Advertising

Friday 8 August 2014

[wanita-muslimah] Peluang mendulang pahala

 

140809

 

 

Peluang mendulang pahala.

 

 

Bismi 'l-lahi 'r-rahmani 'r-rahiem.

 

 

Kajian-kajian kita mungkin membawa kita ke firman Allah SwT yang menggambarkan betapa Allah telah memberi kita banyak peluang untuk memperoleh pahala yang berujung ke kebahagiaan kehidupan di surga.  

 

BARANG SIAPA MELAKUKAN AMAL YANG BAIK MAKA BAGINYA (PAHALA) SEPULUH KALI LIPAT DARI NILAI AMALNYA; DAN BARANG SIAPA YANG MELAKUKAN PERBUATAN YANG JAHAT MAKA DIA TIDAK DIBERI PEMBALASAN MELAINKAN SEIMBANG DENGAN KEJAHATANNYA; MEREKA ITU SEDIKITPUN TIDAK DIANIAYA (DIRUGIKAN) (Surah al-An'am [6] ayat 160)

 

Peluang berbuat baik itu sangat banyak, dari melaksanakan perintah (yang wajib) dan meninggalkan yang terlarang (yang haram), maupun melaksanakan kegiatan yang "hanya" bersifat anjuran (yang sunnah). Perbuatan yang bersifat boleh pilih (mubah, fakultatif), yang boleh kita lakukan ataupun tidak, dapat juga mendulang pahala. Misalnya saja makan, ini boleh kita lakukan ataupun tidak; namun jika kita makan dengan niat (motivasi) untuk memperoleh lebih banyak tenaga buat melakukan kegiatan wajib nantinya,  maka kegiatan makan yang semula fakultatif itu dapat menjadi bernilai tinggi terkerek ke berpahala tinggi jika pekerjaan yang kita lakukan dari tenaganya itu adalah yang bernilai tinggi.

 

Jika di ayat di atas Allah menggambarkan pemberian balasan pahala dengan nilai sepuluh kali lipat, itu bukanlah nilai mati. Di ayat lain (QS 95:6) Allah menjanjikan kepada mereka yang berbuat dengan keshalihan yang tinggi akan dibalas dengan pahala berlipat ganda, tidak putus-putusnya tanpa hitungan lagi.

 

...ORANG-ORANG YANG BERIMAN DAN MENGERJAKAN AMAL SALEH; MAKA BAGI MEREKA ADA PAHALA YANG TIADA PUTUS-PUTUSNYA. (Surah at-Tiin [95] ayat 6)

 

Peluang menghimpun pahala tidak hanya berhenti sampai di situ. Jika punya waktu, orang yang mau menuliskan langkah-langkah sukses yang pernah dilakukannya untuk ditiru orang, ataupun yang banyak membaca, lalu menuliskan sebagian dari ilmu itu ataupun berupaya memanfaatkannya sebagai upaya kreatif "menciptakan" hal-hal baru yang baik, akan dapat menambah tumpukan pahala dari nilai kebaikan yang diusahakannya itu berupa kebaikan di dunia maupun pahala di akhirat. Rasulullah saw. menyebutkan bahwa di dalam Islam ini suatu langkah rintisan menuju kebaikan akan dihadiahi Allah dengan pahala dari langkah itu sendiri ditambah dengan pahala sebanyak pahala penirunya ataupun penerusnya, tanpa mengurangi sedikitpun dari pahala para penirunya ataupun penerusnya itu, padahal perbuatan baik itu sendiri mungkin sudah memberi "hasil" (misalnya uang, gaji, kedudukan) buat kehidupan kita di dunia.  Bahkan, gagasan baik itu saja sudah berpahala, apalagi jika kemudian dilaksanakan dengan sepenuh hati!

 

Mari kita dorong diri kita, keluarga, maupun masyarakat di sekeliling kita untuk lebih tergerak untuk berkarya (beramal), berinovasi, berkreasi,  yang dengannya kebahagiaan dunia dan akhirat dapat lebih mudah kita capai.

 

Wa 'l-Lahu a'lamu bi 'sh-shawwab.

 

 

 

==============================

 

SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

 

SWT. = subhanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

 

 

 

 

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

 

========================================

 

 

 

 

 

Assalamu 'alaikum wr. wb.

 

 

 

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

 

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/.

Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

 

Wassalam,

H.R.M. Tauhid-al-Amien, dr., MSc., DipHPEd., AIF., AIFO.

                                    e-mail: tauhidhw@gmail.com

 

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya    INDONESIA    60292 


__._,_.___

Posted by: tauhidhw@gmail.com
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Did you know?
Learn all about using photos in your Groups

=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment