Advertising

Thursday 25 July 2013

[wanita-muslimah] Teliti sebelum memulai

 

130726

Teliti sebelum memulai.

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

Walaupun mungkin tidak sedikit orang yang karena berputus asa dalam mencari harta untuk kehidupannya di dunia ini lalu mengatakan: "Mencari yang haram sajas sulit, apalagi mencari yang halal...!", padahal Allah SwT telah menyediakan seluruh dunia ini untuk kita, asalkan kita mau berusaha:

"DIALAH (ALLAH) YANG MENJADIKAN BUMI ITU MUDAH BAGI KAMU, MAKA BERJALANLAH DI SEGALA PENJURUNYA DAN MAKANLAH SEBAGIAN DARI REZKINYA. DAN HANYA KEPADANYALAH KAMU (KEMBALI SETELAH) DIBANGKITKAN. (Surah al-Mulk [67] ayat 15)

Dalam keputus-asaan ini tidak jarang orang lalu bermasa bodoh terhadap apa yang mereka lakukan, tanpa memperhatikan lagi akibat lanjut dari apa yang dipilih untuk dilakukannya itu. Seharusnyalah orang tidak berfikir "enaknya" saja saat ini; harus kita renungkan bahwa semua pilihan kita itu akan punya akibat, cepat atau lambat, sekarang ataupun "nanti" yang untuk itu semua kita oleh Allah akan dimintai tanggung jawab atasnya.

Allah menyuruh RasulNya untuk menyampaikan pertanyaan retorik:

KATAKANLAH (YA MUHAMMAD): "APAKAH AKAN KAMI BERITAHUKAN KEPADAMU TENTANG ORANG-ORANG YANG PALING MERUGI PERBUATANNYA?" (103) YAITU ORANG-ORANG YANG TELAH SIA-SIA PERBUATANNYA DALAM KEHIDUPAN DUNIA INI, SEDANGKAN MEREKA MENYANGKA BAHWA MEREKA BERBUAT SEBAIK-BAIKNYA. (104) (Surah al-Kahfi [18] ayat 103-104)

MEREKA ITU ORANG-ORANG YANG KUFUR TERHADAP (TIDAK MENGAKUI KEBENARAN ATAS PEDOMAN YANG BERUPA) AYAT-AYAT TUHAN MEREKA, DAN (KUFUR TERHADAP) PERJUMPAAN DENGAN DIA (UNTUK PERTANGGUNGJAWABAN ATAS TINDAKANNYA), MAKA HAPUSLAH NILAI AMALAN-AMALAN MEREKA, DAN KAMI TIDAK MEMBERI SUATU NILAIPUN BAGI (AMALAN "BAIK") MEREKA PADA HARI KIAMAT. (Surah al-Kahfi [18] ayat 105)

Ketika kita akan melakukan suatu kegiatan, harus kita pertimbangkan matang-matang rangkaian, kaitan, atau akibat lanjut dari apa yang kita lakukan. Jangan sampai kita melakukan sesuatu yang "terkesan" tidak apa-apa, tetapi sebenarnya terkait dengan perbuatan orang lain yang menjadikan kita menuai dosa. Secara sederhana digambarkan bahwa Nabi Muhammad saw melaknat sepuluh orang yang terkait dengan minuman keras: pemeras anggur bahannya, yang menyuruh memeraskannya, peminumnya, pengangkutnya, yang meminta dibawakannya, yang menuangkan menyajikannya, yang memperdagangkannya, yang memakan uang hasil jualannya, yang membelikannya, dan yang menjualnya.

Yang harus lebih kita waspadai adalah jangan sampai kita melakukan sesuatu yang kemudian ternyata menjadi pangkal suatu rangkaian perbuatan dosa, yang karenanya kepada kita akan ditambahkan sejumlah dosa yang terkumpul dari besaran dosa-dosa para "penerus" perbuatan dosa yang kita awali itu.

Semoga kita dapat lebih berhati-hati dalam berbuat, sehingga amalan kita berbuah manis, bukannya berbuntut celaka dunia-akhirat.

Wa `l-Lahu a'lamu bi `sh-shawwab.

==============================

SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

SWT. = subhanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

========================================

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/.
Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

Wassalam,
dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF., AIFO.
e-mail: tauhidhw@gmail.com

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya INDONESIA 60292

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment