ayat di atas Allah menunjukkan  sifat kasih sayangNya dengan menyampaikan bahwa kalaulah selama ini kita masih belum benar-benar mewujudkan kasih sayang kita kepada kedua orang tua kita, Allah masih memberi kesempatan kepada kita untuk diampuni asalkan kita mau berbenah diri dengan bertaubat.

 

Lebih-lebih terhadap ibu, seorang anak harus benar-benar menyadari kedudukannya, bahwa dia tak mungkin membalas kebaikan apa yang telah dilakukan oleh ibunya. Pernah seorang pemuda menghadap kepada Rasulullah "mengadu" kepada beliau bahwa ibunya yang walau sangat lemah sangat ingin menunaikan ibadah hajji, maka pemuda itu harus menggendongnya ketika thawaf, sai, maupun lempar jumrah dalam pelaksanan ibadah hajji itu sampai-sampai kakinya bengkak dan berdarah-darah. Akhirnya pemuda itu bertanya apakah semua yang dilakukannya itu cukup sebagai balas budinya kepada si ibu. Ternyata jawaban Rasulullah: "Semua yang kamu lakukan itu belum senilai setitik darah ibumu ketika melahirkanmu!"

 

Semoga kita dapat menjadi anak yang baik, yang pandai menghargai betapa tinginya peran ibu bagi anaknya dengan mampu lebih menunjukkan kasih sayang kita kepada ibu kita, bukannya hanya berhura-hura di "Hari Ibu".

 

 

Wa 'l-Lahu a'lamu bi 'sh-shawwab.

 

 

 

==============================

 

SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

 

SWT. = subhanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

 

 

 

 

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

 

========================================

 

 

 

 

 

Assalamu 'alaikum wr. wb.

 

 

 

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

 

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/.

Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

 

Wassalam,

H.R.M. Tauhid-al-Amien, dr., MSc., DipHPEd., AIF., AIFO.

                                    e-mail: tauhidhw@gmail.com

 

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya    INDONESIA    60292 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment