Advertising

Sunday 31 March 2013

[wanita-muslimah] Siap-siap, Mulai 1 April Tarif Listrik Naik Lagi 4,3%

 

Ref: Benarkah tarif listerik akan dimahalkan ataukah cuma khabar angin nan hangat.
http://www.analisadaily.com/news/2013/1443/siap-siap-mulai-1-april-tarif-listrik-naik-lagi-4-3/
Jumat, 15 Mar 2013 00:08 WIB

Siap-siap, Mulai 1 April Tarif Listrik Naik Lagi 4,3%

Jakarta, (Analisa). Mulai 1 April 2013 pemerintah tetap akan memberlakukan kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) tahap ke-2 sebesar 4,3%, kenaikan TTL tahap. Walaupun hingga sampai saat ini beberapa golongan terutama industri masih menentang kenaikan tarif listrik tersebut.

"Iya, 1 April nanti kita tetap akan naikan tarif listrik periode ke-2 yakni sebesar 4,3%," kata Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jarman ketika ditemui di Taman Mini Indonesia Indah, Kamis (14/3).

Dikatakan Jarman, walaupun beberapa pihak seperti industri sampai saat ini keberatan dengan kenaikan tarif listrik, namun selama periode 1 kenaikan tarif listrik berjalan lancar dan tidak ada keterlambatan pembayaran.

"Ya memang mereka (industri) masih keberatan, tapi buktinya sampai saat ini tidak ada tunggakan pembayaran khususnya dari industri, semuanya berjalan lancar-lancar saja," ungkapnya. Apalagi kenaikan tarif listrik periode pertama pada 1 Januari 2013, dampak terhadap inflasi sangat kecil yakni hanya 0,1%.

"Apalagi kenaikan listrik kemarin dampak inflasinya juga sangat kecil tidak lebih dari 0,1%, dimana kalau total tahun ini kita naikan 15% tarif listrik secara bertahap, dampak inflasinya hanya sebesar 0,3% saja," ucap Jarman.

Namun kalau kenaikkan tarif listrik tahap ke-2 ini sangat membebani industri, Kementerian ESDM merekomendasikan kepada industri agar berbicara kepada PLN untuk melakukan pencicilan pembayaran tagihan listrik.

"Kalau berat bagi industri kan bisa dicicil, tinggal bicara dengan PLN saja," tandasnya.

Seperti diketahui tahun ini pemerintah melakukan kebijakan kenaikan tarif listrik sebesar 15%, namun dilakukan secara bertahap yakni per triiwulan sebesar 4,3%. Kenaikan tahap 1 sudah dilakukan pada 1 Januari lalu dan tahap 2 akan dilakukan pada 1 April ini.

Kenaikan tarif listrik ini tidak berlalu bagi pelanggan rumah tangga dan industri kecil dengan daya 450 Volt amper dan 900 volt amper, sementara beberapa golongan seperti mal dan hotel tidak mendapatkan subsidi listrik lagi dari pemerintah. (dtc)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment