Advertising

Sunday 22 June 2014

[wanita-muslimah] Kiat kuat berpuasa. [1 Attachment]

 



--
Assalamu 'alaikum wr. wb.

Mungkin ada gunanya catatan "Kiat kuat berpuasa." untuk diteruskan kepada yang memerukan, karena puasa bukanlah masa istirahat; kegiatan kerja produktif harus tetap berlangsung. Sumber energi kerja bukanlah hanya dari hasil pencernaan makanan yang baru dimakan, tetapi juga dari cadangan yang telah ada dalam tubuh, terutama lemak. Rasa "tak enak" (lemah) pada hakikatnya lebih dipengaruhi oleh akibat kosongnya lambung.

1. Makan sahurlah di akhir waktunya.
2. Makan sahur dengan memenuhi syarat  "4-Sehat 5-Sempurna". 
3. Makanan sahur sebaiknya yang kasar (jangan berupa bubur), dengan cukup banyak sayur (agar makanan lebih lama tertahan di dalam lambung), tanpa kekurangan lemak dan protein.
4. Cukupi kebutuhan air dengan minum cukup air atau makanan berkuah sejak berbuka; kurang air akan melemahkan tubuh, memudahkan emosional.
5. Segeralah berbuka dengan makanan ringan yang mudah dicerna (yang manis; misalnya kurma, pisang, kolak). Cukupilah kebutuhan gizi nantinya belakangan saja tanpa harus terburu-buru.
6. Lakukanlah pekerjaan dalam tingkat ringan (aerobic, yang membakar lemak); cadangan energi yang berupa lemak ini "tak terbatas". Pada tingkat ini tubuh tidak banyak mengeluarkan keringat, tak mudah lemah atau "haus" oleh kekurangan air.
7. Hindari kelemahan dini dengan menghindari kerja berat (anaerobic, yang akan banyak membakar cadangan karbohidrat dalam tubuh); cadangan ini (terutama glikogen di liver) biasanya sudah habis sekitar lohor.
8. Mudahkan pembakaran lemak dengan bersikap ceria; sikap ini meningkatkan tersedianya hormon adrenalin yang memudahkan pemecahan lemak untuk dibakar. 
9. Segarnya tubuh seusai minum ketika maghrib tiba adalah karena "kesegaran jiwa"; bahan yang baru saja disantap itu belum terserap!

Saya lampirkan pula catatan ini dalam bentuk siap cetak agar lebih mudah diperbanyak (dikopi, dipotong menjadi 4) untuk perluasan informasinya.  

Terima kasih atas perhatian Anda.

Wassalam,

dr.HRM Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF
Jl. Kendangsari Lebar 48 Surabaya 60292


__._,_.___
View attachments on the web

Posted by: Rasyid-Mohammad Tauhid-al-Amien <tauhidhw@gmail.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (2)
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment