Advertising

Saturday 26 October 2013

[wanita-muslimah] Allah menguji manusia

 

131026

 

 

Allah menguji manusia.

 

 

Bismi 'l-lahi 'r-rahmani 'r-rahiem.

 

 

Allah SwT sudah menetapkan ketentuan umum bahwa manusia diciptakan untuk berada dalam "permasalahan" (QS 90:4). Begitu lahir sebagai bayi, manusia sudah dihadapkan masalah kedinginan ketika dia pindah dari lingkungan enak dalam suhu hangat tubuh ibunya ke suhu luar yang mungkin terasa terlalu dingin baginya. Jika sebelum lahir seluruh kebutuhan zat gizi untuk tubuhnya dicukupi dari ibunya diangkut darah yang mengalir lewat tali pusatnya; sesudah tali pusatnya dipotong tubuhnya akan merasakan adanya kekurangan oksigen sehingga dia terpicu  untuk mengisap nafas memasukkan udara ke dalam parunya, dan menangis untuk melancarkan pernafasan lanjutnya. Kemudian dia akan merasakan haus dan lapar, padahal dia belum dapat berjalan untuk menuju kulkas ataupun lemari makan.

Ketika umur bertambah anak dituntut untuk dapat berbuat banyak agar nantinya mampu menghadapi   permasalahan-permasalahan dalam kehidupannya nanti. Dia dituntut untuk belajar dan belajar dari ibunya ataupun dari siapapun yang berada di dekatnya, yang di dalamnya dia juga dihadapkan kepada berbagai macam masalah juga seibarat ujian ataupun ulangan di sekolah; semuanya untuk peningkatan derajat atau kelas diri. Semua kejadian dalam tahap-tahap kehidupan itu harus disikapi secara positip, bahwa semua itu adalah ujian yang harus ditempuh untuk "sempurnanya" diri.

Jika kita telisik, kita tahu bahwa Allah SwT terkadang menguji manusia dengan kesusahan atau kesulitan, tetapi kadang-kadang Allah menguji dengan berbagai macam kesenangan (QS 21:35), semisal harta dan jabatan. Oleh Rasulullah Muhammad saw diberitahukan bahwa sikap yang positip dalam menghadapi ujian itu akan selalu membawa kebaikan; setiap kesulitan yang disikapi dengan sabar akan berpahala, sedangkan setiap kesenangan yang disikapi dengan bersyukur akan berpahala di samping sikap ini juga mengundang kesenangan berikutnya.

Kebiasaan suka bersyukur merupakan hal yang tak boleh diabaikan karena mengabaikannya dapat berujung petaka. Allah SwT secara tegas menyebutkan: "Kalau kamu bersyukur pasti akan aku tambah nikmatku, tetapi jika kalian kufur ingatlah bahwa sungguh siksaKu amatlah pedih" (QS 14:7).

Rasulullah Muhammad saw mengingatkan bahwa dua nikmat penting yang sering dilupakan orang adalah kesehatan dan waktu. Keduanya baru kita rasakan sebagai kenikmatan adalah ketika kehilangan keduanya, bersamaan ataupun salah satunya. Orang baru sadar betapa tingginya nilai kesehatan jika dia telah jatuh sakit; yang ketika dalam keadaan begitu dia merasa tak dapat terbuat apa-apa. Begitu juga jika waktu yang tersedia buat kita telah habis, semisal sudah keburu tua karena melewatkan masa muda, orang baru merasa sudah tak dapat berbuat apa-apa lagi. Jika kesehatan masih mungkin dapat "dipulihkan" dengan berobat, waktu yang telah hilang tak dapat dikembalikan lagi!!!

Semoga kita sekalian dapat mengisi hidup ini dengan mampu memanfaatkan kesempatan sewaktu sehat dan sewaktu punya waktu longgar dengan amal-amal yang dapat menunjukkan kesyukuran ketika kita mendapat ujian yang berbentuk kesenangan, dan mampu melewati ujian yang berbentuk kesulitan dengan penuh kesabaran.

 

Wa 'l-Lahu a'lamu bi 'sh-shawwab.

 

 

 

==============================

 

SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

 

SWT. = subhanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

 

 

 

 

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

 

========================================

 

 

 

 

 

Assalamu 'alaikum wr. wb.

 

 

 

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

 

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/.

Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

 

Wassalam,

H.R.M. Tauhid-al-Amien, dr., MSc., DipHPEd., AIF., AIFO.

                                    e-mail: tauhidhw@gmail.com

 

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya    INDONESIA    60292 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment