Advertising

Thursday 10 October 2013

[wanita-muslimah] Silaturakhim untuk tolong menolong

 

131011

 

Tolong menolong

 

 

Bismi 'l-lahi 'r-rahmani 'r-rahiem.

 

Dapat mudah kita fahami bahwa di dalam Islam itu upaya tolong menolong merupakan hal yang sangat dianjurkan sebagaimana Allah SwT menegaskan dalam ayatNya:

 

"DAN TOLONG MENOLONGLAH KALIAN DALAM HAL YANG TERKAIT DENGAN KEBAJIKAN DAN TAQWA; JANGAN TOLONG-MENOLONG DALAM HAL DOSA DAN PERMUSUHAN" (QS al-Maidah [5]: 2)

 

 Tolong menolong merupakan kebutuhan makhluk hidup di alam dunia ini. Boleh dikata tak ada orang yang tanpa memerlukan adanya bantuan orang lain dalam hidupnya, meskipun dia kaya, punya ilmu, punya tenaga, punya kekuasaan. Misalnya saja untuk makan dia perlu pertolongan petani untuk menanam padi, untuk perjalanan kita perlu tukang tambal ban, untuk kesopanan kita perlu tukang jahit, dan masih banyak lagi yang kita perlukan. Secara menyeluruh itu semua adalah bentuk kerjasama.

 

Untuk suatu kerja sama masing-masing komponen harus "terikat", kerja sama tidak akan terbentuk jika ikatan ini tidak ada. Salah satu bentuk ikatan ini adalah adanya rasa saling menguntungkan. Petani merasa diuntungkan karena dia memperoleh uang dari mereka yang memerlukan hasil pertaniannya. Ini dapat dicapai dengan adanya saling percaya setelah saling kenal mengenal, dengan bersilaturakhim.

 

Rasulullah Muhammad Saw menggambarkan bahwa yang disebut bersilaturakhim itu bukanlah hanya membalas kunjungan jika dikunjungi, tetapi lebih mulia dari itu, yaitu kunjungan tanpa maksud untuk keuntungan diri sendiri. Silaturakhirm itu harus lebih mengarah ke upaya untuk tahu apa yang diperlukan "saudaranya" yang jika mungkin dia akan membantunya. Dalam kaitan dengan hal ini tergambar dari riwayat ketika Maimunah ra. (salah seorang isteri Rasulullah) "dengan gembira" menyampaikan kepada Rasulullah bahwa beliau baru saja memerdekakan seorang budaknya; ternyata komentar Rasulullah "Ketahuilah, sungguh seandainya budak itu diberikan kepada keluarga bibimu niscaya pahalamu akan lebih besar" (HR Bukhary dan Muslim). Ini merupakan gambaran bahwa kalaulah Maimunah tahu (dari silaturahkimnya) bahwa keluarga sang bibi sangat memerlukan pertolongan untuk melaksanakan aktivitas hariannya".

 

Dalam kehidupan bermasyarakat besar, silaturakhim ini dapat dicapai dengan berbagai bentuk pertemuan dalam suatu organisasi. Dari pertemuan seperti itu dapat diharapkan terjadi saling kenal yang lebih mendalam sehingga masing-masing dapat saling mengetahui apa yang dibutuhkan saudaranya, di samping tahu potensinya sehingga memungkinkan memanfaatkan potensi itu untuk berbagai macam kegiatan yang terkait dengannya.

 

 

Ummat Islam di Indonesia saat ini jumlahnya adalah mayoritas, namun dalam kehidupan social, ekonomi, politik keberadaannya tidaklah menampakkan keagungan agamanya. Ini merupakan masalah besar bagi yang menyadarinya. Untuk memperbaikinya kita perlu bergerak bersama, bukannya hanya "menunggu nasib". Allah secara jelas menyebutkan:

 

"SESUNGGUHNYALAH ALLAH TIDAK AKAN MENGUBAH KEADAAN YANG ADA PADA SUATU KAUM SAMPAI MEREKA SENDIRI BERUSAHA UNTUK MENGUBAHNYA" (QS ar-Ra'd [13]: 11)

 

Semoga kita dapat menginventarisasi potensi kita masing-masing sehingga kita dapat menggalang potensi kita untuk karya besar dalam rangka pembinaan ummat, agar benar-benar tampak agungnya citra Islam sebagai agama yang sempurna.

 

Wa 'l-Lahu a'lamu bi 'sh-shawwab.

 

 

 

==============================

 

SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

 

SWT. = subhanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

 

 

 

 

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

 

========================================

 

 

 

 

 

Assalamu 'alaikum wr. wb.

 

 

 

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

 

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/.

Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

 

Wassalam,

H.R.M. Tauhid-al-Amien, dr., MSc., DipHPEd., AIF., AIFO.

                                    e-mail: tauhidhw@gmail.com

 

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya    INDONESIA    60292 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment