Advertising

Tuesday 30 October 2012

[wanita-muslimah] Jamaah Haji Dapat Subsidi Rp12.750.000 per Orang

 

 
Ref:  Rugi bagi yang tidak naik haji.
 
 
 
Jamaah Haji Dapat Subsidi Rp12.750.000 per Orang PDF Print E-mail

 
Tuesday, 30 October 2012 16:00

JAKARTA (Lampost.co): Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, di Mekkah, Selasa (30-10), rata-rata Rp12.750.000 subsidi yang diberikan pada setiap anggota jamaah haji tahun ini dari dana optimalisasi haji yang kini berjumlah sekitar Rp40 triliun.

Biaya pondokan, contohnya, kata Menteri dalam evaluasi sementara pelaksanaan haji itu, masing-masing anggota jamaah haji hanya dikenakan 3.150 riyal, namun panitia secara nyata membayar ke pemilik pondokan sebesar 4.300 riyal. Dana pelayanan umum (general service fee) yang dikenakan 277 dolar Amerika Serikat (AS) per orang oleh Pemerintah Arab Saudi, lanjutnya, kepada jamaah haji hanya dikenakan 100 dolar (AS), sedangkan 177 dolar itu subsidi dari dana optimalisasi haji.

Sementara itu Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Anggito Abimayu mengatakan Rp1,5 triliun dimanfaatkan dari dana optimalisasi untuk menyubsidi jemaah haji setiap tahun. Diproyeksikan agar manfaat dana optimalisasi itu terus ditingkatkan setiap tahun guna meringankan beban yang harus ditanggung para jemaah haji. Makan dan fasilitas di Madinah juga diambil dananya 100 persen dari dana optimalisasi serta termasuk juga biasa administrasi pembuatan paspor, kata Dirjen.

Dipertimbangkan pula agar mulai tahun depan dana setoran awal ongkos naik haji ditambah guna meningkatkan terus jumlah dana optimalisasi yang dapat dinikmati kembali oleh para jemaah haji serta membantu jemaah haji dalam melakukan pelunasan agar tidak terlalu memberatkan, dan sekaligus pula berfungsi sebagai upaya mengurangi daftar tunggu para jemaah haji.

Dana optimalisasi merupakan keuntungan dari hasil setoran awal para anggota jamaah haji di sejumlah bank yang dikumpulkan dalam rekening Kemenag dan dikelola untuk menyubsidi berbagai kebutuhan haji di dalam negeri berupa urusan administrasi serta berbagai kebutuhan logistik dan transportasi di Tanah Suci. (ANT/L-4)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment