Advertising

Saturday 31 July 2010

[wanita-muslimah] Perbedaan beribadah antara Islam Muhammad dan Islam Kristen.

 

Bagi yg belum tahu, semoga artikel saya ini dapat menambah
wawasan ilmu antara 2 agama Tauhid yaitu Muslim dan Kristen.

Bismilahirrahmanirahiim.

STATEMENTS OF FAITH ( BERIKRAR)

1.MUSLIM; Pengakuan iman Muslim adalah pilar pertama Islam dan disebut Syahadat. Yaitu: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah

KRISTEN;Jesus,Saya mengakui bahwa saya adalah seorang yang berdosa dan saya percaya bahwa Kamu mati untuk dosa2 saya diatas salip dan kamu dibangkitkan dari mati. Saya sekarng menerima Kamu Jesus sebagai tuhan pribadi dan penyelamat saya. Silakan isi hati saya dengan roh Kudus danmasulah kepada dalam hati saya dan silakan kontrol kehidupan saya.
Terimakasih atas pembebasan saya dari perbuatan2 kesalahan dan buruk saya yang menyebakan dosa.

2.DOA ATAU SHALAT

Pilar kedua Islam adalah doa. Orang Muslim berdoa lima kali sehari pada waktu yang sudah ditentukan, dengan menghadap ke Mekah. Sembahyang dilakukan pada waktu subuh sebelum matahari terbit, siang hari, sore hari, segera setelah matahari terbenam/maghrib, dan doa pada tengah malam. Qurâan tidak memberikan detil mengenai hal ini, karena peraturan mengenai sembahyang ditemukan di dalam Hadis. Gerakan-gerakan ritual dari berdiri hingga berlutut hingga sujud.

Sembahyang di mesjid diumumkan melalui panggilan untuk berdoa dari menara mesjid yang tinggi, lima kali sehari. Muazin berseru: Allah itu besar. Aku mengaku tiada Tuhan selain Allah. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul Allah. Marilah berdoa, marilah meraih kemenangan (sukses).Ketika hari masih subuh ia akan berseru Sembahyang lebih baik daripada tidur. Allah adalah besar....

Sebelum berdoa, orang-orang Muslim harus menjalani ritual pencucian yang disebuh wudhu. Ada aturan-aturan untuk mencuci keempat bagian tubuh: wajah, dari atas hingga jidat terus ke dagu hingga ke telinga; tangan dan lengan, hingga sikut; seperempat bagian muka digosok dengan tangan yang basah; dan kaki dicuci hingga ke tumit. Banyak orang Muslim yang meyakini bahwa jika ada satu bagian dari tubuh ini yang tidak dibersihkan, maka semua ritual doa yang dilakukan menjadi tidak ada nilainya. Orang-orang Muslim juga tidak boleh mabuk.

Setelah melakukan wudhu, maka orang yang tengah beribadah kemudian mengulangi mengucapkan doa-doa yang sudah ditentukan diikuti dengan gerakan-gerakan ritual. Ini bisa dilakukan baik secara pribadi atau publik, dan adalah sesuatu yang umum di sejumlah negara melihat orang-orang Muslim melaksanakan sholat di jalanan. Di Inggris semakin banyak tempat kerja, sekolah-sekolah, universitas-universitas, dan penjara yang menyediakan mushola (tempat untuk sembahyang) setelah orang-orang Muslim memintanya.

Di samping doa-doa harian, juga ada doa-doa yang dinaikkan bersama-sama pada setiap hari Jumat dimana semua pria diwajibkan untuk hadir. Selama pelaksanaan ibadah publik yang bersifat umum ini, imam atau pemimpin komunitas Muslim mengajarkan kehidupan spiritual mingguan dan memberikan nasehat dan peringatan kepada umat untuk melakukan perbuatan yang baik dan berperilaku yang bermoral. Seringkali saat ibadah Jumat seperti ini, di sejumlah mesjid inilah waktu dimana mereka mengutuki orang-orang Yahudi dan Kristen. Umumnya mesjid-mesjid memiliki sebuah ruang yang terpisah untuk wanita bisa melaksanakan wudhu dan bersembahyang. Sangat sedikit mesjid yang bersifat progresif yang mengakomodasi para wanita untuk bisa bersembahyang di tengah-tengah jemaat utama. Umumnya mesjid memisahkan para wanita untuk mereka bisa melaksanakan sembahyang di ruangan yang terpisah dengan kaum pria. Tidak semua mesjid mempunyai tempat bagi para wanita, karena itu mereka diminta untuk sembahyang di rumah.

KRISTEN;

Dalam kekristenan ada perbedaan besar antara doa yang terstruktur, doa liturgikal hingga doa yang dilakukan tanpa persiapan yang biasa ditemukan dalam gerakan-gerakan kharismatik. Bagi orang-orang Kristen, doa lebih dari hanya sekedar sebuah rangkaian gerakan-gerakan ritual dan susunan doa, sebab ia dibangun atas sebuah hubungan pribadi antara individu dengan Tuhan. Doa Kristen adalah jalan masuk ke dalam hadirat Tuhan melalui Yesus Kristus sebagai sang Mediator. Orang Kristen bisa berdoa pada segala waktu dan pada segala keadaan dan memiliki keyakinan bahwa Tuhan mendengar dan menjawab. Ada banyak jenis doa: doa pribadi, doa syafaat yaitu ketika kita berdoa untuk orang lain, doa penyembahan, doa bagi kesembuhan, dan doa-doa sakramen.

Bagi seorang Kristen, ketika Roh Kudus telah datang untuk tinggal dalam dirinya, maka yang bersangkutan tidak dapat berhenti berdoa karena Roh Kudus turut berdoa bersama dia. Tak peduli apakah ia sedang tidur atau terbangun, doa akan berlangsung terus-menerus di dalam hatinya pada segala waktu. Ia mungkin sedang makan atau minum, ia mungkin tengah istirahat atau bekerja â€" asap doa akan naik ke atas secara spontan dari dalam hatinya. Getaran di dalam hatinya seperti sebuah suara yang bernyanyi dalam keheningan dan secara rahasia kepada Yang Tak Terlihat (St. Isaac the Syrian).

3.MEMBERI SEDEKAH

Pilar ketiga dalam Islam adalah memberi sedekah. Dalam Islam ada dua istilah yang dipakai untuk sedekah. Yang pertama adalah zakat yang merupakan kewajiban legal bagi setiap Muslim, yang kedua adalah sadaqa yang merupakan pemberian yang dilakukan secara sukarela pada waktu perayaan Idul Fitri, perayaan tahunan di akhir bulan Ramadan.

Setiap orang Muslim dewasa harus memberi zakat yang besarnya bergantung dari properti yang ia miliki; selama ia memiliki uang yang cukup untuk keperluannya. Dalam Islam Suni, besarnya adalah 2,5 persen. Zakat diberikan kepada orang-orang miskin dan yang membutuhkan, mereka yang tengah terbelit hutang, orang-orang yang tengah bepergian, mereka yang mengelola dana-dana itu dan orang-orang yang baru memeluk Islam. Dana ini juga bisa dipakai untuk keperluan Allah sebuah ungkapan lain untuk jihad. Dalam Islam, doa dan sedekah dianggap sebagai hal yang tidak bisa dipisahkan dan dalam Islam dikatakan bahwa sedekah memeteraikan doa.

KRISTEN
Orang-orang Kristen tidak diharuskan untuk memberikan uang dalam jumlah tertentu, tetapi Alkitab memberitahukan pada mereka bahwa kasih kepada Tuhan juga berarti bahwa mereka membagikan apa yang mereka miliki untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang ada di sekeliling mereka. Orang-orang Injili seringkali memberikan “sepersepuluh” dari penghasilan mereka, yang artinya memberikan 10 persen kepada gereja lokal atau untuk keperluan lain.

4.PUASA.

Pilar keempat dalam Islama adalah berpuasa. Puasa dilakukan setiap tahun selama bulan Ramadan. Ini adalah bulan ke-sembilan dari kalender Muslim yaitu ketika orang-orang Muslim meyakini merupakan saat dimana malaikat Jibril pertama kali mewahyukan Qur’an kepada Muhammad. Ramadan diumumkan ketika seorang saksi yang layak dipercaya menyaksikan kepada pihak otoritas bahwa bulan yang baru telah muncul. Tetapi jika langit menjadi berawan, hal ini bisa memperpanjang masa berpuasa orang Muslim. Era Muslim dimulai pada tanggal 20 Juni 622M, dimana berdasarkan tradisi Muslim, Muhammad berhasil melarikan diri dari penganiayaan di Mekah ke sebuah tempat yang bernama Yathrib. Episode ini disebut Hijrah, yang artinya bermigrasi atau lari. Di kemudian hari Muhammad mengganti nama Yathrib menjadi Medina. Kalender Muslim dimulai dari tanggal ini, dan ini adalah sebuah kalender bulan yang hanya memiliki 354 hari dalam setahun. Karena kalender ini lebih pendek sebelas hari dibandingkan tahun matahari, maka waktu dimana orang-orang Muslim berpuasa akan jatuh pada waktu yang bervariasi setiap tahunnya.

Muslim mengajarkan bahwa signifikansi dari Ramadan adalah bahwa manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang lebih besar dari hanya sekedar makan roti dan bahwa tubuhnya haruslah menjadi pelayannya dan bukan menjadi tuannya. Disiplin diri yang luar biasa diperlihatkan oleh orang-orang Muslim yang melakukannya dengan serius, yaitu ketika mereka bahkan tidak menelan air ludah mereka. Tujuan lain dari Ramadan adalah untuk menunjukkan simpati kepada orang-orang miskin dan melarat. Berpuasa didefinisikan sebagai berpantang makan atau minum, merokok dan melakukan hubungan seks selama jam-jam di antara matahari terbit dan matahari terbenam. Selama bulan Ramadan, keluarga akan bangun sebelum matahari terbit untuk makan. Setelah matahari terbenam, puasa dihentikan, kadang-kadang dengan memakan buah kurma, dan kemudian mereka makan dalam jumlah yang banyak di sepanjang malam itu hingga larut malam. Dikatakan bahwa sukacita perayaan meningkat di setiap malam dan mencapai puncaknya pada hari ke-27 bulan Ramadan, yang merupakan hari terakhir berpuasa dan disebut Idul Fitri. Ada lebih banyak lagi makanan yang dikonsumsi selama bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya dalam satu tahun.

Berpuasa adalah sesuatu yang diwajibkan bagi orang-orang Muslim, kecuali bagi anak-anak kecil dan orang yang menderita penyakit mental. Mereka yang sakit, tengah berada dalam perjalanan, sedang hamil, ibu-ibu yang sedang menyusui atau yang tengah menstruasi, bisa menunda puasa mereka untuk dilakukan di kemudian hari. Perubahan kebiasaan harian ini menuntut keinginan personal yang sangat tinggi serta disiplin diri, dan akan menjadi lebih mudah ketika dilakukan di negara-negara dimana setiap orang melakukan hal yang sama.

KRISTEN BERPUASA

Sebagaimana halnya dengan berdoa, orang-orang Kristen tidak memiliki cara berpuasa yang sudah ditentukan seperti itu. Ini salah satu ritual yang banyak dilakukan oleh Gereja Timur, dimana berpuasa dilakukan setiap hari Rabu dan Jumat, dan merupakan puasa vegan, artinya tidak memakan makanan dari hewan atau ikan. Orang-orang Kristen Timur juga berpuasa selama kurun waktu 50 hari dan pada hari-hari lain yang bervariasi di sepanjang tahun, dimana berpuasa dilakukan tanpa makan atau minum sama sekali untuk satu periode waktu. Seseorang bisa memilih jangka waktu mereka berpuasa tetapi selalu diikuti dengan sebuah Perjamuan harian dan kemudian memakan makanan yang tidak terbuat dari daging hewan atau ikan (puasa vegan). Hal ini berbeda dengan Ramadan dimana periode waktunya lebih panjang. Di samping itu puasa ini juga tidak diikuti dengan pesta makan besar, melainkan hanya makanan yang sederhana.

Orang-orang Kristen Injili umumnya memutuskan bagi diri mereka sendiri bagaimana dan kapan mereka akan berpuasa, dan melakukannya untuk mempersembahkan diri mereka lebih dalam untuk berdoa. Mereka akan berpantang makan, tetapi masih tetap minum yang biasanya dilakukan untuk satu periode tertentu antara satu hingga tiga hari. Puasa ini tidak termasuk makanan yang dimakan pada malam hari. Mereka berusaha untuk tidak membiarkan orang lain mengetahui bahwa mereka sedang berpuasa, segaris dengan apa yang diajarkan oleh Yesus kepada murid-muridNya: Ketika engkau berpuasa, taruhlah minyak di kepalamu dan basuhlah wajahmu, supaya orang lain tidak tahu bahwa kamu sedang berpuasa, tetapi hanya Bapamu yang di Surga yang tidak kelihatan itu yang mengetahuinya (Matius 6:17-18).

Orang2 yahudi, Kristen dan Muslim adalah beragama islam,demikian ALLAH menjelaskan kpd Muhammad saw dgn ayat dibawah ini;

Sesungguhnya (agama tauhid=islam) ini adalah agama kamu semua(Yahudi, Nasrani dan muslim); agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku.QS 21:92.QS.23:52.

ALLAH menurunkan peraturan2Nya kpd umatnya sesuai dgn perkemabangan
kehidupan manusia waktu itu.

ALLAH menurunkan wahyu2Nya atau kitab2Nya kpd Nabi2 yaitu nabi Musa
,Jesus as dan Muhammad saw dlm tiga zaman-waktu.

Peraturan2 dlm taurat adalah dasar2 agama tauhid.
Peraturan2 dlm Injil adalah penyempurnaan kitab sebelumnya
Pertauran2 dlm al quran adalah penympurnaan peraturan2 sebelumnya
dan yang terakir.

Kalau terdapat perobahan2 dlm beribadah atau peraturan2 hubungan
manusia dgn manusia, bukannya peraturan2 itu salah, tapi ALLAH merobahnya dengan ada maksud2 tertentu yaitu menyesuaikan dgn perkebangan manusia dan tingkat masalah2 dlmmasarakat.

Cara beribadah dlm peraturan2 Al Quran adalah cara yang lebih sempurna
dari pada cara beribadah umat sebelumnya.

Namun bagi orang2 yahudi dan nasrani yang masih mengikuti peraturan2
lama, ALLAH swt tidak melarangnya,silakan saja..! Demikian ALLAH mejelaskan dlm ayatnya seperti dibawah ini;

Sesungguhnya orang orang Mukmin, orang orang Yahudi, Shabiin, orang orang Nasrani, siapa saja ( diantara mereka) (1) yang benar benar beriman kepada ALLAH,(2) hari kiamat dan (3) beramal saleh,maka tidak ada kekhawatiran terhadapap mereka (masuk golongan surga) dan tidak(pula) mereka bersedih hati.QS.5:69

Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat, Injil dan (Al Qur'an) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka. Di antara mereka ada golongan yang pertengahan.(tdk ke-kiri dan ke-kanan, tetap ditengah2) Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka".QS.5:66.

Semoga ayat2 diatas itu dapat memperbaiki aqidah kita selama ini.

Wassalamu'alaikum wrwb

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment