Advertising

Tuesday 27 April 2010

[wanita-muslimah] Angka Ketidaklulusan DIY Tertinggi di Jawa

 

http://www.sinarharapan.co.id/cetak/berita/read/angka-ketidaklulusan-diy-tertinggi-di-jawa/

Senin, 26 April 2010 12:53
Pengumuman UN SMA

Angka Ketidaklulusan DIY Tertinggi di Jawa
OLEH: YUYUK SUGARMAN

Yogyakarta - Angka ketidaklulusan siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun ini merupakan tertinggi di Jawa dan mencatat sejarah dalam ketidaklulusan di DIY.

Jumlah siswa tingkat SMA di DIY yang tidak lulus mencapai 23,70 persen atau 4.623 siswa dari total 19.505 siswa. Jumlah ini meningkat tajam jika dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 6,06 persen atau 1.241siswa dari total 20.385 siswa. Dari seluruh sekolah SMA yang ada di DIY, hanya empat SMA yang siswanya lulus 100 persen, yakni, SMAN I Bantul (215 siswa), SMAN I Sleman (215 siswa), SMA Mandala Bhakti Sleman (8 siswa), dan SMA Sulaiman Sleman (20 siswa).
Sementara itu di tingkat SMK, angka ketidaklulusan siswa juga melonjak tinggi. Bila di tahun 2009 hanya 2,94 persen atau 584 siswa dari total 19.828 siswa, tahun ini naik menjadi 20,83 persen atau 4.614 siswa dari total 22.152 siswa. "Saya rasa mereka yang tidak lulus ini kurang percaya diri dalam mengerjakan soal. Meskipun siswa pintar, jika saat mengerjakan UN kurang percaya diri, bisa buyar," tegas Kepala Disdikpora DIY Prof Suwarsih Madya, di DIY, Minggu (25/4).

Untuk itu, pihaknya akan melakukan evaluasi. "Nanti akan kami bentuk tim yang terdiri dari banyak pihak, baik guru, kepala sekolah, maupun kepolisian. Tetapi masih nanti. Kita lihat dahulu hingga hasil dari ujian susulan," jelas Suwarsih. Ujian susulan akan digelar tanggal 10-14 Mei mendatang.

Menurun
Di Jawa Tengah (Jateng) dilaporkan, tingkat kelulusan UN tingkat SMA tahun ini menurun dibandingkan tahun 2009. Dari 307.918 siswa, yang lulus hanya 91,8 persen atau 282.803 siswa. Padahal, tahun lalu tingkat kelulusan mencapai 94,3 persen.Nilai tertinggi peserta SMA jurusan IPA dicapai oleh siswa SMA Negeri 1 Kudus dengan nilai 54,3, jurusan IPS dari SMA Negeri 1 Klaten dengan nilai 50,60, sedangkan untuk jurusan Bahasa adalah SMA Negeri 1 Jepara dengan nilai 49,49.
Nilai tertinggi dari Madrasah Aliyah jurusan IPA diraih oleh siswa MA Negeri 1 Kudus dengan nilai 51,6, jurusan IPS MA Al Irsyad Gajah, Demak, dengan nilai 49,38, dan jurusan Bahasa dengan nilai 47,83 juga dari MA Al Irsyad Gajah Demak. Nilai tertingi untuk siswa SMK adalah 41,66 dari SMK Negeri 1 Gombong, Kebumen."Yang kami syukuri adalah perolehan nilai tinggi ternyata menyebar di kota-kota kecil. Itu artinya terjadi pemerataan mutu pendidikan hingga daerah-­dae­rah, bukan hanya di kota-kota besar," kata Kepala Dinas Pendidikan Jateng Kunto Nugroho, Minggu.

Tingkat ketidaklulusan ­tertinggi umumnya terjadi di Indonesia Timur. Misalnya di Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun ini juga sangat menurun dibandingkan tahun 2009, yang angka kelulusan hampir mencapai 75 persen. Kepala Disdikpora NTT Thobias Uly mengungkapkan, tahun ini dari total 48.552 siswa tingkat SMA yang mengikuti UN, 52,4 persen siswa tidak lulus dan harus mengikuti UN ulang awal Mei ini.

Sementara itu, Kepala Disdik­pora Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) David Juandi mengatakan, dari 1.921 siswa SMA perserta UN, yang lulus 1.381 orang atau 72 persen, sedangkan yang tidak lulus sebanyak 546 orang. Untuk SMK, dari 536 peserta UN yang tidak lulus sebanyak 177 orang siswa dari 359 orang atau 71,16 persen. "Faktor ketidaklulusan siswa pada UN tahun ini penyebabnya adalah tidak meratanya penyebaran guru bidang IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan IPS di semua sekolah SMA/SMK di TTU, sedangkan tingkat error dalam pengisian LJK sedikit sekali," kata Juandi.

Di lain pihak, kelulusan siswa tingkat SMA di Bali masih cukup tinggi, di atas 95 persen. Terdapat 1.093 siswa dari total 40.987 siswa tingkat SMA di seluruh Bali yang tidak lulus UN.
(philip matias giri/cinta malem ginting/su herdjoko)

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment