Advertising

Thursday 18 July 2013

[wanita-muslimah] Dusta Putih

 

Dusta Putih

"Wahai sekalian manusia, apa yang mendorong kalian ikut-ikutan berdusta sebagaimana anai anai berebut ke api. Setiap perbuatan dusta akan dicatat atas nama anak adam kecuali tiga hal; seorang suami yang berbohong kepada istrinya supaya istri ridla; atau seorang yang berdusta dalam rangka strategi perang; dan seorang yang berbohong diantara kedua belah pihak kaum Muslimin untuk mendamaikan keduanya". [HR. Ahmad: 26289].

Mau tanya latar belakang ini hadits (asbabun wuruz) biar mengerti dengan benar maksud "seorang suami yang berbohong kepada istrinya agar istri ridla"..:-). Kalau dalam strategi perang, dapat dimengerti untuk mengecoh musuh. Dalam mendamaikan kedua belah pihak juga bisa dimengerti karena ane pernah ngalamin. Bukan ane berbohong dengan mengatakan hal yang kebalikannya atau mengada adakan cerita. Hanya saja waktu itu ane cuma mengatakan hal2 baik dan tidak mengatakan hal2 buruk ttg seseorang yang sedang bertikai…he he he Alhamdulillah akhirnya mereka akurrrr.

Situasinya spt ini. A & B sedang bertikai. Sampe di Group whatsapp si A mengundurkan diri wat sementara karena marah ama si B.

A curhat ke ane dgn kesel, bilang "si B tuh ngeselin orangnye kalo dibilangin bla bla bla. Tapi si B itu hebat kalo nolong temen. Tuh sepedah nya si C yg lagi bermasalah, tiba2 aje tanpa diminta and ujug2 dikerjain ama si B langsung bener. Otak professor tuh si B kalo soal sepedah."

B juga curhat ke ane dengan sedih, "si A itu kenapa begitu ya? Kan saya bener nte…saya punya alasan bli bli bli…."

Lalu ane bilang ame si B,"tapi kok kemaren ane ktemu si A, die bangga dah ama ente. Ente kalo dah nolong orang gak pikir2 lagi dan kagak pamrih. Gitu katanya, cuy…". "Oooo dia ngomong gitu ya waktu ktemu Nte . Ntar ane samperin deh die." [Apa yg dikeselin ama si A ttg si B yg "blab la bla", ane kagak sampein, Lah kan kagak ditanya juga. Jadi ane kagak bohong/dusta donk]

Beberapa saat kemduian, kita dah ngobrol normal lagi di group Whatsapp dan si A kirim poto mereka dah makan bareng lagi. He he he.

Wassalam,

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment