Advertising

Saturday 3 April 2010

[wanita-muslimah] Bahan Pangan Aman-Bermutu-Halal Tuntutan Muslim Di Indonesia

 

http://www.harianterbit.com/artikel/info/artikel.php?aid=90780

Bahan Pangan Aman-Bermutu-Halal Tuntutan Muslim Di Indonesia
Tanggal : 01 Apr 2010
Sumber : Harian Terbit

JAKARTA -Tuntutan konsumen, khususnya kaum muslim, terhadap produk bahan pangan yang aman, bermutu, dan halal, semakin tinggi. Oleh sebab itu, konsumen harus mendapatkan jaminan tentang kehalalan suatu produk, salah satunya lewat sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menurut Dr.Ir.Joko Hermanianto, dosen jurusan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB), konsep halal-haram dibuat berdasarkan Al-Quran dan Hadist. "Pangan yang halal adalah pangan yang terdiri dari bahan-bahan halal, kemudian dikelola dengan cara yang halal, serta didistribusikan secara halal sehingga menghasilkan produk yang halal bagi konsumen," menurutnya.

Untuk menghasilkan suatu produk yang halal namun handal dan terpercaya tentunya tidak mudah. Hal itu diungkapkan oleh Hasmy Halid, STP, System Development & Halal Manager Nutrifood. "Dalam implementasinya, proses halal ini sudah dilakukan sejak pengembangan produk baru, proses sourcing material baru, pembelian material, inspeksi saat kedatangan, produksi, hingga distribusi," menurutnya.

Sumber daya manusia juga menjadi faktor yang menentukan komitmen kehalalan suatu produk. "Top management harus berkomitmen serta konsisten pada setiap keputusannya terkait urusan halal.

Terkadang syarat kehalalan ini menghalangi proses kreativitas produk baru. "Namun selalu ada jalan untuk memberikan hasil yang inovatif namun halal," katanya dalam acara media workshop Implementasi Sistem Jaminan Halal di Industri dalam Pangan.

Bahan yang diharamkan menurut hukum Islam antara lain bangkai, darah, babi, dan binatang yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah. Yang sering jadi permasalahan adalah tidak bisa diketahui cara penyembelihan atau produk turunan hewan.

Dalam sistem jaminan halal, setiap industri diwajibkan hanya memproduksi dan mendistribusikan produk yang sudah memiliki sertifikat halal atau surat izin halal dari MUI, hanya menggunakan bahan baku dan bahan penolong yang memiliki sertifikat halal atau mendapat izin penggunaan dari MUI serta menerapkan cara produksi makanan yang baik dan benar.(tbt)

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Do More for Dogs Group. Connect with other dog owners who do more.


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment