Advertising

Sunday 4 July 2010

Re: mesttinya ranggas <= Re: [wanita-muslimah] FPI Akan Bongkar Patung Naga di Kota

 

Iya pak muiz, diskusi yg menarik dengan pola argumen hmna yang ngeles-ngeles nggak jelas.menjadikan mutu diskusi nggak seimbang yg satu konsisten yang lain ngeyel.

Menurut pendapat pak muiz sendiri gimana? 1. Apakah pertemuan itu memang pertemuan pengembangan komunis? Karena itu apakah melanggar undang2?
2. Bandingkan dengan maklumat terang2an dari beberapa pihak, HTI yang ingin mendirikan khalifah islam, FPI , PKS dll yang ingin menerapkan syariat Islam.
3. Bandingkan juga dengan beberapa perda yang sudah, atau akan menerapkan syariat, bukankah itu sebenarnya sudah melanggar UU 45?
3. Tindakan FPI bukan hanya melanggar keamanan, tapi sekaligus juga melanggar agama, anti amar makruf nahyi munkar.
4. Bisa saja mirip green peace dll., dilihat dari satu efek sbg pressure group. Tapi di indonesia ini perbandingannya stop sampai di situ. Artinya nggak ada manfaatnya membandingkan mereka,wong yang diusung FPI nggak bakal laku kok.

Salam
Mia
-----Original Message-----
From: Abdul Muiz <muizof@yahoo.com>
Sender: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Date: Sun, 4 Jul 2010 17:27:52
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Reply-To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: mesttinya ranggas <= Re: [wanita-muslimah] FPI Akan Bongkar Patung Naga di Kota

Abah HMNA dan Mas Wikan,

Diskusi yang menarik dan seru, di satu pihak (Abah HMNA) bertindak bak pengacara FPI mengupas sisi positif pembelaan atas apa yang dilakukan FPI, sementara di fihak lain (mas Wikan CS) bak jaksa mengupas sisi negatif yang memberatkan keburukan dari FPI. Saya tentu tidak bermaksud menjadi hakim atas perseteruan ini, saya ingin menjadi pengamat saja :

1) FPI mungkin lupa bahwa negara RI bukan negara Arab Saudi, negara RI adalah negara Pancasila yang menganut demokrasi. Negara RI memberikan kebebasan kepada warga negaranya untuk bebas berbicara, berserikat dan berkumpul, tetapi tidak memberikan kebebasan bagi warga negaranya untuk membungkam kelompok yang dinilai berbeda pandangan dan juga tidak memberikan kebebasan warga negaranya untuk membubarkan kelompok yang tidak disukai. UU No.27 thn 1999 dengan tegas menyatakan melarang penyebaran, pengembangan marxisme-komunisme atau bentuk perwujudan lainnya (Pasal.107a), tetapi siapa yang boleh dan paling berhak menafsirkan bahwa aksi Ribka dan Rieke anggota DPR RI yang mengadakan temu kangen dengan anggota ex keluarga PKI merupakan pengembangan marxism-komunism ?? Pemerintah atau swasta ?? lantas siapa yang berhak memfollow-up penafsiran tsb termasuk aksi membubarkan atau mengusir secara paksa pertemuan kasus yang dipersoalkan tsb ??

2) Mengubah dengan tangan yang seringkali diusung oleh FPI setiap mereaksi kemaksiatan atau kemungkaran dalam wadah NKRI apabila dilakukan melalui aksi di jalan raya alias parlemen jalanan akan kehilangan efektivitas paling tidak akan menuai masalah citra buruk atau melanggar hukum negara. Yang efektif adalah apabila FPI (sebagai elemen infra struktur) bersekutu dengan Parpol (sebagai elemen supra struktur) saling mengisi dan saling membantu. Sepertinya FPI tidak peduli dengan Parpol, bergandengan tangan atau tidak bersama parpol, FPI ingin eksis dan jalan terus dengan memposisikan diri sebagai organisasi yang lain dari yang lain.

3) Apakah FPI sebagai pressure group mirip dengan organisasi berikut : Shelter (bertujuan untuk membantu orang tunawisma), Amnesty international (membela hak asasi manusia), Greenpeace (kampanye tentang isu-isu lingkungan), CBI - Confederation of British Industry (mempromosikan kepentingan bisnis), TUC - Trade Unions (mempromosikan kepentingan pekerja), ASH - Action on Smoking Health (kelompok anti-merokok), FORREST (kelompok pro merokok) ?? sepertinya memang mirip, silakan lihat tautan berikut : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.modernstudies.org.uk/press.htm&ei=P0gwTO3bJIHBrAf1k9DzBQ&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=4&ved=0CCwQ7gEwAw&prev=/search%3Fq%3Dpressure%2Bgroup%26hl%3Did%26safe%3Dactive%26sa%3DG%26prmd%3Db

wassalam
Abdul Mu'iz

--- Pada Ming, 4/7/10, H. M. Nur Abdurahman <mnur.abdurrahman@yahoo.co.id> menulis:

Dari: H. M. Nur Abdurahman <mnur.abdurrahman@yahoo.co.id>
Judul: Re: mesttinya ranggas <= Re: [wanita-muslimah] FPI Akan Bongkar Patung Naga di Kota
Kepada: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 4 Juli, 2010, 3:19 PM







 











----- Original Message -----

From: "Wikan Danar Sunindyo" <wikan.danar@gmail.com>

To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>

Sent: Sunday, July 04, 2010 15:14

Subject: Re: mesttinya ranggas <= Re: [wanita-muslimah] FPI Akan Bongkar Patung Naga di Kota



berarti dapat dana aliran teroris pak?

###############################################################

HMNA:

Yang bilang Usamah ibn Ladin dan Thaliban terrorist itu siapa? Nyaeta State Terrorist Amrik. Silakan simak Seri 496 di bawah:

***********************************

BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIYM



WAHYU DAN AKAL - IMAN DAN ILMU

[Kolom Tetap Harian Fajar]

496, Kontak Bathin Seorang Sufi dengan Afghanistan



Demi keotentikan, sebagai pertanggung-jawaban kepada Allah SWT, dalam kolom ini setiap ayat Al Quran ditransliterasikan huruf demi huruf. Bila pembaca merasa "terusik" dengan transliterasi ini, tolong dilampaui, langsung ke cara membacanya saja.

Firman Allah SWT:

-- YAYHA ALDZYN AMNWA AN JA^KM FASQ BNBA FTBYNWA AN TSHYBWA QWMA BJHALT FTSHBHWA 'ALY MA F'ALTM NADMYN (S. ALHJRAT, 6), dibaca: ya-ayyuhal ladzi-na a-manu- in ja-kum fa-siqum binabain fatabayyanu- an tushi-bu qawman bijaha-latin fatushbihu- 'ala- ma- fa'altum na-dimi-n (s. al hujura-t), artinya:

-- Hai orang-orang beriman, jika datang kepadamu orang-orang fasiq dengan berita, maka lakukanlah klarifikasi, jangan sampai kamu tanpa pengetahuan menimpakan musibah kepada suatu kaum, lalu kamu menyesal atas perbuatanmu (49:6).



Syahdan, datanglah orang fasiq fundamentalis terrorist Bush-Blair membawa berita: Usamah ibn Laadin yang meluluh-lantakkan WTC dan Pentagon. Maka menurut ayat (49:6) berita dari orang fasiq itu diupayakan untuk diklarifikasi. Lalu kepada siapa berita itu itu mesti diklarifikasikan? Secara logika sehat tentu kepada yang tertuduh, yaitu Usamah ibn Laadin.



***

Di dalam bathinnya seorang sufi dapat merasakan jawaban klarifikasi dari Usamah ibn Laadin, sebab menurut Husni Jamaluddin (bukan Al Afghani) seorang sufi tidak merasa pintar, melainkan pintar merasa. Syahdan, KH Abdullah Gymnastiar (panggilan akrabnya Aa Gim) dalam acara Konser Amal Milad Daarut Tauhiid (DT) XI di gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Senin 15 Oktober 2001, membacakan Jawaban Klarifikasi Usamah ibn Laadin. Entah dari mana Aa Gym mendapatkan hasil kontak bathin antara sufi itu dengan Usamah ibn Laadin, itu adalah urusan Aa Gym dengan tokoh sufi yang pintar merasa tersebut.



Majelis (audience) yang memenuhi ruangan auditorium Sabuga pun menjadi terperanjat. Mereka mendengarkan dengan penuh perhatian Aa Gym

membacakan jawaban klarifikasi dari Usamah ibn Ladin:



Assalamu 'alaykum wr.wb.

Saudaraku,

Suratmu sudah kuterima

Aku baik-baik saja di sini

Aku masih minum teh di pagi hari,

menikmati sunset di sore hari,

mengendalikan bisnis, mengontrol

jaringan Al Qaidah di balik

gua-gua Afghanistan,...

Tenanglah Saudaraku di Indonesia,

jadwal kematianku tidak ditulis di

Pentagon atau Gedung Putih.

Saudaraku,

Aku menonton aksi-aksi kalian di Indonesia

dari jaringan TV Aljazirah

Aku senang kalian sudah mulai berani bicara

Aku suka kalian sudah bikin Bush marah-marah

Aku gembira kalian sudah bisa bilang "tidak"

Aku bahagia kalian mulai belajar jadi singa

Aku terharu kalian miskin-miskin

tapi mau nyumbang

Aku terheran-heran kalian kecil-kecil

tapi mau jihad ke Afghanistan

Aku pikir kalian ini anak-anak ajaib.

Saudaraku

Kalau nanti Allah

memilihku menjadi syahid

Utusanku akan datang menemuimu

Membawa sebuah pundi kecil

Itulah darahku

Siramlah taman jihad

di Ambon, di Maluku Utara, dan di Poso

Tapi kalau aku bisa

mengubur keangkuhan Amerika di sini

Aku sendiri

yang akan datang ke Indonesia

Kamu tahu apa yang akan aku lakukan

Aku cuma mau investasi di negerimu.

Wassalam



Konser Amal bertema "Indahnya Kebersamaan" ini, tampaknya dirancang khusus untuk menyambut momentum milad DT ke 11. Sebelum di Kota Bandung, pada hari Jumat 12 Oktober 2001 diadakan acara yang sama di gedung JCC (Jakarta Convention Centre), yang berhasil mengumpulkan dana untuk Muslim Afghanistan dengan total jumlah Rp 100 juta.



"Sebagian dana itu berupa uang, dan sejumlah perhiasan emas atau perhiasan biasa. Setelah dijumlah, ternyata alhamdulillaah jumlahnya mencapai Rp 100 juta. Dana titipan umat itu kami sampaikan ke rakyat Muslim Afghanistan. Bentuknya adalah berupa obat-obatan yang dititipkan melalui tim medis MER-C Jakarta pimpinan dr. Joserizal Jurnalis, Sp.BO," jelas Aa Gim. Untuk acara konser amal di Sabuga ITB, belum selesai perhitungan jumlah dananya.

Kegiatan yang tergolong sukses ini, dihadiri pula oleh perwakilan dari 30 ormas dan OKP tingkat Jabar. Walhasil, berbeda dengan konser-konser amal sebelumnya yang dikemas oleh "Venusa Production" pimpinan Tatang Suherman, pada konser kali ini terlihat sejumlah tamu undangan memakai seragam organisasi. Ya, suasananya mirip temu kangen atau silaturahmi akbar. Dalam kegiatan ini majelis dapat juga mengapresiasi lagu-lagu grup Bimbo yang antara lain berjudul "Antara Kabul dan Washington", yang sempat menciptakan suasana hangat dan memancing hadirin meneriakkan takbir. WaLlahu a'lamu bishshawab.



*** Makassar, 21 Oktober 2001

[H.Muh.Nur Abdurrahman]

http://waii-hmna.blogspot.com/2001/10/496-kontak-bathin-seorang-sufi-dengan.html



Tambahan:

Isham Daraz, mantan polisi, dan seorang sastrawan. Ia menyaksikan dengan mata keplanya sendiri perang mujahidin di Afghanistan melawan pendudukan Uni Soviet. Ia adalah sahabat Usmaah bin Laden, yang hidup bersamanya selama tiga tahun dalam satu parit-parit jihad di Afghanistan. Ikuti kesaksiannya hidup bersama Usamah.



Apakah ia melihat Usamah sebagai sosok teroris, atau seorang mujahid yang sangat menjujung masalah Islam?



Menurut Anda apa yang mendorong milyarder muda Arab meninggalkan semua kekayaan yang ia miliki di negaranya, kemudian bergabung bersama mujahidin di Afghanistan.



Apakah itu untuk mencari kepemimpinan, kepahlawanan atau ketenaran?



Saya melihat, titik pertama perubahan pribadi Usamah bin Laden terjadi setelah ia bertemu dengan Syaikh Dr. Abdullah Azzam yang ketika itu menjadi dosen di Universitas Islam di Islamabad. Abdullah Azzam berasal dari Palestina. Ia meninggalkan universitas dan bergabung bersama barisan jihad Afghan untuk membantu divisi kemanusiaan dan pendidikan bangsa Afghanistan. Usamah menemani Abdullah Azzam ke Peshawar pusat para relawan Arab yang berjihad di Afghanistan. Markas itu sendiri dikelilingi dengan tenda-tenda pengungsi Afghan. Dari sanalah Usamah kemudian berangkat ke Afghanistan. Bin Laden manyaksikan langsung bagaimana beratnya penderitaan yang dialami bangsa Afghanistan.



Ia menyaksikan ratusan ribu korban warga Afghanistan, yang terluka, dan mereka yang cacat seumur hidup, sehingga semua itu sangat menyentuh nuraninya. Sejak itulah ia memutuskan untuk meninggalkan kehidupannya yang mewah dan bergabung bersama pasukan mujahidin Afghan. Karena ia mempunyai banyak harta dan uang, ia pun menjadi tempat kepercayaan banyak orang di Afghanistan. Para pemuda Arab berkumpul bersamanya, berasal dari Saudi Arabia, Yaman dan Mesir. Umumnya mereka juga berasal dari keluarga kaya.



Apakah Anda yakin bahwa Usamah Bin Laden adalah binaan Amerika dan ia bekerja sebagai spionase untuk intelejen AS?



Media massa Amerika sangat memeperhatikan perkembangan mujahidin Afghanistan dan Arab. Karena pada waktu itu Amerika juga berperang melawan Uni Soviet dan ingin memberi beban kerugian yang besar pada Uni Soviet. Amerika menganggap para mujahidin sebagai pahlawan yang gagah berani. Akan tetapi saya tidak yakin bahwa Usamah mempunyai hubungan dengan intelejen Amerika. Usamah sangat mengerti apa yang ia lakukan di Afghanistan. Ia sama sekali tidak perlu menjadi agen intelejen siapapun. Ia sangat kaya raya, dan ia berasal dari keluarga Arab yang dihormati dan bersih. Ia tidak mencari kepemimpinan, karena kedudukan keluarganya di Saudi Arabia pun mempunyai kedudukan terhormat di antara masyarakat. Bagaimana ada orang yang bersifat seperti ini mau menjadi agen intelejen?



Apakah Amerika memberi suplai senjata bagi mujahidin saat itu?

Kebanyakan senjata yang digunakan dalam perang Afghanistan adalah senjata yang berasal dari Timur. Pembeliannya dilakukan dari pasar-pasar di Pakistan dari sejumlah besar negara negara Arab. Senjata itu seperti Kalasinkov, Klavinkov, RPG yang dibeli dengan dana orang-orang Saudi.



Benarkah informasi bahwa Bin Laden membiayai misinya dengan bisnis obat-obatan terlarang?



Usamah bin Laden tidak memerlukan bisnis obat terlarang untuk membiayai misinya. Hartanya sangat banyak, dan dia juga mempunyai teman-teman yang juga berbisnis sebagaimana dirinya. Mereka sangat percaya dengan Bin Laden. Inilah sumber pembiayaan aktivitas yang dilakukan Bin Laden di Afghanistan. Di samping itu, para mujahidin adalah orang-orang agamis yang tidak mau membiayai jihad mereka dengan harta yang haram.



Apakah ada pelatihan bagi pera relawan Arab untuk mengemudikan pesawat terbang?



Perang darat tidak membutuhkan pelatihan untuk menggunakan pesawat terbang. Mereka hanya menggunakan peralatan perang teradisional yang sesuai dengan perang yang terjadi di padang tandus.



Apakah Usamah bin Laden memanfaatkan isu Palestina untuk menarik simpati bangsa Arab dan Islam kepadanya?



Sejauh pengetahuan saya dengan Bin Laden, ia tidak disibukkan kecuali dengan perang dan jihad Afghanistan. Akan tetapi setelah beberapa tahun kemudian saya pernah bertemu dengannya di Jeddah. Ia memang pergi ke Saudi untuk melakukan umrah pada tahun 1995. Ia mengajak saya untuk mendengarkan khutbah Jum'at di masjid Bin Laden yang terletak di Jeddah. Ketika itulah ia menyampaikan pada saya pergolakan jiwanya terhadap ketidak adilan negara Amerika. Pada waktu itu, Israel menyatakan akan memindahkan 20 ribu Yahudi imigran ke Palestina. Dan Amerika memberi dukungan dana besar dalam imigtrasi para Yahudi itu ke wilayah Palestina. Inilah topik yang sangat ditentang oleh realitas bangsa Arab sebelum meletusnya perang Teluk. Akan tetapi Bin Laden pada waktu itu hanya meminta masalah yang sederhana, yakni ia menyerukan kepada bangsa Arab untuk memboikot produk Amerika sebagai bentuk penolakan bangsa Arab terhadap sikap Amerika. Ia juga menyuerykan kepada seluruh
warga Arab yang mempunyai rekan di As untuk mengirimkan seruannya itu pada para pemimpin Amerika.



Apakah menurut Anda Usamah bin Laden itu teroris?

Sepanjang yang saya tahu, Usamah adalah pemuda muslim mujahid yang sangat meyakini permasalahan dunia Islam. Ia siap mempertahankan Islam sampai titik darah penghabisan. Ia telah memberikan harta yang tak terhitung untuk pejuang mujahidin Afghanistan, dan ia juga terlibat dalam berbagai pertempuran. Ia juga dikelilingi oleh ratusan pemuda Arab muslim kemudian ia pergi ke Afghanistan pada tahun 1983. Akan tetapi ia merasakan rasa sakit ketika terjadi perang seru antar suku di Afghanistan, menyusul syahidnya Abdullah Azzam. Saya kira perpecahan itu adalah karena intervensi Barat di Afghanistan. Barat khawatir dengan adanya kelompok kelopmpok militer mujahidin ini berkuasa dan ingin melenyapkan mereka. Dan ketika Bin Laden pulang kembali ke Saudi, ia merasa sangat dicurigai dan ia menjadi waspada. Setelah ia bisa keluar lagi, ia pun pergi keluar Saudi.



Apakah menurut anda kondisi ini telah mengubahnya dari pribadi mujahid menjadi seorang teroris?

Hubungan saya dengan Bin Laden terputus sekitar tahun 1987. Tapi saya tetap mengikuti berita-berita tentangnya. Saya bahkan pernah bertemu lagi dengannya pada tahun 1995. Saya melihat telah terjadi perubahan besar dalam pribadinya, setelah ia pergi ke Sudan dan bertemu dengan Hasan At Turaby.



Apakah menurut anda Usamah bin Laden tepat menjadi tersangka utama dalam tragedi 11 September?



Saya tidak bisa memastikannya, di samping belum ada pernyataan pasti dari Usamah bin Laden. Banyak berita yang menyebutkan bahwa Usamah memberi dukungan terhadap peristiwa itu sebagai bagian dari psy war terhadap Amerika. Bin Laden dituduh tanpa bukti. Akan tetapi sejauh yang saya tahu dari para pejuang yang berinteraksi dengan Usamah bin Laden, mereka tidak akan mampu melakukan serangan seperti itu karena memerlukan pelatihan tingkat tinggi, cermat dan sangat terkoordinir untuk bisa menguasai pesawat sipil. Serangan itu lebih besar dari kemampuan Usamah bin Laden. Wallahu A'lam.



Dahulu di tahun 1993, Usamah bin Laden juga pernah dituduh melakukan upaya peledakan WTC di New York. Yang menjadi sasaran pertama dalam aksi ini, menurut versi Amerika, adalah kelompok orang asal Arab yang sebagian besar berasal dari Sudan. Ketika itu, Usamah bin Laden memang tinggal di Sudan selama beberapa tahun. Menurut saya, mungkin tuduhan itu ada kaitannya dengan tragedi 11 September.



Menurut Anda kenapa Bin Laden tidak mau memelihara darah warga sipil Afghanistan dengan menyerahkan diri kepada Amerika?

Usamah bin Laden tidak mempunyai jalan untuk mundur. Semua pintu telah tertutup di hadapannya. Ia tidak punya alternatif lain. Ia dituduh tanpa bukti. Dan ia juga mengetahui bahwa jika ia menyerahkan diri kepada AS, maka ia tidak akan menjalani pengadilan yang netral, dan itu berarti pengadilan itu akan menghilangkan selamanya yang hak. Ia tidak memiliki alternatif lain kecuali perang.



Apakah menurut Anda Usmaah bin Laden telah meninggalkan Afghanistan, sebagaimana disampaikan sejumlah orang di Afghanistan?

Saya tidak yakin dengan hal ini karena dua sebab. Pertama, tabiat bangsa Afghanistan. Sistem kabilah yang ada di sana menjadikan kepala kabilah yang akan menjamin perlindungan orang yang meminta perlindungan kepdanya. Kedua, tabiat geografis Afghanistan, yang terdiri dari pegunungan dan bebatuan cadas, gua dan memerlukan perjalanan yang berliku liku di sana. Kondisi itu tidak akan bisa melindungi Bin Laden jika ia ingin keluar dari Afghanistan.



Apakah anda tetap menghormati Usamah bin Laden?

Tentu saja. Saya telah hidup bersama Usamah selama 3 tahun dalam kondisi yang sangat sulit dan berbahaya. Kami makan dalam satu piring kecil. Kami tidur dalam satu tikar di bawah desingan dan dentuman bom. Saya melihatnya sebagai contoh pribadi yang sangat langka bagi penduduk muslim Arab. Dia telah mengorbankan kekayaan dan kedudukannya untuk kepentingan yang ia yakini kebenarannya. Sekarang dia di hadapan dunia sebagai sosok teroris yang merusak bumi dan membunuh warga sipil�?



source : Eramuslim.com

#################################################################



salam,

--

Wikan



2010/7/4 H. M. Nur Abdurahman <mnur.abdurrahman@yahoo.co.id>

>

>

>

> ----- Original Message -----

> From: "Wikan Danar Sunindyo" <wikan.danar@gmail.com>

> To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>

> Sent: Sunday, July 04, 2010 13:52

> Subject: Re: mesttinya ranggas <= Re: [wanita-muslimah] FPI Akan Bongkar

> Patung Naga di Kota

>

> pertanyaan saya soal dana FPI juga belum terjawab

> ####################################################################

> Katanya sudahlah,

> Itukan sudah dijawab, baca ulang deh ana punya postingan

> Payah bleh, ente reaksioner amat sih !

> ###################################################################

>

> lagian operasi2 intelijen seperti ini tidak bakalan ngaku lah orang

> apa pak harto mau ngaku kalau dia korupsi? kan tidak juga

> tidak bakal ngaku pula FPI kalau dia dapat dana dari orang2 orba

> ##################################################################

> HMNA:

> Kalau tanya pada rumput bergoyang, niscaya rumput akan menjawab:

> Dana di dapat bukan dari orde baru, melainkan dari Kawasan Tengah, terkhusus

> Usamah ibn Ladin



[Non-text portions of this message have been removed]
























[Non-text portions of this message have been removed]



[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment