Advertising

Wednesday 7 May 2014

[wanita-muslimah] Tak luput dari amatan Allah.

 


140507

 

 

Tak luput dari amatan Allah.

 

 

Bismi ‘l-lahi ‘r-rahmani ‘r-rahiem.

 

 

Tidak sedikit orang yang merasa “aman” ketika melakukan suatu perbuatan buruk, pelanggaran, dosa, kejahatan, ataupun lainnya yang tercela. Dia merasa aman karena tak ada polisi, pengawas, ataupun orang lain yang melihatnya. Rupanya orang yang seperti ini mengingkari atau lupa bahwa ia tak dapat luput dari teramati oleh Allah SwT; bahkan yang masih dalam hati saja sudah diketahui olehNya!

 

KETAHUILAH SESUNGGUHNYA KEPUNYAAN ALLAHLAH APA YANG DI LANGIT DAN DI BUMI. SESUNGGUHNYA DIA MENGETAHUI KEADAAN YANG KAMU BERADA DI DALAMNYA (SEKARANG). DAN (MENGETAHUI PULA) HARI (MANUSIA) DIKEMBALIKAN KEPADANYA, LALU DITERANGKANNYA KEPADA MEREKA APA YANG TELAH MEREKA KERJAKAN; ALLAH MAHA MENGETAHUI SEGALA SESUATU. (Surah an-Nur [24] ayat 64)

 

Apapun yang dilakukan oleh seseorang pasti “terekam” dalam catatan Allah di Lauhul Mahfuzh, termasuk jika “melakukan” berdiam diri tidak berbuat apapun, yang catatan Allah itu sangatlah teliti sebagaimana digambarkan oleh Allah:

 

KAMU TIDAK BERADA DALAM SUATU KEADAAN DAN TIDAK MEMBACA SUATU AYATPUN DARI AL-QUR’AN DAN KAMU TIDAK MENGERJAKAN SUATU PEKERJAAN, MELAINKAN KAMI MENJADI SAKSI ATASMU DI WAKTU KAMU MELAKUKANNYA; TIDAK LUPUT DARI PENGETAHUAN TUHANMU BIARPUN SEBESAR ZARRAH (ATOM) DI BUMI ATAUPUN DI LANGIT. TIDAK ADA YANG LEBIH KECIL DAN TIDAK (PULA) YANG LEBIH BESAR DARI ITU, KECUALI BAHWA (SEMUANYA TERCATAT) DALAM KITAB YANG NYATA (LAUHUL-MAHFUZH).(Surah Yunus [10] ayat 61)

 

Allah Maha Kuasa, dapat berbuat apa saja jika mau. Namun Allah telah membekali manusia dengan segala potensi yang diperlukan untuk sarana hidupnya di dunia, sarana yang akan dimintakan pertanggungjawaban dari penggunaannya. Allah juga memberi apa yang diinginkan syaithan ketika dia dinyatakan bersalah karena pembangkangannya, yang ketika diusir dari surga itu dia minta kesempatan hidup panjang untuk menyesatkan manusia.

 

APAKAH TUHAN YANG MENJAGA SETIAP DIRI TERHADAP APA YANG DIPERBUATNYA (SAMA DENGAN YANG TIDAK DEMIKIAN SIFATNYA)? MEREKA MENJADIKAN BEBERAPA SEKUTU BAGI ALLAH. KATAKANLAH: “SEBUTKANLAH SIFAT-SIFAT MEREKA ITU, ATAU APAKAH KAMU HENDAK MEMBERITAKAN KEPADA ALLAH APA YANG TIDAK DIKETAHUINYA DI BUMI, ATAUKAH KAMU MENGATAKAN (TENTANG HAL ITU) SEKEDAR PERKATAAN DI LAHIR SAJA?”. BAHKAN ORANG-ORANG KAFIR ITU DIJADIKAN (OLEH SYAITAN) MEMANDANG BAIK TIPU DAYA MEREKA, DAN DIHALANGINYA DARI JALAN (YANG BENAR). BARANG SIAPA YANG DIBIARKAN SESAT OLEH ALLAH, MAKA BAGINYA TAK ADA SEORANGPUN YANG AKAN MEMBERI PETUNJUK.(Surah ar-Ra'd [13] ayat 33)

 

Di hari kiamat nanti untuk masing-masing manusia dibukakan catatan sejarah hidupnya secara lengkap, meliputi apa yang telah dikerjakannya, dilalaikannya, maupun difikirkannya.

 

AKAN DIBERI KABAR KEPADA MANUSIA DI HARI ITU APA YANG DAHULU TELAH DIKERJAKANNYA DAN APA PULA YANG DILALAIKANNYA.(Surah al-Qiyamah [75] ayat 13)

 

DAN DILETAKKANLAH KITAB REKAMAN AMAL ITU, LALU KAMU AKAN MELIHAT ORANG-ORANG YANG BERSALAH KETAKUTAN TERHADAP APA YANG (TERTULIS) DI DALAMNYA, DAN MEREKA BERKATA: "ADUHAI CELAKA KAMI, KITAB APAKAH INI YANG TIDAK MENINGGALKAN YANG KECIL DAN TIDAK (PULA) YANG BESAR, MELAINKAN IA MENCATAT SEMUANYA”; MEREKA DAPATI APA YANG TELAH MEREKA KERJAKAN ADA (TERTULIS). DAN TUHANMU TIDAK MENGANIAYA SEORANG JUAPUN".(Surah al-Kahfi [18] ayat 49)

 

 

Dengan catatan selengkap itu, yang juga menuliskan “bonus” besar (sampai 700 kali ataupun lebih, yang tak terkira lagi) atas hal-hal yang benar yang telah dilakukannya, dan juga penghapusan-penghapusan dosa yang karena mereka telah bertaubat atasnya; balasan surga ataukah neraka adalah merupakan salah satu keadilan yang diberikan oleh Allah terhadap manusia; Allah tidak aniaya atas hambaNya.

 

 

Wa ‘l-Lahu a'lamu bi ‘sh-shawwab.

 

 

 

==============================

 

Assalamu 'alaikum wr. wb.

 

Semoga uraian bermanfaat. Untuk menerima posting ainnya, silakan JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/ atau kirim e-mail ke pelita-hikmah.subscribe@yahoogroups.com.  Jika ingin kajian masalah tertentu silakan hubungi saya.

 

Wassalam,

 

H.R.M. Tauhid-al-Amien, dr.(UNAIR), MSc. (SEAMEO-UI), DipHPEd. (UNSW), AIF., AIFO.

e-mail: tauhidhw@gmail.com

 

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya    INDONESIA    60292 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment