Advertising

Saturday 2 August 2014

[wanita-muslimah] info seru buat para pemerhati politik indonesia

 

 
 
image
 
 
 
 
 
Ragil Nugroho: Pengemis, Brutus, dan Avonturir
Sebetulnya sih ane tidak mau ikut-ikutan nulis ginian. Nulis tentang profil kebusukan orang, apalagi ane pernah dekat banget  sama orang itu. Terlebih lagi, ini sua...
Preview by Yahoo
 
 

Ragil Nugroho: Pengemis, Brutus, dan Avonturir

Sebetulnya sih ane tidak mau ikut-ikutan nulis ginian. Nulis tentang profil kebusukan orang, apalagi ane pernah dekat banget  sama orang itu. Terlebih lagi, ini suasana lebaran. Saatnya orang bermaaf-maafan.
Tapi bigimane lagi ya. Ane tu udah jengah banget sama mantan sobat ane yang namanya Ragil Nugroho yang punya nama asli Endiq Hanan Pratama. Kayaknya die itu sejak dulu hobinya mitnah teman-temannya sendiri. Pertama, ane kagak bisa ngarti kalau ada orang yang suka njelek-njelekin teman-temannya sendiri. Kalau cuman becanda sih kagak ape-ape. Tapi ini mitnah temen-temennya sendiri dalam konteks cari makan kan kayak makan bangke sodaranya sendiri.

Ragil Nugroho yang mengelola blog Tikus Merah itu gue kenal pertama kali di kantor pengurus pusat PRD Jakarta. Orangnya kecil, hitam, berkaca mata tebal, kalau menyeringai mukenya kayak licik. Karena di kantor tersebut banyak banget pengurus dari Yogya, akhirnya ane lambat laun tahu sejarahnya. Terlebih ane yang saat itu diminta menjadi semacam kepala rumah tangga kantor, akhirnya ane pun dekat sama dia.

Ragil ni orangnya pendiam. Orangnya cukup suka baca buku. Die tuh paling obsesif ingin jadi kayak Pramoedya Ananta Toer. Berkali-kali ane denger, dia ngucap: kelemahan PRD karena tidak punya sastrawan. Pernah sih gue bantah: PRD kan punya Wiji Tukul, Puthut EA, Linda Christanty, Eka Kurniawan dll, yang waktu itu jelas kesohor sekali. Tapi Ragil menjawab: Wiji Tukul sudah ilang, lagian kalau puisi siapapun bisa bikin. Puthut ama Linda katanya sudah gak di PRD jadi kagak bisa ngewakilin anak PRD. Kalau Eka mah kata dia bukan aktivis.

Begitu terobsesinya sama Pram, Ragil tuh sampai banyak bikin cerpen dan novel. Ane termasuk orang yang sering diminta pendapatnya soal cerpen-cerpen dia. Terus sering diminta komen. Gue sih waktu itu sering ya jawab: kurang berlatih. Soalnya jelek sih kagak, cuman gak ada bagus-bagusnya. Kalau novelnya, ane hanya taha  baca tak lebih dari 10 halaman.

Ragil pernah marah sama pengurus yang lain gegara tulisan pulak. Waktu itu die disuruh bikin tulisan situasi nasional. Die bikin serius sekali. Kayaknya sampai 100 halaman lebih. Pas die presentasikan, dibantai habis oleh banyak pengurus lain. Pertama, karena kagak sistematis. Melompat-lompat gitu. Kedua, banyak yang datanya kagak lengkap. Ketiga, analisanya ngawur.

Di situ Ragil marah. Pas lagi berdua ama ane, die bilang: mestinya PRD makasih ama die karena telah membuat masterpiece karya sitnas. Batin ane, masterpiece macem mana, dibaca saja kagak bisa tuh tulisan? Terus dia mendesak ke pengurus agar tulisannya dicetak jadi buku. Ya semua orang nolak lah! Gile! Tulisan kagak bunyi disuruh nyetak jadi buku oleh partai…

Sebetulnya Ragil tuh di kantor paling enak kerjanya. Yang lain tuh ada tugas masing-masing. Tapi ragil sedikit dianak-emaskan gitu… ane juga kagak tahu tuh maksudnya apa pimpinan dan pengurus lain kagak memberi dia tugas. Sementara yang lain kerja ke lapangan, mengorganisir, die kerjanya di kantor melulu. Sementara yang lain cari uang untuk ngidupin kantor dan supaya pengurus bisa makan, die kagak ngapa-ngapain. Kalau gue bilang orangnya egois. Kagak pernah ikut mau bersih-bersih kantor. Jangankan ikut masak makanan, cuci piring yang habis die pakai saja kagak pernah.

Nah yang jadi misteri bagi ane adalah apa sebabnya die pergi dari kantor alias desersi. Ane kagak pernah jelas. Ceritanya simpang siur. Lebih tepatnya mungkin ada banyak faktor. Ada yang bilang salah satu faktornya karena die punya pacar anak Yogya. Ada juga yang bilang dia minjem duit kas yang cukup besar tapi kalau ditagih tidak pernah mau mengembalikan. Terus die juga pernah ikut mau jualin kaos partai sebanyak 40 kaos tapi tidak sepeserpun duitnya diberikan ke pengurus kantor. Juga ditambah dengan faktor lonjakan telepon di kantor. Ini ada ceritanya. Ragil tuh pernah disidang sama pengurus yang lain karena lonjakan telepon. Usut punya usut, ada beberapa orang yang mergokin berkali-kali die pakai telpon kantor untuk nelpon esek-esek. Kalau kesimpulan ane sih die pergi karena banyak banget menyimpan persoalan. Juga karena dia secara pribadi tidak disukai banyak orang karena egoisnya itu.

Semenjak itu ane tidak pernah dengar soal Ragil. Hanya ane denger-denger sih die tinggal di Yogya. Sampai ane juga akhirnya keluar dari PRD, kemudian kerja. Ane juga dengar kalau Ragil menikah dengan penulis di Yogya. Sebetulnya pengen banget sih ane nemuin ragil karena die sempat pinjem duit ane sebanyak 2 juta. Itu duit ane dapat dari bantubantu jualan di toko komputer teman. Ragil sih bilangnya waktu itu untuk bantu emaknya yang di Blitar sono karena sedang sakit. Ane juga mau minta buku-buku ane yang die pinjem. Tapi akhirnya ane ikhlasin sajalah. Ane pikir, Ragil salah terhadap organisasi karena melakukan penggelapan dan penipuan. Tapi bigimanapun sih die tetap teman. Apalagi sudah menikah.
Nah, ane pernah dengar juga dari adik kelas dia di Filsafat yang kebetulan sering ketemu ane di Jakarta. Kata dia, Ragil tuh di Yogya bukannya makin sembuh tapi makin menjadi sakitnya. Dia pernah kerja di sebuah penerbitan. Tapi dikeluarkan gara-gara di jam kerja dia kerjanya facebookan melulu. Terus dia ketahuan katanya ngelembur di kantor tapi ternyata main telpon esek-esek. Dan ketika komputernya dibongkar isinya sama direkturnya, isinya film biru semua. Njing! Ane syok denger itu.

Dipecat dari kantor, die dapat modus baru. Karena pernah kerja di penerbitan, dia ngaku ke teman-temannya memiliki penerbitan sendiri. Lalu mulailah die bikin tu aksi tepu-tepu. Dia minta proyek penerbitan buku di teman-temannya. Tapi lebih seringnya kagak dicetak. Mulailah dia jadi buron. Sempat lari dari Yogya. Hingga akhirnya ane denger-denger dia ada di Yogya lagi, di daerah Turi, dekat lereng Merapi.

Selama itu yang ngidupin die ya istrinya. Terus gue denger dari teman-teman di Jakarta kalau dia gabung sama Perindo, lembaganya Harie Tanoe. Die tu ngontak sama anak-anak PRD kalau butuh kerjaan. Sama anak-anak PRD yang di Perindo, die dikasih kerjaan ngelola media. Gajinya 10 juta. Tapi kemudian bermasalah. Saat mau nerima gaji, die bilang: gajinya yang pas sebetulnya 15 juta. Temen-temennya bilang ya sudah kalau gitu, ntar dia ajuin lagi apa argumentasinya kenapa dia minta gaji 15 juta. Eh, begitu terima duitnya yang 10 juta, die kabur balik Yogya. Lalu dia sebar fitnah ke facebook dan twiter bahwa die di tipu teman-temannya. Sakit tuh orang! Memfitnah orang-orang yang kasih makan die!

Tidak lama kemudian, ane juga dapat cerita kalau Ragil sempat menghubungi anak-anak PRD yang di Gerindra. Intinya die mau kerja di sana. Tapi karena anak-anak itu pade tau track record dia kayak gitu, maka ditolaklah.

Barulah kemudian die meniti karir sebagai propagandis sebuah partai kanan. Awalnya die tulis di blog dan di socmed soal kejelekan-kejelekan PRD. Die bikin cerita-cerita ngawur. Die karang lah secara memang cita-cita die emang pengen kayak Pram ye…

Kemudian die dilirik oleh pengurus partai kanan. Akhirnya die kerja di sana. Sempat ngajak beberapa adik kelasnya untuk ikut. Tapi hanya ada satu orang saja yang mau ikut. Jadilah kini kerjanya tiap saat memproduksi karangan-karangan politik. Nah, die makin berkibar saat pilpres kemarin. Ketemulah Prabowo dan partai kanan itu. Akhirnya tugas die ya menghajar anak-anak eks PRD yang di kubu Jokowi.
Ane secara pribadi sih sebetulnya kagak apa-apa. Namanya juga orang kepepet nyari makan. Tapi yang ane gak setuju kenapa fitnah banyak orang, teman-temannya sendiri, yang mungkin posisinya kayak ane. Pernah diutangin atau ditipu die, atau setidaknya pernah menipu die.

Yang akhirnya ane eneg ama dia tuh, akhirnya anak buahnya pada pergi. Karena ternyata uang proyek dari pilpres kemarin, die makan sendiri. Mestinya anak buahnya yang jumlahnya 6 itu die janjikan dapat uang 20an juta per kepala per bulan. Dengan masa kerja 3 bulan. Eh, ternyata mereka hanya digaji per bulan 2 juta. Kalau ditagih katanya belum keluar duit proyeknya. Tapi kemudian ketahuan kalau uang proyek untuk memfitnah Jokowi itu sudah lunas sejak awal. Akhirnya jadi rame. Ada yang salah satu mantan anak buahnya sampai ngancem bakal nggorok lehernya. Beberapa orang bahkan sempat membanting komputer dan memecah kaca jendela.

Sebetulnya dulu die pernah mau jadikan jurnal indoprogres untuk ngejelek-jelekin Jokowi. Tapi keburu anak-anak indoprogres tahu. Ragil tuh termasuk pinter mainnya. Awalnya indoprogres dikasih tulisan-tulisan yang agak kiri, secara dia mantan orang kiri ye. Nah begitu tulisannya sudah sering dimuat, die kirim karya-karya fitnahnya.

Ane sih berharap suatu saat Ragil insyaf. Bukan apa, kasihan bininya. Kata temen-temen ane yang penulis, bini Ragil itu baik. Hanya ketipu saja kenapa bisa nikah sama dia. Ketipu karena punya banyak buku dan kayaknya anak pinter. Terlebih beban bininya makin berat karena bigimanapun fitnah-fitnah yang dilakukan oleh Ragil, bininya tahu. Konon juga, bininya sekarang sedang down karena tahu di kantor Ragil yang akhirnya bubar itu, die ngelakuin pelecehan seksual. Dulu ditutup-tutupi oleh anak buahnya. Tapi karena mereka sekarang kecewa, konon itu akan diperkarakan ke kepolisian. Ane berharap semoga kalaupun toh Ragil yang gak insyaf, setidaknya bininye yang insyaf dan segera berpikir ulang kenapa harus mau mengorbankan hidupnya untuk bersandingan dengan tukang fitnah kayak Ragil.
Kalau nanti soal pelecehan seksual jadi dilaporin ke polisi, ntar ane akan jembrengkan kasusnya. Memang susah berususan ama orang sakit mah…
 



__._,_.___

Posted by: heri latief <herilatief@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment