Advertising

Sunday 4 July 2010

[wanita-muslimah] salah kirim mestinya ke mayapada[rana <= Seri 404

 

Islam yang bermuatan: aqidah (pokok keimanan), jalannya hukum dan akhlaq, meliputi cakrawala yang luas, yaitu petunjuk untuk mengatur baik kehidupan nafsi-nafsi (individu), maupun kehidupan kolektif dengan substansi yang bervariasi seperti keimanan, ibadah ritual (spiritualisme), karakter perorangan, akhlaq individu dan kolektif, kebiasaan manusiawi, ibadah non-ritual seperti: hubungan keluarga, kehidupan sosial politik ekonomi, administrasi, teknologi serta pengelolaan lingkungan, hak dan kewajiban warga-negara, dan terakhir yang tak kurang pentingnya yaitu sistem hukum yang teridiri atas komponen-komponen: substansi aturan-aturan perdata-pidana, damai-perang, nasional-internasional, pranata subsistem peradilan dan apresiasi hukum serta rasa keadilan yang hidup dalam masyarakat yang berakhlaq. Semua substansi yang disebutkan itu bahasannya ada dalam Serial Wahyu dan Akal - Iman dan Ilmu. Maksudnya Wahyu memayungi akal , dan Iman memayungi ilmu.

one liner Seri 404
insya-Allah akan diposting hingga no.800
no.terakhir 930
*******************************************************************

BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIYM

WAHYU DAN AKAL - IMAN DAN ILMU
[Kolom Tetap Harian Fajar]
404. Mobil Bagi Anggota DPRD

Di luar hujan deras bersinergi dengan banjir kiriman. Itu menghasilkan luaran yang berwujud air selokan kecil melimpah menggenangi pekarangan rumah menyapu-nyapu pelataran teras. Juga melimpah mengisi jalan di muka rumah. Untunglah loper telah sempat mengantar Harian "FAJAR" edisi Minggu, 19 Desember '99, sebelum jalan di depan rumah menganak sungai. Saya telah bersiap-siap dan sedang menunggu taksi panggilan untuk menghadiri musyawarah Penyusunan Program Kerja Pesantren IMMIM Putera. Karena hari hujan saya rencanakan pergi ke pesantren dengan taksi. Sebab untuk naik pete'-pete' (oplet) harus mengarungi anak sungai untuk sampai ke jalur pete'-pete'. Stasiun becak yang dekat rumah pagi itu sunyi dari becak, jadi saya tidak dapat naik becak ke jalur pete'-pete'. Seperti saya pernah tulis dalam Seri 383, bahwa "sejak keadaan fisik saya tidak memungkinkan menyetir jauh-jauh, sedangkan saya tidak dapat menggaji sopir pribadi, lagi pula anak-anak yang dapat menyetir sudah mempunyai kesibukan sendiri-sendiri, ditambah pula sewa taksi yang mahal, maka kalau bepergian di dalam kota saya naik kendaraan umum pete'-pete'. Saya dapat belajar dan merasakan hidup berdemokrasi dengan naik pete'-pete' ini." Demikian yang telah saya tulis dalam Seri 383 tersebut. Mengapa saya tulis tetek-bengek berkendaraan ini, oleh karena ada relevansinya dengan judul di atas.

Sambil menunggu taksi, saya baca halaman 2 Harian "FAJAR" edisi Minggu, 19 Desember '99 tentang Laporan Utama yang berkisar di sekitar ribut-ribut soal mobil DPRD. Ini beberapa komentar yang telah saya baca:
"Itu sebagai tanda bahwa anggota DPRD Sulsel sekarang ini masih punya pola pikir Orde Baru. Saya kira tidak harus jalannya pemerintahan dikontrol dari atas mobil. Mereka memperlihatkan perilaku priyai dan tidak punya sence of crisis. Mereka itu manja dan tidak ikut merasakan krisis yang dialami oleh masyarakat yang diwakilinya. Sebagai wakil rakyat sebaiknya mereka itu menjadi teladan di tengah-tangah masyarakat. Jangan justru memperlihatkan pola hidup yang konsumeristik. Ngototnya mereka minta jatah mobil berarti tidak mempertimbangkan kemampuan pendapatan daerah yang terperosok akibat krisis yang berkepanjangan. Untuk datang dan pergi ke kantor, karena memang belum punya mobil sendiri, ya, gunakan dululah yang ada, maksudnya kendaraan umum becak dan pete'-pete'. Ini baru bertugas 3-4 bulan. Bagaimana kalau masa kerja dewan sudah 1 tahun. Mungkin bukan lagi permintaan mobil, tetapi sudah memelas lagi untuk mendapatkan rumah pribadi." Demikianlah penilaian miring dari beberapa orang yang saya baca pada halaman 2.

Demikianlah hari Ahad pagi itu berlalu dari menit ke menit saya membaca sambil menunggu taksi atapun menunggu taksi sambil membaca. Namun taksi tak kunjung datang. Asal ditelepon ulang bagaimana apa sudah ada taksi yang menuju ke Kompleks Ujungpandang Baru, selalu mendapat jawaban, sabar pak, sedang diusahakan. Biasanya memang dalam keadaan cuaca yang tidak bersahabat itu jaranglah ada sopir taksi yang berani datang ke kompleks yang direndam air itu, karena takut terperangkap air. Sebab seperti yang pernah saya tulis bertahun-tahun lalu bahwa sejak dibangun jalan tol (baca: tanggul) yang menghadang debit air yang melimpah, maka kompleks perumahan Ujungpandang Baru dan sekitarnya berfungsi sebagai perangkap air. (Walaupun telah keluar Kepres yang mengembalikan Kotamadya ini ke nama asalnya yaitu Makassar, namun saya pikir nama Ujungpandang Baru tetaplah demikian, tidaklah perlu semua nama Ujungpandang diubah pula menjadi Makassar. Mengapa? Karena di kotamadya ini ada kecamatan bernama Kecamatan Ujungpandang. Kalau Kecamatan Ujungpandang diubah pula menjadi Kecamatan Makassar, akan terjadi kerancuan, sebab dalam kotamadya ini ada juga kecamatan yang bernama Kecamatan Makassar).

Akhirnya saya putuskan untuk tidak menghadiri rapat. Pada waktu saya membaca komentar yang miring itu di luar hujan bertambah deras, serta banjir kiriman bertambah lantang. Saya bayangkan bagaimana jadinya jika diri saya seorang ketua komisi di DPRD dan harus memimpin sidang komisi dan harus datang ke gedung DPRD dengan pete'-pete'. Salah satu hikmah puasa ialah dapat merasakan derita kelaparan orang-orang yang dalam hidup sehari-harinya bergumul dengan lapar. Orang yang berteori saja dalam seminar lapar tidak akan dapat menghayati apa itu lapar. Berat mata memandang lebih berat bahu memikul. Saya ragu apakah mereka yang mengadakan penilaian yang miring itu pernah naik pete'-pete' dari rumah ke kantornya! Mengapa? Karena hanya orang berpuasa saja yang dapat merasakan derita orang-orang bergumul dengan lapar.

***

Salah satu sikap mental masyarakat agraris ialah visi mereka mengenai harta benda. Mereka memandang harta benda itu dari segi nilai status sosial pemiliknya, intinya dari segi penampilan yang konsumeristik. Al Quran mengajarkan kita akan sikap mental masyarakat madani, yaitu melihat hata benda itu dari segi nilai fungsionalnya. Tujuan puasa ialah untuk meningkatkan diri dari beriman menjadi bertaqwa. Salah satu ciri bertaqwa ialah:
-- W MMA RZQNHM YNFQWN (S. ALBQRT, 3), dibaca: Wa mimma- razaqna-hum yunfiqu-n (s. albaqarah), artinya:
-- Dan dari sebagian yang Kami rezekikan kepada mareka, diinfaqkannya (dikeluarkannya untuk fungsi sosial), (S. Sapi betina, 2:3).

Pada umumnya yang menilai anggota DPRD seperti yang ditaruh di antara dua tanda kutip yang telah dikutip di atas itu, mempunyai sikap mental masyarakat agraris, yaitu memandang mobil itu dari segi penampilan yang konsumeristik. Padahal menurut ajaran Al Quran mobil itu harus dilihat dari segi fungsionalnya, yaitu sikap mental yang melahirkan visi yang dimiliki oleh masyarakat madani.

Alhasil dengan sikap mental masyarakat madani yang memandang mobil itu dari segi fungsionalnya, disertai dengan sence of crisis, para anggota DPRD yang belum mempunyai kendaraan sendiri sangatlah patut dan berhak untuk memperoleh mobil sederhana, yang tangan keduapun (twede hand) jadi, yang penting mesinnya, remnya dan perlengkapan lainnya berfungsi dengan baik. Walla-hu a'lamu bishshawa-b.

*** Makassar, 26 Desember 1999
[H.Muh.Nur Abdurrahman]
http://waii-hmna.blogspot.com/1999/12/404-mobil-bagi-anggota-dprd.html

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment