Advertising

Friday 28 February 2014

[wanita-muslimah] Teguran peringatan dari Allah

 

140222

 

 

Teguran peringatan

 

 

Bismi 'l-lahi 'r-rahmani 'r-rahiem.

 

 

 

DAN ALLAH TELAH MEMBUAT SUATU PERUMPAMAAN (DENGAN ADANYA) SEBUAH NEGERI  YANG DAHULUNYA AMAN LAGI TENTERAM, REZEKINYA DATANG KEPADANYA MELIMPAH RUAH DARI  SEGENAP TEMPAT, TETAPI (PENDUDUK)NYA  MENGINGKARI  NIKMAT-NIKMAT ALLAH; KARENA ITU ALLAH MERASAKAN KEPADA MEREKA "PAKAIAN" KELAPARAN DAN KETAKUTAN, DISEBABKAN APA YANG SELALU MEREKA PERBUAT. (Surah an-Nahl [16] ayat 112)

 

Akhir-akhir ini kepada kita oleh banyak media sangat banyak disajikan permasalahan-permasalahan yang dalam banyak hal menakutkan, kurang menyenangkan, ataupun bahkan menyedihkan. Permasalahan itu mungkin saja masih dianggap sepele oleh sejumlah orang, terutama oleh orang-orang berduit karena "hanya" masalah harga. Begitu pula halnya dengan masalah pendidikan yang menjadikan orang miskin kian sulit untuk bangkit karena untuk mendapatkan pendidikan minimal juga perlu duit. Lebih sulit lagi bagi orang kebanyakan yang walaupun dijanjikan "akan" memperoleh layanan kesehatan paripurna rupanya masih banyak yang berupa angan-angan, sehingga kian seru dan maraklah semboyan cemoohan "Orang miskin tak boleh sakit".

 

Ketika orang bernostalgia yang meninabobokkan, bahwa Indonesia itu negeri yang subur dan makmur, yang muncul adalah justru berita penyimpangan-penyimpangan yang terkait dengan keuangan disertai dengan banyaknya pejabat yang terlibat dengan tindakan-tindakan jahat. Masih banyak lagi berita-berita pengkhianatan amanah oleh para pemangkunya, meliputi ulama'(cendekiawan), umara'(pejabat), dan tujjar (ekonom); yang semua ini oleh Rasulullah Muhammad saw disebutkan sebagai penyebab kunci atas rusaknya suatu kaum dalam bermasyarakat (baca: bernegara).

 

Rasulullah Muhammad menyatakan bahwa salah satu "hadiah" dari Allah SwT yang diberikan kepada ummatnya adalah bahwa kepada mereka tidak akan ditimpakan adzab hebat sebagai hukuman seperti yang ditimpakan kepada ummat-ummat terdahulu jika mereka melakukan pendurhakaan ataupun melakukan dosa-dosa besar. Hukuman barulah akan diberikan berupa siksa di kehidupan di hari akhirat nanti; kita diberi kesempatan untuk berbenah diri!  Oleh karena itu, munculnya demikian banyaknya berbagai macam musibah "bencana alam" yang telah menimpa bangsa kita haruslah dianggap hanya sebagai teguran atau peringatan keras dari Allah, walau sebesar apapun kenyataannya. Rasulullah juga pernah menyebutkan, bahwa mereka yang nyatanya dimatikan dalam musibah mendadak itu nanti akan dibangkitan Allah dengan kondisi "aslinya", yaitu orang baik dicatat dengan laku kebaikannya sedangkan orang jahat dicatat dengan kejahatannya.

 

Oleh karena itu terhadap kenyataan akhir-akhir ini kita perlu mawas diri, sudahkan kita melakukan yang seharusnya? Semoga para pemangku amanah sadar akan kewajibannya dalam menunaikan amanah, lalu segera bertaubat. Kita harus saling ingat-mengingatkan dan berdoa. Mari kita selalu membiasakan diri dengan kebaikan, sehingga kalaulah tiba-tiba musibah datang, kita tetap tercatat sebagai dalam melakukan kebaikan meskipun nyatanya kita terbaring sakit dan "tidak dapat berbuat apa-apa"; pencatatan seperti ini tetap dilakukan oleh para malaikat sampai kita pulih sehat atau Allah menentukan yang lain (baca: mati).

 

Wa 'l-Lahu a'lamu bi 'sh-shawwab.

 

 

 

==============================

 

SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

 

SWT. = subhanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

 

 

 

 

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

 

========================================

 

 

 

 

 

Assalamu 'alaikum wr. wb.

 

 

 

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

 

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/.

Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

 

Wassalam,

H.R.M. Tauhid-al-Amien, dr., MSc., DipHPEd., AIF., AIFO.

                                    e-mail: tauhidhw@gmail.com

 

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya    INDONESIA    60292 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (2)
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment