Advertising

Saturday 30 March 2013

[wanita-muslimah] PPPA Cetak Ribuan Penghafal Alquran

 

Ref: Apakah ada catatan statistik tentang berapa lama dibutuhkan seseorang untuk menghafal AL Quran di NKRI dibandingkan dengan murid negeri berbahasa Arab?
 
 
 

PPPA Cetak Ribuan Penghafal Alquran

Sabtu, 30 Maret 2013, 19:00 WIB
Komentar : 0
Republika/Rakhmawaty La'lang
Peserta wisudawan penghafal Alquran memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerakan Indonesia Menghafal Qur'an (IMQ) yang digulirkan Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA), berhasil mencetak ribuan penghafal Alquran.

Sabtu (30/3) sebanyak 15 ribu santri PPPA dari seluruh Indonesia, mengikuti Wisuda Akbar PPPA di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Acara yang berlangsung sangat meriah disaksikan puluhan ribu umat Islam dari berbagai daerah.

Acara Wisuda Akbar Indonesia Menghafal Alquran (IMQ) ke-4 ini semakin menarik, karena dihadiri para ulama dan pakar Alquran dari berbagai negara yang duduk di panggung utama. Mereka menyaksikan semarak para penghafal Alquran dari seluruh Indonesia.

Para tamu istimewa itu antara lain, Syekh Saad Al Ghomidi, Imam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Dr Abdullah bin Al Basfar, Direktur Organitasi Tahfidz Alquran Internasional, Syekh Abdul Jamal Yusuf, Pimpinan Daarul Quran Gaza, Palestina.

Tampak pula hadir Dr Amin Kurdi dari Lebanon, Syekh Thoriq mewakili Kementrian Agama dan Wakaf Qatar, dan Dr Muhammad Kholil, Imam Masjid Quba Madinah Arab Saudi.

Dr Abdullah bin Al Basfar mengaku sangat kagum menyaksikan semangat umat Islam Indonesia dalam menghafal Alquran. Secara khusus, ia memuji program Ustaz Yusuf Mansur dan PPPA yang mendorong umat Islam Indonesia untuk menghafal Alquran.

Untuk tingkat permulaan, dia menilai apa yang dilakukan ribuan santri Rumah Tahfiz Daarul Quran yang menghafal beberapa surat pendek dan beberapa ayat dari surat Albaqarah, sudah sangat baik.

''Saya sarankan, mereka yang telah menghafal surat-surat itu dilanjutkan untuk menghafal seluruh surat dalam Alquran,'' jelasnya seraya mengutip beberapa hadis Rasulullah saw yang menerangkan tingginya derajat penghafal Alquran.

Dalam kunjungannya ke berbagai negara termasuk Indonesia, Al Basfar menemukan banyak keajaiban berkaitan dengan Alquran.

''Saya menemukan anak-anak kecil di bawah usia 10 tahun, bahkan ada yang usianya 4,5 tahun sudah hafal Alquran. Yang menarik, anak itu tidak bisa berbahasa Arab. Ini memang sudah janji Allah untuk mempermudah menghafal Alquran,'' ungkapnya penuh semangat.

Dari pantauan Republika, Sabtu (30/3), Wisuda Akbar ke-4 Indonesia Menghafal Alquran ini, berlangsung sangat meriah.

Apalagi, ribuan santri rumah tahfiz dari berbagai daerah mengggelar parade dengan pakaian khas daerah dan kesenian masing-masing. Dari Ibu Kota Jakarta menampilkan barong ukuran besar dengan pakaian busana muslim yang sedang belajar mengaji.

Puncak dari acara Wisuda Akbar sekaligus //milad// (ulang tahun) PPPA yang keenam, Imam Masjidil Haram Syeikh Sa'ad Al Ghamidi yang didampingi Pimpinan PPPA Ustaz Yusuf Mansur melepas balon-balon ke udara yang membawa sejuta pesan bagi Muslim Indonesia.

Para kandidat wisudawan mengikuti beberapa proses seleksi, yakni para santri diwajibkan menyetor hafalan
(muraja'ah) di Kantor PPPA Daqu di daerah masing-masing.  Bagi yang rumahnya jauh dan ingin hadir di wisuda ini, panitian menyediakan proses seleksi melalui telepon.

Menurut Direktur Eksekutif PPPA Ustaz Tarmizi Ashidiq, Wisuda Akbar Indonesia Menghafal keempat merupakan hajatan tahunan yang sekalanya internasional, karena dihadiri para syeikh dan pakar Alquran dari berbagai negara.

Kehadirian para ulama diundang langsung Ustaz Yusuf Mansur. "Para ulama dari berbagai negara diundang langsung Ustaz Yusuf Mansur. Bahkan, Ustaz Yusuf Mansur yang langsung menjemput Imam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Syeikh Saad Al Ghamidi," kata Divisi Jaringan Negeri Daarul Qur'an, Ustadz Slamet Ibnu Syam.

Seorang pengunjung, Lisa mengakui, dirinya bersama rombongan dari Sumatera Barat datang hari ini guna mengirimkan kandidat mereka untuk diwisuda.

Adapun surat yang diujikan guna mengikuti wisuda IMQ keempat surat Albaqarah ayat 1-50 dan Surat An Nabaa yang berjumlah 40ayat. Perhelatan wisuda yang dibawakan Dik Doank selaku Master of Ceremony (MC) ini ditutup dengan pagelaran konser Dwiki Dharmawan Orkestra tepat pukul 11.45 WIB.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment