Advertising

Tuesday 23 October 2012

[wanita-muslimah] 121023 Jangan salah sikap atas nikmat Allah.

 

121023

Jangan salah sikap atas nikmat Allah.

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

Salah satu nikmat Allah yang banyak kita lupakan adalah bahwa Allah SwT telah menjadi penjamin dan penjaga manusia yang beriman dari godaan syaithan, sehingga iblis tak mampu menimpakan keburukan atas manusia yang beriman ini. Sayang sekali banyak dari manusia yang kufur atas nikmat-nikmat yang telah diterimanya, seperti yang digambarkan Allah dalam firmanNya:

DAN APABILA KAMU DITIMPA BAHAYA DI LAUTAN (semisal ketika sedang berlayar di lautan lepas, yang manusia saat itu tampak kecil dibandingkan dengan alam di sekitarnya), NISCAYA HILANGLAH SIAPA (selain Allah) YANG KAMU SERU (berdoa), KECUALI DIA (Allah), MAKA TATKALA DIA (Allah) MENYELAMATKAN KAMU KE DARATAN, KAMU BERPALING (tak mau lagi mengakui bahwa Sang Penyelamat adalah Allah). DAN MANUSIA ITU ADALAH SELALU TIDAK BERTERIMA KASIH. (Surah al-Isra' [17] ayat 67)

Sejalan dengan itu tidak jarang kita melihat orang yang ketika sakit dia telah terlalu mengandalkan bahwa dokter akan dapat menyembuhkan sakitnya. Setelah pengobatan dijalani, mungkin dia merasa penyakitnya tidak sembuh-sembuh juga walaupun sudah berobat ke dokter ahli (spesialis) yang terbaik. Barulah ia sadar bahwa yang kuasa menyembuhkan orang dari sakitnya adalah Allah. Maka dia pun berdoa, meminta kesembuhan dari Allah. Namun ketika penyakitnya sudah sembuh, dia lupa kepada Allah; dia sepertinya hanya ingat dia sembuh karena sudah minum obat yang telah diresepkan oleh dokternya.

Terhadap sikap seperti itu Allah Yang Maha Bijaksana tidaklah langsung menghukum manusia yang bersikap salah itu. Allah masih memberi kesempatan untuk bertobat setelah menyadari hakikat diri manusia dengan mengingatkan bahwa Allah itu Maha Kuasa, dengan mengingatkan bahwa bisa saja Allah menghukum mereka yang kufur itu dengan berbagai macam kemungkinan siksa yang membinasakan. Allah menyebutkan antara lain:

MAKA APAKAH KAMU MERASA AMAN (DARI HUKUMAN TUHAN) YANG MENJUNGKIR-BALIKKAN SEBAGIAN DARATAN BERSAMA KAMU ATAU DIA MENIUPKAN (ANGIN KERAS YANG MEMBAWA) BATU-BATU KECIL? DAN KAMU TIDAK AKAN MENDAPAT SEORANG PELINDUNGPUN BAGI KAMU. (Surah al-Isra' [17] ayat 68)

ATAU APAKAH KAMU MERASA AMAN DARI DIKEMBALIKANNYA KAMU KE LAUT SEKALI LAGI, LALU DIA MENIUPKAN ATAS KAMU ANGIN TAUFAN DAN DITENGGELAMKANNYA KAMU DISEBABKAN KEKAFIRANMU. DAN KAMU TIDAK AKAN MENDAPAT SEORANG PENOLONGPUN DALAM HAL INI TERHADAP (SIKSAAN) KAMI. (Surah al-Isra' [17] ayat 69)

Al-Maraghi dalam akhir tafsirnya tentang ayat-ayat di atas menyebutkan: "Ayat itu merupakan ancaman keras, seolah-olah Tuhan berkata <Kami menghukum kalian tanpa seorang penolong yang kamu miliki, yang dapat membela kamu terhadap siksaan Kami yang keras..>"

Semoga kita termasuk orang yang pandai bersyukur atas demikian banyaknya nikmat yang telah diberikan oleh Allah, dari hal yang "kecil" maupun yang "besar".

Wa `l-Lahu a'lamu bi `sh-shawwab.

==============================

SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

SWT. = subhanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

========================================

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/.
Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

Wassalam,
dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF.
e-mail: tauhidhw@gmail.com

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya INDONESIA 60292

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment